Tidak semua Polisi itu brengsek

By Thursday, January 31, 2008 47 Permalink
Tidak semua Polisi itu brengsek
2.5 (50%) 2 votes

Police Officer

Ya iya lah. Coba deh kamu perhatikan. Dikala kita asik2 menikmati liburan lebaran, natal dan taun baru, para Pak Pol itu dengan gagahnya tetap bertugas siang dan malam. Kalau gak ada mereka, mungkin tidur kita gak akan lelap karena maling-maling berkeliaran. Kalau jalanan lg macet, mereka yg menertibkan biar lancar lagi. Salut !

Tapinya…


Polisi yang brengsek juga banyak. Kejadian yg saya alami hari ini membuktikannya. Ketularan Willy, hari ini 2 kali berurusan dengan Polisi. Dua kali Jie? Haha double combo, two in a row :

  • Ngurus Surat Kehilangan kartu ATM. Ini ketiga kalinya kartu ATM saya ketelan mesin buncit ATM. Buat bikin lagi, aku harus bikin Surat Kehilangan dari Polsek. Seharusnya, bikin surat gitu itu kan gratis. Tapi aku malah di palak Rp 5000,- Untung saya dermawan, aku relakan aja lah selembar duit Imam Bonjol untuk berpindah tangan.
  • Lampu Kuning = Tilang ? Yap, it happened to me. Waktu kendaraanku melintasi lampu perempatan, lampunya jelas-jelas masih kuning. Tapi dasar Pak Pol-nya aja yg gatal matanya (efek akhir bulan?). Kendaraanku di stop dan aku kena tilang. Sempet ditawarin mo bayar RESMI atau DITEMPAT ? Aku sering denger sih ttg Slip Biru, tapi aku sudah mencium gelagat ga enak dan memang mereka lg butuh fulus. Gilanya, mereka minta 50 ribu ! Daripada urusan makin panjang, aku tawar ala ibu2 di pasar ikan dan akhirnya aku bayar ditempat dengan selembar duit Oto Iskandar Di Nata (nah, sekalian hari ini kita2 mengenang jasa2 para pahlawan oke? :P)

Saya sadar, sebagai warga negara yg baik, saya salah telah memberikan uang sogokan pada aparat. Tapi yg namanya mengikuti prosedur seringkali bikin muka pucat, especially buat saya yg bermata sipit. Sori sori hottai hai, bukannya bermaksud rasis, tapi ini kenyataan :)

Kalau sudah begini siapa yang salah ? Saya, Kepolisian, atau pemerintah ? Sebagai orang Indonesia tulen, lebih baik saya konsisten menunjuk kambing hitam paling populer dan klise di negri ini : KEADAAN :D

*Foto hasil jepretan Guy Sargent

FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
47 Comments
  • fahmi!
    January 31, 2008

    yg salah kamu jie. karena kamu kurang cekatan mengemudi di tikungan. akhire ketangkep lah :p btw kok nggak coba lari? peluangnya: kalo pulisinya nggak kalah cekatan ya ketangkep, terima nasib bayar tilang sogokan juga. tapi kalo kamu cukup cepat, bisa gratis! sebaliknya, kalo disemprit langsung minggir ya tentu saja pasti kena otto iskandar dinatahahahaaa :))

    *j/k*

  • didut
    January 31, 2008

    saya sudah sering ke gedung pengadilan krn sy sadar kalo saya melanggar .. keseringan ke pengadilan malah tau cara bayar tanpa di adili :P

  • galih
    January 31, 2008

    Yah… polisi… udah citranya buruk, kerjaannya di tempat yang penuh polusi, panas lagi…

  • GuM
    January 31, 2008

    oh, ndak… ndak… saya ndak setuju kalo disuruh nyalahin keadaan.
    mending salahin polisi brengseknya :D

    piss ah..

  • Jiewa
    January 31, 2008

    @Fahmi : wedew, saya kan bukan titisan pembalap F1 spt anda, kalo ketangkep ntar urusannya bisa berabe, males .. (muntah)

    @Didut :

    keseringan ke pengadilan malah tau cara bayar tanpa di adili

    wah.. gimana caranya tu mas ? sogok hakimnya ? =)) *j/k*

    @Galih : gajinya kecil lagi.. :D

    @Gum : pak pol, bukan saya lho yg bilang… :-=

  • Anang
    January 31, 2008

    coba deh baca ini, masa gara2 tutup pentil aja kena tilang… hahahahahaha

  • ojat
    January 31, 2008

    ah, seandainya kita ga salah juga terkadang pak pul suka nyari2 kesalahan, *sambil liat komennya mas anang* sampe pentil jg dibawa-bawa :D hehehe

  • gempur
    January 31, 2008

    kasiaaaaaaaaaan deh lo! wakakakakakakakakak… dulu waktu sma, saya pernah dicengkeram ama polisi, waktu kuliah trus demo, kejar2an dan pentung2an ama polisi, eh, sekarang malah jadi teman malah tetangga.. hahahahahaha

  • sakuralady
    January 31, 2008

    weleh Jie.. jangan ketularan diriku donk.. hahaha..
    Kirain pas baca judulnya, ada polisi yang emang bener2 baek, dah kapok gara2 dipublish di youtube kasus polisi yg baik hati menawarkan opsi gampang dan damai buat turis kanada itu. Ternyataa. teuteup ya.. *sigh*

  • Jiewa
    January 31, 2008

    @Anang : wedew… TER.. LA ..LUH ! *gaya bang haji rhoma*

    @Ojat : ember, percuma lah aku bilang kalo pas itu masih kuning..

    @Gempur : lho.. ternyata aktivis yg ikut menjatuhkan paman gober ya dulu ? :-O

    @Willy : haha.. judul dan isinya beda ya, itulah IRONI :P

  • titiw
    January 31, 2008

    Elho.. tumben ndak posting makanan.. Tapi perhatiin deh, polisi2 itu pas masih masa pelatihan dan lain2.. perutnya masih ok, rata,, tapi tunggu aja barang 3 tahun, pasti membuncit.. tanya ken-apa?!

  • LiSan Skywalker
    January 31, 2008

    Fotonya polisinya ndut ndut, sama kayak polisi Indo hohohoho ^o^

  • jimmy
    January 31, 2008

    ternyata di sana gitu juga ya.. di bandung juga gitu.. apa di seluruh indonesia polisi kayak gitu?

  • Rosyidi
    February 1, 2008

    maap ya. masyarakat juga ikut andil dalam kesalahan tersebut. Kalau seluruh masyarakat kompak tidak ada yg kasih sogokan, insyaAllah seluruh polisi juga tidak akan berbuat demikian. Polisi gak akan cari-cari kesalahan lagi. Lha ngapain dia susah2 cari-cari kesalahan, kalo toh ternyata bukan dia langsung yg dapet duitnya.

  • Zee
    February 1, 2008

    Sepupu gw dulu pnh ngebalas polisi korup bgt. Sepupu gw ngaku cm pny 5rb perak, ya udah gpp kt polisinya. Trs wkt polisinya pura2 g liat, 5rb-annya dirobek ama spupu gw, trs stengahnya dia gemek2 trs dikasih k polisi. Trs dia lgsg cabut.
    Bs bayangkan wajah si polisi dapat uang 5rb setengah lembar? Hhahahaha…

  • Jiewa
    February 1, 2008

    @titiw : lg boring aja nulis makanan mulu.. lagian butuh tempat curahan haha.. Iya tiw, kok banyak ya polisi buncit. kalo di Thailand disuruh diet tuh polisi2nya

    @Lisan : sama juga kayak kita berdua… buletttt :))

    @Jimmy : ah.. kan spt judul artikel ini, gak semua polisi itu brengsek mas :P

    @Rosyidi :

    Kalau seluruh masyarakat kompak tidak ada yg kasih sogokan

    Idealnya memang begitu, tapi saya skeptik kalo hal itu bisa tercapai..

    @Zee : memang sepatutnya kita ga perlu takut sih dgn polisi, toh gaji mereka dari pajak kita..

  • evelyn ( Red Devil )
    February 1, 2008

    Nggak semua yang lu denger tentang polisi itu bener.

    :lol:

  • Tukang Nggunem
    February 1, 2008

    Mas Jie….kapok kowe…hahahaha……..guyon mas…lha Polisi dari dulu emang begitu, apalagi sekarang mau masuk jadi polisi aja bayarnya ya ampun mahalnya, jadi ya para aparat berseragam coklat itu harus lihai buat balikin modal…pasrah wae lah…udah terlanjur lahir di Indonesia ini….

  • bukan polisi
    February 1, 2008

    Saya gak punya motor… jadi ya aman-aman aja…hihhihi..

  • tania
    February 1, 2008

    paling ngga si polisi itu bisa nebus dosa dengan memberikan kontribusi yang baik sama masyarakat ngurusin waktu hari-hari raya itu tapi masa yah cuma setaun sekali doank yah?

  • la mendol
    February 1, 2008

    Judulnya ama postingannya berbalik 180 derajat. Hehehehe….
    Jelas kamu dipalak..ya tampangmu tajirrrrr gitu kok. *siap-siap mo palak si Jie !

  • Jiewa
    February 1, 2008

    @Eve :

    Nggak semua yang lu denger tentang polisi itu bener.

    yang bener ya rasa buahnya =))

    @Joell : tapi yg malak wes tuek lho.. masa blom balik modal seh ? :D

    @Bukan Polisi : jalan kaki bisa kena tilang ga ya ?

    @Tania : iya, makanya aku bilang ga sepenuhnya brengsek :-=

    @Manda : ya gimana lagi ? kalo face sudah built in, bukan salah aku wajah bisa mirip Andy Lau gini :))

  • .: Pitshu :.
    February 1, 2008

    yah yang paling parah yah itu, ada orang dompet sama HP kecopetan, bikin surat hilang aja dimintak 50,000 LOL! orang jelas2 duitnya kecopetan kok!

    tukang ojek aja ngerti, nganterin kita ke kantor polisi ga mintak duit, nungguin ampe pulang lagi, trus nganter ke rumah, ga mintak bayaran, karena tau kita ilang dompet, tapi polisi mah ga mau tau KAMPRRETTT!

  • Jiewa
    February 1, 2008

    @Pitshu : huhu.. ya jadi inget analogi dr temenku. Misal kita kehilangan kambing, abis lapor ke polisi.. keluar biaya ini itu, eh malah mesti jual sapi ! padahal kambingnya belum tentu nemu :(

  • OktaEndy
    February 1, 2008

    Entah kenapa setiap kali liat polisi dijalan, bawaannya pengen “nimpuk”, dah banyak lagak, lirak-lirik cari mangsa. suka seenaknya naik kendaraan.. parah dech..

    kejadian yang sama waktu melaporkan kehilangan, pas disuruh bayar administrasi, dan aku gak ada duit, lha wong ilang sama dompet2 nya. si bapak polisi yang katanya pengayom masyarakat bilang “Kalo gitu, pulang dulu aja”. Sial! Tambah pengen nimpuk!

  • icha
    February 2, 2008

    pak polisi kan juga manusia…yah yg namanya manusia…ada yg baik ada yg jahat..ada yg bener, ada yg sontoloyo!!!!
    susahnya…keseringan ketemu sama polisi yg sontoloyo…sebel banget degh…paling anti kalo urusan sama polisi…apalagi yg sontoloyo ituh :P

  • Goen (sakit hati blogwalking)
    February 2, 2008

    Kekeekeeee… Lha aku pas kena tilang akibat orang di jok belakang pakai helm-bukan-helm-standar, si polisi itu lirik ke sana-kemari. Akhirnya kaca spion, lampu belakang, knalpot, dll yang dijadikan kambing hitam lainnya untung mengeruk keuntungan. :))

  • Freddy Hernawan
    February 2, 2008

    kalau serious bisa bilang rocker juga manusia, mungkin itu juga yang terjadi pada polisi. [polisi juga punya hati dan nurani manusia :)

  • Jiewa
    February 2, 2008

    @Oktaendy :

    “Kalo gitu, pulang dulu aja”.

    1 kata aja : sinting ! X-(

    @Icha : kalo di Mesir Pak Pol-nya pada sontoloyo ga mbak Icha ?

    @Goen : mungkin lebih baik kita ikutin saran fahmi aja ya, tancap gas.. LARIIIIIIIIIII… :P

    @Freddy : tapi rocker musik2nya bikin kita seneng.. :-=

  • Edi Psw
    February 2, 2008

    Wah hebat kalau tawar-menawar.
    Dapat ilmu dari mana?

  • Riyogarta
    February 2, 2008

    Hehehe, jadi ingat dulu waktu kartu ATM BCA saya ilang. Ingat ilang karena mau ambil duit, mau ambil duit karena udah gak punya duit. Lha, lapor polisi malah diminta duit … waduh Pak Pak, lha wong saya bisa sampai kesini karena gak punya duit :))

  • GuM
    February 2, 2008

    wuakakak… ya2… polisi juga manusia =))

  • det
    February 2, 2008

    walah jie… kesian luuuuuuuuuuuuu….

    tapi kalo gak gitu, kapan polisi kaya? wekekeke…

  • Jiewa
    February 2, 2008

    @Edi PSW : dari ibu saya.. tapi emang kayaknya pak Pol-nya lg good mood.. jadi ga usah ngeyel2an nawarnya..

    @Riyo : akhirnya gimana mas ? digratiskan ? :D

    @Gum : spt manusia.. ada yg baik dan ada yang… *lanjutkan sendiri* :-=

    @Det : kalo rajin menabung… hehe..

  • Riyogarta
    February 3, 2008

    Akhirnya … ya tetep gak bayar orang bener2 gak pegang uang.
    Hanya surat lapor kehilangannya jadinya lama banget :))

  • LiSan Skywalker
    February 3, 2008

    Jieeeeeeeeee *plaQ plaQ plaQ, awas yah, aku kan nda bulet-bulet amad, hiks turun deh pasaran aku… Padahal kita belum pernah ketemu, liat aja nanti ketemu aku, pasti kamu naksir aku :P pelet mode on… ^o^

  • Riri Audiya
    February 3, 2008

    saya sendiri kadang suka kasian sama polisi yang bertugas malam-malam, ujan-ujan, lebaran-lebaran, natal-natal..
    tapi..

    suka sebel juga sama polisi yang “nyari duit”

  • Jiewa
    February 3, 2008

    @Riyogarta : lama ? padahal ngetik gitu ga sampe menit… ck ck.. parah..

    @Lisan : gak mungkin lah aku naksir kamu, lebih mungkin kalo aku naksir ivan ! =))

    @Riri : pernah di tilang juga ? :D Lam kenal ya.. tengkyu come again..

  • Novi
    February 4, 2008

    bener2. lampu kuning itu aja ditilang..
    lampu merah yang sebelum Alfa yang dipanjang jiwo.. yang kiri ke rungkut.. di situ polisinya sadis2 kuning ditilang.
    terus yang di kutai juga.. jadi BEWARE!

  • Jiewa
    February 4, 2008

    @ndut : lah ya itu aku kena yg deket kutai sono…
    Kalo yg di alfa panjang jiwo dulu juga pernah kena sekali, tapi bareng temenku … :(

  • kid
    February 4, 2008

    sharing pengalaman bos, klo ketilang gpp minta surat tilangnya aj, g perlu ikut pengadilan kok apalagi ngasi polisinya, langsung aj bayar k samsat pusat (manyar) d bagian penilangan sekitar H-7 s/d H-2 waktu sidang, ntr SIM langsung dbalikin kok..

    waktu it aq sie naek motor ngelanggar marka jalan kena denda 21 rebu..

  • Ivan Petrus
    February 4, 2008

    Jiewa: hiiiy syereeemmm *ngibrit*

    malesnya tu yah kalo ngikutin prosedur… ribetnya minta ampun. mana ngabisin waktu pula. itulah makanya orang kota cenderung cari cara cepet & instan aja. dan ini dimanfaatin pula sama opiser opiser geblek itu.

  • LiSan Skywalker
    February 4, 2008

    Dasar, sesama anak IT *menyebalkan*

  • Jiewa
    February 4, 2008

    @Kid : trims ya informasinya, moga2 bisa bermanfaat juga buat yang lain..

    @Ivan : apalagi di jakarta ya, yg kalo kemana-mana macet. bisa tekor di ongkos bensin duluan sebelum urusan2nya kelar.. (dan ga jaminan kelar :P)

    @Lisan : nah lho.. satu lagi alasan untuk menyukai ivan =))

  • nggapleki men
    February 9, 2008

    hue? kalo meliat judul artikel ini… bearti selain polisi yang di artikel ini = brengsek?

  • arief
    May 30, 2008

    salam kenal dari aku
    boleh gabung yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *