Merantau + Whatever + Quiz

By Monday, June 8, 2009 50 Permalink
Rate this post

Unik, kocak & inspiratif! Itu 3 kesan yg aku tangkap dari “Merantau + Whatever”, sebuah buku yang berisi kisah merantau 9 anak bangsa, ditulis dalam 2 bahasa, dari 5 negara dan 7 kota.

Brilliant Yotenega -atau yg lebih akrab disapa mas Ega- adalah sang pentolan. Dalam blognya yg ngendon di alamat merantautheseries.wordpress.com, ia bersama partner lainnya merilis kisah2 mereka di perantauan dengan gaya orisinalnya masing2.

Respon yg oke melecut mereka buat publish buku yg dicuplik dari isi blog Merantau + Whatever. Isi bukunya ditulis ringan dan apa adanya. Aku berhasil menuntaskan buku ini hanya dalam waktu 3 jam perjalanan udara dari Surabaya-Medan. Padahal jarang lho aku bisa melahap buku secara urut, cover to cover :D

Beberapa kisah bikin aku nostalgila dengan pengalamanku sendiri di tanah rantau, Surabaya. Culture shock, homesick, generation gap & fighting spirit adalah sisi2 yg dicukil secara segar. Sebagian kisah ditulis secara medhok dalam bahasa Suroboyoan yg khas. Tapi jangan kuatir, ada translasinya kok. Bilingual.

Penulis favorit ku di buku ini adalah Wuri. Wong IT yg merantau ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Doi banyak cerita soal penderitaan org IT yg ‘gue banget’ plus pengalaman icip2 kuliner yg ajib. Ngakak baca cerita Wuri pas masak Pete yg baunya bikin ibu Kos-bya yg org Srikanka pucat panik karena dikira tabung gas bocor :))

PLUS – MINUS :

(-) Masih ada salah-salah ketik, mungkin karena masih edisi awal.
(-) Dari 82 kisah, rata2 menarik, tapi untuk seri selanjutnya mungkin perlu difilter lagi yg bener2 berkualitas.
(+) Ide unik & original, kolaborasi banyak penulis bikin makin seru dan beragam.
(+) Buku ini dibikin dalam 2 versi sampul (see pic above)

Penasaran ama buku ini? Sebelum ke toko buku, boleh ngintip2 dulu di blognya. Atau… ikutan quiznya disini..

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

QUIZ TIME

Berkat sponsor dari Mas Ega, INIJIE akan bagi buku “Merantau + Whatever”, GRATISSSSSS! Gak tanggung2, ga cuma 1, tapi 2 buku. Tetep 1 judul tapi dengan 2 cover yg beda.

Caranya gampang banget, Initialers cukup ngedrop komen di halaman ini. Tapi bukan komen sembarangan. Tuliskan satu atau lebih alasan kenapa kamu pantas banget buat dikirimin buku ini :-B

Akan ada 2 pemenang dengan komentar terbaik yang masing2 dapet 1 buku Merantau + Whatever. Quiz ini berlangsung hingga 21 Juni 2009 dan diumumkan tanggal 22 Juni 2009. Oya, keputusan juri tidak dapat diganggu gugat la yau.. :-=

Feel free to join the quiz guys.. (koboi)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

And The Winner is ..

1. Milka

2. Devita

Congratz to you all, mohon kirimkan alamat lengkap dan nomer telpon buat pengiriman paket yah :)

FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
50 Comments
  • didut
    June 8, 2009

    hmmm….patut dicoba kuisnya …bentar ah mikir dulu buat komen kuisnya hahaha~

  • didut
    June 8, 2009

    yg paling saya ingat dalam memori culture shock daku adalah toilet :P

    kagok dengan toilet ala modern di sebuah perusahaan di jepang tempat saya magang waktu di tokyo. Tombolnya aja banyak dan ternyata ada yg buat ngasih angin ke …maaf …. pantat (lol)

    selain itu toilet di rumah homestay waktu itu lebih mirip perpus kecil drpd sebuah toilet, jadi takut-takut soalnya takut gak sopan ngebasahin ruangan toiletnya hahaha~

    ternyata dari toilet saja kita harus menyiapkan diri kalau mau merantau ke negri orang :P

  • ega
    June 8, 2009

    Thank you, bro!

  • Fenty
    June 8, 2009

    Oh iya itu buku, kemaren sempet diceritain sepupuku, terus facebooknya mas Ega diforward ke aku :p, tapi belum tau mau nulis apa kalu mau ikut2an cerita cintanya, hihihihi …

    Sukses terus ya :)

  • Wuri
    June 8, 2009

    Salam kenal…

    Thanks buat apresiasinya :)

  • Juminten
    June 8, 2009

    nyoba quiz-nya, aaahhh… :P

    wah, aku jarang2 bisa melahap buku hanya dlm hitungan jam.
    berarti buku ini bagus bgt, ya? :D jd penasaran sama buku ini…
    soalnya sempet beberapa kali kena culture shock jg kalo ada kesempatan berkunjung ke negri orang.
    tp karena belum banyak negara yg pernah aku kunjungi, jd pengen tau gmn serunya tinggal di negara2 lain. khusunya eropa.
    kali aja ntar dapet suami orang eropa… :)) *ngarep*
    jd ga kagok lg… =)) :P

  • devita
    June 8, 2009

    ikut kuisnyaaa…..

    Aku pantes untuk dikirimin buku ini karena aku sedang merantau sekarang… jauh dari ortu, sebulan di pulau ini bagaikan setahun…. aku butuh kisah dari teman sepenanggungan untuk menguatkan hati ku…. uhuk…. eh beneran loh itu…. mau dunk bukunyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……….

    PS: padahal susah buka inet, barusan masuk warnet kok bloglinesnya bisa dan kok pas buka postingan ini. brarti buku itu emang ditakdirkan untuk kuuuuuuuu…..

    wuahahahhahah

  • devita
    June 8, 2009

    btw, aku udah gak disurabaya sejak akhir mei lalu… wuakakkakakakakka… mau bukunyaaaaaaaaa…. kasi ya…ya…ya… Pak Ega, jie, mohon dukunganyaaaa….

  • san_san
    June 8, 2009

    ga ikutan kuisnya, tapi mau ikutan komen ah…

    manusi biasanya “gagap” dan gugup bila pindah k daerah baru. gw juga ngalamin, ketika baru sampai di jkt, hampir 1 bulan, ga bisa bicara dlm bhs indonesia, bs nya bhs ibu (bahasa daerah) saja. tapi untungnya, setelah kembali kemampuan memakai bhs indonesia, sekarang ga ada yang nyangka klo gw anak rantau, aksen bahasa daerah pun sudah hampir ga ada, malah kalau pulang mudik, jadi ga bisa berbahasa daerah.

  • gagahput3ra
    June 8, 2009

    Nyobain kuisnya juga ah, pengen dapet gratisan :))

    Alasan saya pantes dapet buku ini adalah…..karena saya masi ngendon disini2 aja…..wakakaka….masi belom pernah ngerasain merantau, dan kebetulan bbrp bulan lg kemungkinan saya bakal pindah kuliah keluar negeri….siapa tahu dengan baca buku ini jd nambah semangat…paling gak tahulah gimana rasanya jauh dari keluarga :P

    ayo dong menang….ayo dong menang….

  • Milka
    June 9, 2009

    Coba ikutan kuisnya juga deh… Moga2 aja dapet beneran (Ngarep mode: On ;p)
    Alasanku pgen dapetin buku ini adalah karena kebetulan daku itu ‘hobi’ merantau. Pernah tinggal di Semarang slama 13 tahun, di Denpasar-Bali selama 5 taon, di Surabaya 5 taon juga, sempat di Belanda 3 bulan dan yg terakhir currently ini stay di Cepu udah 6 tahun-an. Makanya aq paling excited dgn hal rantau-merantau ini, hehehe :D
    Cuma bedanya sih aq gak pernah ngalamin culture shock or getting homesick selama di perantauan (tp anehnya mlh sering alami itu klo pas liburan yg cman bbrapa hr doang ke luar negeri. Aneh kan? Hehehe ;p). Mungkin itu disebabkan karena aq slalu menganggap ‘tanah asing’ itu sbagai suatu petualangan sehingga I always enjoy every minutes&seconds of it. Dan jg tak tau kenapa aq slalu mudah beradaptasi dgn kebudayaan baru setempat mulai dari bahasa, makanan2-nya maupun gaya hidupnya. Jadi kuncinya itu mungkin di pikiran kita saja, selama kita enjoy dan menganggap ‘perbedaan2’ itu sbg suatu adventure dan tantangan, otomatis kita pasti bisa enjoy dan tdk homesick lagi deh :)

  • cicit
    June 9, 2009

    kayaknya asik tuh bukunya.. soalnya si Jie yg ga maniak baca aja betah baca ampe abis hehehe..

    hmm.. kenapa aku pantes dapet buku ini?? Kenapa ya… soalnya aku nggak pernah merantau, jadi nggak punya pengalaman merantau. Jadinya selalu tertarik sama cerita2 orang yg melanglang buana. Learning from other’s experience ceritanya.
    Menurutku mereka yg berani pergi ke tempat yg totally asing dan tinggal di sana adalah orang2 yg HEBAT!! *njilat mode ON* hahahahaha

    Jie.. kalo aku ga menang, gpp sih.. paling2 aku pinjem bukumu hihihihi

  • Aj
    June 9, 2009

    Jie, Mas Ega dan Wuri…. daku beri dukungan dengan beli bukunya deh he he he
    gue pernah masuk ke blognya… wualah… bhs Suroboyoan mendominasi, terpaksa secara on line ngga bisa gue ikutin…
    usul aja, di blognya juga bilingual, gimana ?

  • Jiewa
    June 9, 2009

    @All : waduh komentarnya bagus2 jadi bingung mau pilih yg mana :D

    @Didut : toilet kayak perpus ? tha’s ABSOLUTELY intereseting bro :))

    @Ega : sama2 mas :D

    @Fenty : ikutan aja, siapa tau nanti ikut diterbitkan :)

    @Wuri : waahhh.. idola saya komen, salam kenal juga yah.. like your writings ..

    @Juminten : waaaa… doyan bule, kayak Jupe aza :P

    @Devita : semangat ya, ayo nambah temen yg banyak di perantauan .. it’s not easy, but sure you can do..

    @San-san : soal bahasa daerah, aku juga sama kayak kamu.. dulu ga bisa bahasa suroboyan sama sekali selama satu tahun, akhirnya keliatan ga bisa menyatu ama temen2. Akhirnya aku belajar2 jugam ternyata banyak manfaatnya dan suka keceplosan pas lg telp ama ortu :))

    @Gagah : kuliah dimana ? Selamat ya..

    @Milka : ini dia nih.. perantau dan traveller sejati, udah banyak kota2 ‘jajahan’-nya :P kalo skrg aku juga lg keliling bbrp kota, jadi belajar juga gimana beradaptasi secara cepat dgn budaya lokal, and yes.. you’re rite.. adventure itu menyenangkan :)

    @Cicit : woakakakak =)) gw suka gaya lo..! semua bukunya aku jadikan hadiah quiz ini, jd ga bisa pinjem :D

    @Aj : usul yg brilliant, ayo mas Ega.. blognya di-improve.. :)

  • sweeterthancream
    June 9, 2009

    RanTau sama travel itu bedanya dimana ya jie?
    let me guess :
    kalo rantau modal nekat
    kalo travel tinggal gesek card, , haha
    gue gak nekat-an jie,
    jadi kasi gue buku ini biar bisa belajar nekat,,
    :-P
    makasih

  • Milka
    June 10, 2009

    @sweeterthancream: bukannya Rantau itu menetap di suatu tempat baru dlm jgka wktu yg lama sedangkan travelling itu hanya bepergian keluar (baik kota, pulau maupun negeri)?
    Sedangkan mengenai gaya bepergian/travelling itupun ada 2 macam, klo yg irit aka hemat murah meriah itu berarti ala backpacker style. Sedangkan yg rada boros sperti tinggal gesek kartu kredit itu berarti travelling in style, hehehe :P

  • Milka
    June 10, 2009

    Ups, nulisnya kurang lengkap… I mean klo travelling itu bepergian dalam waktu yg relatif lebih singkat daripada merantau dan sifatnya temporer. Sedangkan merantau lebih condong ke pergi suatu tempat dgn tujuan spesifik sperti kerja atau skul/kuliah

  • Anggoro
    June 10, 2009

    wow thanks for the opportunity.
    merantau, sebuah kata yang pasti kita alami dalam kehidupan kita.
    dalam situasi perantauan pasti ada suka dan ada duka (Cie cie serius amat).
    saya pernah mengalami situasi perantauan.8 tahun di jogja dan 1 tahun di jakarta.kisah perantauan saya ini lebih banyak pada jatuh bangun saya dalam menghadapi kerasnya persaingan di lingkungan kita (cielah emang maen bola, pake persaingan hehehe).aku ingat dikampus terkenal si tukang molor, hehehe, bahkan aku brani duduk di depan si dosen dan dengan manisnya diriku tertidur selama pelajaran berlangsung, yang ada seluruh kelas ngetawain tuh (untungnya tetep lulus coy hehehe walo dengan susah payah)
    tetapi yang paling menarik adalah pengalaman cinta di daerah perantauan, wah cinta segitiga neh hehehe(boleh pake inisial ga neh, takut ada yang baca hahaha).
    satu lagi yang membekas di diriku adalah masalah keuangan hahaha(so classic ya)
    to be continued….
    nb:jadi terinspirasi ikut bikin buku neh
    jangan pernah menyerah, lebih baik pulang nama daripada pulang tanpa hasil

  • ericova
    June 10, 2009

    wah hogi melului neh ko ji!! ^^

    alasan saya tidak berhak mendapatkan bukunya karena saya baru tahu waktu ko jie bahas ini d tulisanya dan baru tau klo ada buku ini dan saya berhak menerima jika dikasih bukunya karena belum pernah tau hihihi ^^v

  • evelynpy
    June 10, 2009

    Sebenernya dari dulu dah niat travelling keliling Eropa… dah beli buku seperti itu cuman ga ada yang pas… mungkin buku ini bisa pas dan menambah keberanian untuk berangkat seorang diri ke negri orang…
    * kedua covernya keren abiz*

  • Nee
    June 10, 2009

    ciehhhh……tambah keren ajah neh inijie….
    sbg initialers, really proud of you…but i think this time i should got this book…haha
    ehmmm alasan napa ak pantes dapetin ini buku….??? ehmmmm
    nee anak perantauan (ada hubungannya gak yak??) & nee unik! (narziz mode on) hahaha
    Whatever!!! gimme the book! Lol

  • OktaEndy
    June 10, 2009

    Jie.. lama gak blogwalking nich.. jadi kaget waktu ada review buku. Aku kira cuma review makanan aja :D
    Tapi jangan sekali-kali bikin kuis hadiahnya makanan yach.. takut basi :D

  • Milka
    June 10, 2009

    @Evelynpy: coba baca bukunya Naked Traveller by Trinity deh. Dijamin abis baca langsung siap2 packing deh ;P
    Penulisnya itu salah satu cew Indo yg berani keliling dunia sendirian ala backpacker-an. Bener2 menginspirasi gue utk soneday travelling alone around the world klo udah ada ‘budgetnya’, hehehe :D

  • Angels
    June 10, 2009

    Mau donk ikutan quiznya. penegn bacaaa…
    Kenapa gue pingin banget bukunya?Soalnya gue pengen tau, kehidupan di tempat2 lain gimana. pengen tau pengalaman2 orang lain xD
    ya karena g jarang ada waktu buat travelling, baca buku sambil berandai2 udah cukup :p Buku ini juga buat melengkapi koleksi buku novel “travelling” gw yg udah ada. hehehe :p baru 3 sih. hiks… tp kalo menang 2 kan jadi 5. hehehehe *memelas*

  • Jiewa
    June 10, 2009

    @sweeterthancream / Meta : well explained by Milka :)

    @Anggoro : di buku ini juga ada kisah cintanya, siapa tau mirip2 ama kisahmu :P

    @Ericova : @-)

    @Eve : waa.. kalo di buku ini kebetulan belum ada eropanya tuh :-=

    @Nee : iya2. the unique ponti-gal hehe..

    @Okta : udah pernah kok quiz g hadiahnya makanan, Kopi Toraja, oleh2 dari Makassar

    @Milka : aku pernah liat buku backpacker Indonesia yg cuma keluar duit brp puluh juta gitu buat keliling eropa, bermodal pertemanan. apa sama ya dgn Naked Traveller ini.. ?

    @Angels : dah ada 3 ? :-O

  • Milka
    June 11, 2009

    Lain, Jie… Klo Naked Traveller ini lebih ke kisah2 unik & lucu yg dialamin dia selama travelling keliling dunia dan tdk sebatas di Eropa saja. Sebenarnya ini buku merupakan blog dia yg dibukukan. Makanya gak ngebosenin scara isinya kisah2 pendek yg berbeda2 tp jumlahnya buanyak, hehehe…. Gue yg jg biasanya gak demen baca buku lgsg bisa melahap tuh buku pas otw Jkt-Cepu by train yg kena macet 12 jam di kreta gara2 banjir besar di Smg Feb lalu ;P
    Klo mo take a sneak peek, coba aja liat di naked-traveller.com

  • Angels
    June 11, 2009

    iya 3. bukunya trinity, buku yg ciao italia, sama 1 lagi gue lupa judulnya :p

  • amel
    June 11, 2009

    this the first time i visit inijie.com,.
    dan,.tttarrraa ,..ada postingan ttg buku asik bin menarik,.:-D
    mupeng ikutan kuis nyaa.
    why must i?
    karena saya pecinta mati buku yg bikin saya senyum,bikin saya nge feel,bikin saya terinspirasi untuk slalu `on` to face this life.make my beautiful life:)

  • Frenavit Putra
    June 12, 2009

    Wah mas matursuwun atas informasi tentang buku ini… kayaknya saya tertarik nech.. hmm masuk dalam chart pembelian buku q ini.. hehe…

  • Tjandra J
    June 13, 2009

    Ini gw lagi di saigon vietnam, pertama kali shock melihat cara makan :)
    ambil daging dan sayuran di tengah meja makan, pakai sumpit yg abis dimasukin ke mulut …….
    belum lagi dibuatin paperrice roll yg diisi dengan daging ikan yg di acak-acak pakai sumpit tadi ….. wekss…..

  • AzizHadi
    June 13, 2009

    Buku Ini sesuai dengan kebiasaanku sehari-hari, saya orang yang suka sekali dengan berpergian, sehingga saya selalu tidak lupa untuk menyiapkan barang2 yang sekiany sangat berfungsi ketika saya sedang berpergian jauh dan untuk tujuan yang mulia :D

    Contohny adalah :

    Jam tangan, Kompas, dan Kunci Ganda :D

  • Intan Alasdair
    June 14, 2009

    I want a shot to get those books too Jie!!! :)
    It isn’t too late right?

    I feel like I can relate a lot to the books because I move a lot due to my dad’s job.
    I know how it musta felt like to be in the middle of the unknown, meaning unknown people, unknown places, and with no relatives[!!!]

    I am quite at loss for words right now Jie.
    But one thing for sure.
    I deserve that book! Hehe.
    Send me one pls?

  • antown
    June 15, 2009

    Beberapa waktu yang lalu saya dipercaya sama Andrei Budiman penulis buku Travellous untuk mendesain covernya. Tentu jika saya mendapatkan buku ini akan sangat bermanfaat karena saya mendapat referensi tambahan seperti apa sih gaya desain cover yang bergaya travelling.

    Dapat gak bukunya ya? hehe. semoga deh.

    makasih. sukses selalu

  • Jiewa
    June 15, 2009

    @Amel : lam kenal ya..moga2 bisa betah di blog ku ini. Nice to hear optimism in your voice :D

    @Tjandra : ko.. itu namanya protein plus-plus =))

    @Aziz : kalo aku bawa apa ya.. hmm.. CD sekali pake ama stop kontak cadangan :D

    @Intan :

    because I move a lot due to my dad’s job.

    Babe profesinya apa ? Diplomat ? :-O

    @Antown : wooow.. graphic designer ya, hebat ^^ wish u luck yah, sukses juga buat mas Antown :)

  • eve
    June 16, 2009

    soalnya katanya om jie bagus, jadi saya harus membacanya [makanya kirimin dongggg] hahahaa

  • Jiewa
    June 16, 2009

    @Eve : wahhhh.. try harder Eveee…. :))

  • Aj
    June 16, 2009

    Jie, I change my mind… mau deh bukunya :P
    Kemaren puter puter Gramed + nyari di katalog mereka, ternyata buku ini ngga ada, kecewa berat…
    Saking lakunya…? Atau distribusinya kurang…? Atau, jangan jangan belum di-published ??? :(

  • tobz
    June 16, 2009

    Aku baru baca Jie, jadi pengen nih..
    kamu udah sedikit mengerti mengenai aku kan…jadi mungkin bisa menganalisa…

    Passion aku adalah Marketing, Travelling and Culinary. Bagaimana pun juga travelling juga bisa dianggap sebagai merantau kan…aku suka baca buku-buku seperti ini, apalagi kepinginnya kerja ntar ga di surabaya, tentu bakal berguna banget ke depannya. dan yang pasti, buku ini ntar bisa direview di blog aku dan bisa dibaca orang banyak dan juga bisa membantu meningkatkan penjualannya…thanks

  • tu2t
    June 17, 2009

    ikutan kuisnya ko! :D

    mengapa saiyah pantas dapat buku ini? kenapa yah?? mungkin karena tu2t lom pernah keluar kandang (alias keluar dari surabaya) dan menetap di suatu daerah.. suatu saat, Insya Alhha :D jadi buku ini bisa jadi referensi buat tu2t bila nantinya tu2t akan pergi merantau.. gitchu…

    and someday.. i’ll go to Japan.. for sure!! *optimist*

  • Gildo
    June 18, 2009

    Saya, sesudah baca ini artikel, ada dua pertanyaan:
    Yang kesatu, saya mau tau itu Yogja, tulisnya bagaimana, Yogjakarta, Yogyakarta, Jogjakarta, atau Jogyakarta, karena saya pernah baca empat empatnya.
    Yang kedua, saya mau tau (karena mungkin bulan ini atau bulan depan mau ke Surabaya) di Surabaya ada museum-museum apa saja??
    Salam kenal dari Barcelona (Spain)

  • titiw
    June 18, 2009

    Oalah.. Pantes.. ini mas Jie ngeriviu satu buku tapi kok gambarnya dua ya..? ternyata emang covernya bervariasi. Mantep.. Eh ada kuis lagi inih.. dengan tema “Mengapa saya pantes dikirimin buku ini”.
    Oke,

    1. Karena saya belom pernah ke luar negeri mas Jie.. Mas Ega.. Jadi siapa tau kalo dikasih buku ini saya jadi punya keberanian ke luar negeri (selama ini gak punya keberanian apa gak punya duit?) dan tidak lost in translation seperti film dengan judul yg sama.

    2. Karena eh karena.. ANDA akan mendapatkan publikasi GHERATIIS di blog saya!! Manteb toh? emang sih site saya isinya rada nyampah.. tapi saya membuat sampah itu jadi cantik sehingga laku dijual lho.. Yakinlah sumpah.. Hehehe..

    That’s all.. hope you guys considering me as one of the winner! Cheers!

  • Jiewa
    June 19, 2009

    @Aj : mas Egaaa… gimana nih.. udah dipromosiin tapi ga ada di toko buku.. huhu..

    @Tobz : mantabh… mo kerja dimana ntar kalo dah lulus ?

    @Tu2t : surabaya emang nyaman yah, bikin males keluar ‘kandang’ :D

    @Gildo : hai Pak Gildo, thx a lot udah mampir. Pertanyaan bapak sudah saya balas via email :)

    @Titiw :

    selama ini gak punya keberanian apa gak punya duit?

    Woakkakakak.. good point tiw :))

  • Ade
    June 19, 2009

    Pengen baca bukunya, secara eikeh juga lagi jauh di rantau orang.. baca blognya dulu aja deh.. sambil nungguin kiriman buku dari Jie *geer dot com*

  • phantasmgoria
    June 21, 2009

    wah bentuk kuis yang menarik. untuk merangsang masyarakat indonesia untuk lebih tertarik membaca buah kata anak bangsa. semoga saya juga bisa beruntung mendapatkan buku tersebut.

    sejujurnya saya nyasar masuk ke blog merantau saat search film merantau juga buatan anak negeri. saya selalu cepat tertarik dan mendukung karya kreatif anak bangsa. melihat packaging nya yang sifatnya omnibus berarti mendapat berbagai macam persepsi dalam satu buku saja. dan mengetahui jenis pemasaran dan bagaimana para penulis terkumpul hanya melalui internet saja berdasarkan persamaan nasib juga menunjukan bahwa masih banyak cara untuk berkreatifitas selain harus tunduk pada industri (sinetron, percetakan komersil, film industri, dll) good luck buat bukunya dan buat saya juga :)

  • Milka
    June 22, 2009

    Waduh, gak nyangka bener bisa menang nih! Hehehe…
    Tengkyu banget ya Jie dan Mas Ega…. I feel so honoured and really appreciate it :) Berhubung gue gak punya blog, entar setelah gue baca bakalan gue review di notes-nya FB en bakalan gue tag-in ke tmen2 gue sebanyak2-nya deh :)
    Thank you so much again to both of you….

    PS: Jie, gue kasih alamat lengkap by e-mail,FB atau sms aja nih?

  • devita
    June 22, 2009

    Oh My GOD!!! aku menang?!?!?!?

    makasih ya Jie, I love you so much.!
    Pak Ega, makasih ya!!! akhirnya aku dapatkan juga buku ini setelah pusing mau beli dimana .. hahahahhahah…. hepi mode on….

    hikzz…hiikzzz… jadi terharu nih… thank you so much yah!!!!

    ah, pasang di facebook ah….

  • ericova
    June 27, 2009

    iy selamat buat yg menang :D

  • Jiewa
    June 27, 2009

    Congratz buat Milka & Devita sebagai pemenangnya yah :)

    @All : INIJIE masih punya banyak seri quiz lainnya, buat yg belum beruntung, tetep ikuti seri2 selanjutnya yah :D

  • alisyah
    July 28, 2009

    mutar2 di gramed nyariin bukunya, tapi ga nemu
    tak tanyain ke author, ternyata buku nya belum publish
    hehehe

  • rou
    October 22, 2009

    ia ko…aq tau aq tlat ngomen lg..sob..
    la y apa lg…br tau inijie stlh baca jawapos e…
    tp aq pnasaran ni…koko emg asli mn?koq bilang surabaya tanah rantau?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *