Yu’ Limboek, Pecel Madiun Goes Exclusive

By Thursday, August 20, 2009 50 Permalink
Yu’ Limboek, Pecel Madiun Goes Exclusive
1 (20%) 3 votes

PECEL, makanan khas Jawa Timuran yang udah go International. Udah lintas daerah, budaya dan strata. Semua orang pasti pernah ngincipin, mulai dari si Otong yg asongan kaki lima sampe para Jenderal Bintang Lima. (koboi) Ke kota manapun juga, pasti ada yg jualan menu ini. Tapi cuman ada satu kota yg jadi simbol kedigdayaan pecel &  markas besar pecel terkenal, yakni Madiun.

Tapi sekarang ga usah repot2 ngacir ke Madiun lagi kalo mo makan pecel. Lha wong di Surabaya juga sdah ada. Waktu jaman masih perjaka ngekos, aku demen makan pecel di emperan. Murah, enak, wareg (kenyang,red). Typical Suroboyo banget lah yaw (malu)

Tapi gimana ceritanya kalo sajian pecel dikonsep ala gedongan dalam kemasan resto yang nyaman? Lengkap dengan AC yg suejuk, ruang makan yg luas dan ga perlu ndesel-ndeselan (sempit2an). Pasti ‘feel’-nya beda kan :D

Itu yg aku rasakan waktu bersantap di Nasi Pecel Madiun Yu’ Limboek. Lokasinya di jalan Tunjungan, salah satu jalan protokol yg termasyur di kota Pahlawan. Parkirannya luas banget. Begitu masuk ke dalam resto, ternyata juga ga kalah luasnya. Bisa nampung sekitar 120 tamu.

Kalo menu andalan disana ya so pasti Pecel Madiun (8.5K). Satu paket pecel, secara default berisi nasi hangat, lalapan, kering tempe, serundeng dan sayur pecel (kacang panjang, daun singkong, kecambah, bayam, kembang turi). Terus diguyur pake saos kacang dengan bumbu rahasia yang diklaim diracik dari kacang murni. Bumbunya bisa minta dipisah, sesuai selera masing2 aja. Plus lagi dikasi 2 sejoli krupuk, peyek kacang dan puli (kerupuk yg dibikin dari beras). Semuanya disajikan diatas pincuk (daun pisang) sehingga jadi lebih eksotis (malu)

Bumbu kacangnya memang beda pemirsa! *obsesi host tipi* Lalapan dan kecambahnya segar, masih kretes2. Tapi sayang sayur ijonya agak lemes, honeslty lebih suka yg ga terlalu lama direbusnya *ini selera pribadi sih* Mo nambah lauk lain? Ada daging empal, telur, dadar jagung, ayam, udang dll. Tinggal dipanasin pake microwave. Ini namanya pecel Hi-tech hehe :))

Peyek-nya juga beda. Kalo di Yu’ Limboek kerupuk peyeknya dibikin dengan dimensi yang lebar dan tipis. Otomatis menghasilkan peyek yg renyah dan kriuk2 dengan selingan  kacang tanah yg gurih.

Untuk dessert, ada pilihan Es Dawet (8.5K) khas Madiun untuk menyegarkan tenggorokan setelah menyantap pecel. Tekstur dawet yg kenyal2 berpadu dgn kuah santan, bubur sum-sum, ketan hitam, tape dan gula Jawa asli *jadi manis deh kayak saya* :P

Walaupun pecel jadi spesialisasi utama Yu’ Limboek, tapi primadonaku justru Iga Bakar (27.5K). Daging iga sapi pada dasarnya emang bagian yg sedap diolah jadi menu apa aja. Disini, Iga dibakar hingga matang dan dibumbui pake saus kacang. Tekturnya  -alamak- empuk banget. Kalo aku boleh lebay, Iga Bakar Yu’ Limboek bisa duduk selevel sama Konro Bakar Daeng Tata di Jakarta. Iga Bakar ini ditemenin ama kuah asem yg isinya juga pake kacang tanah.

Oya, tau toko oleh2 Wisata Rasa? Nah, itu juga satu kepemilikan dgn resto Yu’ Limboek ini. Sebagai nilai plus, abis makan pecel pulangnya bisa beli oleh2 disana. Sambil menyelam minum air gitu..

Dengan kemasan dan konsep beda kayak gini, Nasi Pecel bisa mengikuti jejak Nasi Padang yg populer seantero nusantara. Atau mungkin sepopuler salad Eropa? Why not :)

Lokasi :

Nasi Pecel Madiun Yu’ Limboek
Jl. Tunjungan no. 50, Surabaya
Telp. 031-5346861
Locate Jl. Tunjungan on Google Maps

FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
50 Comments
  • Ojat
    August 20, 2009

    waduh… jadi pengen pecel… udah 2minggu ga makan :)) kwkwkwk penasaran juga sama rasanya pecel madiun.. pasti wuenak ya bro

  • morishige
    August 20, 2009

    saya sudah lumayan sering mencicipi pecel madiun… tapi pecel madiun ‘ala wagon’… pecel madiun yang dijajakan dalam kereta ekonomi.. sebungkusnya 3000an.. hehehe…

  • arman
    August 20, 2009

    waaa jadi kangen ama kerupuk puli dicocol bumbu pecel… :D

    *berhubung gua pembenci sayuran, jadi kalo makan pecel cuma makan kerupuk puli ama bumbunya. hahaha*

  • Fenty
    August 21, 2009

    es dawet itu memang khas Madiun banget ya :D waktu aku ke madiun juga sempet minum dawet khas sana, aduh apa ya nama restonya, yang pasti rame banget, kaya’nya pernah aku posting juga di blogku :p

    tapi kalo pecel gak terlalu tertarik, hehehe, menurutku pecel dimana aja sama, dan lebih enak kalo dimakan pagi2 aja, buat sarapan :D

  • AngelNdutz
    August 21, 2009

    =)) pecel high class ceritanya??hehehe kok malah terkesan aneh yo?Ndutz kebiasaan beli pecel dijalanan yang hanya 2500/3000-an ituh soale rasanya pasti sama ajah, mending beli yang murah :P

  • indrahalim
    August 21, 2009

    Mantaphh…pecel medan masih kurang kalo dah liat yang satu ini..:) pengen dehhh cobain :)

  • pinkparis
    August 21, 2009

    malah pengen nyobain iga bakarnya daripada pecelnya :)
    (mo bandingin sama Daeng Tata) hehehe ….

  • Jiewa
    August 21, 2009

    @Ojat : haha.. udah 2 minggu ga makan pecel udah sakaw :P

    @morishige : kalo yg di kereta api belum pernah coba mas.. itu yg jualan PT KAI atau third party ? *halahhh bahasanya*

    @Arman : karnivora nih ceritanya, lebih cocok makan iga bakanya tuh :P

    @Fenty : ahhh.. kaw macam orang balikpapan aja, kalo makan pecel cuma dipagi hari :))

    @AngelNdutz : ya mirip aku dong pasti masih jaman ngekos dulu.. fufu..

    @Indra : kalo pecel medan ingredientnya beda ya ?

    @PinkParis : fans berat daeng tata kah :X

  • Milka
    August 21, 2009

    Harga 8.5K itu udah termasuk empal atau daging ayam, Jie?
    Soale aq malah ga suka makan pecel yg ga ada dagingnya nih, hehehe :p
    Klo di Cepu pecel seharga 8rb udah termasuk empal atau sepotong paha ayam, plus perkedel, tahu, tempe… Duh kok jadi laperrr, hihihi….

  • evelynpy
    August 21, 2009

    jalan tunjungan deket mana? maksudnya gedung terdekate apa?

  • Jiewa
    August 21, 2009

    @Milka : belum termasuk lauk ce..
    wah… kok isinya lengkap banget tu pecel di Cepu.. slurpppp =P~

    @Eve : dari arah Siola terus ke tunjungan center tapi sebelah kanan jalan.. (sebelume Hotel Majapahit lho..)

  • Alexander Ponto
    August 21, 2009

    makan pecel nde dalem resto, bagiku jadi rodo aneh. nde resto, kok makan e cumak pecel toh??? :)) hwahahahhauhauahuHUHAUHAUHAUa~

    tapi harga e termasuk standar lek keja resto. hmm…. dilut lagi nyobak ah~

  • cookinggallery
    August 22, 2009

    Lebih tertarik sama iga bakarnya, gak suka pecel sih….yg suka papiku, mungkin krn asalnya dr Banyuwangi ya…;.)

  • doctoradhi
    August 22, 2009

    thanks jie for reviewing..
    tapi kok di konsep ku, nasi pecel tuh baru seru kalo tempatnya ngemper, pake pincuk, semakin pinggir jalan, semakin seru kayanya hehehe..

  • Jiewa
    August 22, 2009

    Mungkin perlu mempertimbangkan untuk fokus di Iga Bakar ya, secara emang enak .. :)

  • ericova
    August 22, 2009

    ehmm enake igae..pecele tar q kukulen ahahaha

  • veny
    August 22, 2009

    enak nya pecel disiang panas kae gini apa lagi minum es dawet ..
    tapi di JKT di BSD juga ada Pecel terkenal .. ga perlu smp Madiun jauh dooh .. ha22
    btw taugenya kuyus2 koq ??? ha22

  • Ade
    August 22, 2009

    peyeknya kurang banyak kacangnya kayaknya ya jie.. tapi dari penampakannya keliatan banget klo tu peyek renyah banget *hihihi sok tau*

  • Hendra Lesmana
    August 23, 2009

    dwoh boljug tuh tp kayana wat tar buka aja ah :D

  • Jiewa
    August 23, 2009

    @Ericova : hoo.. aku juga kukulen tapi skrg dah ga sbrp, mungkin karena justru ta cekoki terus ric :))

    @Veny : iya, ini tauge yg panjang2, kalo pecel madiun mestine pake yg pendek gendut ya ?

    @Ade : eh.. detail juga ya liatnya :P

    @Hendra : yoi boss..

  • iyesh online
    August 23, 2009

    salam kenal mas

  • Juminten
    August 23, 2009

    wooooohhhh… Iga Bakar nya bikin aku ngiler.
    untung udah buka. hahaha… :))
    tp harganya lumayan terjangkau, ya?

  • ega
    August 24, 2009

    Jie, ada no hp nggak?

  • mel
    August 24, 2009

    pecel harus segera dipatenkan sbg makanan khas jawa..kalo ga,,ntar di curi negeri tetangga.hati2,,,

  • Angel
    August 24, 2009

    aduh udah lama ngga makan pecel. jadi ngiler. =p~ apalagi peyeknya keliatannya enak tuh :P

  • wewey
    August 25, 2009

    wes kangen pecel jadinya….di Bangka jauh dari pecel woi….lebaran pulang sby mesti keliling yg kamu rekomendasi deh

  • Jiewa
    August 25, 2009

    @Iyesh : hai… lam kenal juga yah :)

    @Juminten : maap2.. selama bulan puasa jangan buka INIJIE di siang hari, bahaya :))

    @Ega : hayo.. gimana deal kita ini ? :P

    @Mel : good idea, bagus juga untuk jangka panjang .. biar ga disadap negara tetangga lagi..

    @Angel : iya, peyeknya tipis dan kriuk ..

    @Wewey : sip pak, ntar tinggal kontak2 aja yah :)

  • dindin
    August 27, 2009

    kalau pecel biasanya aku makan pecel pandegiling. enak banget jie. apalagi kalo minta bumbunya pedes, mantep abis… harganya kalo gak salah 17 rb 1 porsinya, tapi porsinya guede banget. itu udah lengkap dpt sayur, emplal ,dkk. aku kalo makan paling cuma separo itu dah kenyang banget. trus kalo beli di situ minta bumbunya yang kering aja. dia kasihnya lebih banyak daripada kalo bumbu basah.

  • Ben
    August 28, 2009

    Yu’ Limboek ini bumbu kacangnya kurang ‘nendang’. Aku lbh suka Pecel Bu Kus.

  • naki
    August 28, 2009

    hwaa pecel .. uda lama bangett ga makan ginian nih :)

  • Sisiliany
    August 30, 2009

    jd kangen mkn pecel…………………..

  • Jiewa
    August 31, 2009

    @Din2 : nah.. kalo yg pandegiling itu dah banyak yg rekomen, bukanya dari jam brp sampe jam brp ya Din ? *penasaran.com*

    @Ben : kemaren aku coba pecel bu kus, memang beda sih ‘style’, racikan serta sayur2nya.. :)

    @Naki : di Jkt banyak juga kan yg jualan pecel ?

    @Sisil : minta mama bikininnnn :))

  • Alex
    September 14, 2009

    sorry y ko sangat kecewa mbe pecel ini.

    aku tgl 5 Sep 2009 kmrn pigi sini. hari Sabtu malem seh. tapi sepi.

    nah… aku seneng2 ae pas dateng. soal e seng biasa e di review mbe lu itu ndak mengecewakan.

    aku waktu dateng itu dengan perut sangat kelaparan. kepala wes cekot2. mata mulai berkunang2. aku ngeliak sepi gt aku lgsg seneng. wah isa cepet ini. trs… liak nde konter e. wah…. ini pesen apa lgsg dibuatno diambil2no. jadi koyok nde hokben gt.

    e…. diadakno !!! moncrot ae !!! aku pesen lgsg nde sana. aku ndak milih tempat duduk sek. aku bilang. mintak nasik pecel 1. mbe mintak tempe bacem 1. telor mata sapi 1. tahu bumbu rujak 1. trs… iga e 1 porsi.

    nah… pas aku mari bilang pecel e 1. pegawe seng nde dalem konter itu ndak lgsg mbuatno pecelku (malah kyok orang bengong ngeliak i aku). pas aku milih2 telor, tempe mbe tahu itu ae, mbak e jek diem ae. aku sampek hueran !!!

    nde madiun aku makan pecel itu. gak sampek 25 detik (pokok e ndak suwi lah), pecel sudah siap dimakan. mau nambah apa ae tinggal ngambil (soal e iwak e wes siap saji, McD ae kalah cepet mbe pecel seng asli nde Madiun)

    trs… aku itu heran mbe pegawe e sana itu. ruasa e kok cek nguateli e. aku wes luaper soro. aku wes ngomong. mbak, tolong cepetan. nunggu apa kok jek gak dibuatno. aku wes ngomong mbe km. pecel e 1 !!!

    mosok mau nunggu adikku mbe temenku mari pesen baru makanan e sini dibuatno? gak kurang gendeng tah limboek iki?

    mari gt… mari sini pesen. sini kan duduk. nunggu itu suwi soro !!! guendeng. 15 menit gak ada 1 pun makan maupun minuman seng dateng !!! aku seng luaper tambah mizo2 !!! aku sampek 2 kali bolak balek pigi konter nde depan ngesu2 pegawe e ben cepet. seng ngarai aku muangkel. pegawe itu kyok ndak denger seng tak omongno ae. aku bilang cepetan. e… malah mau nunggu pesenanku mari dibuat kabeh baru disajino.

    haduh… hasil e… aku ndak isa nilai ke-enak-an e pecel ini. iga e pun aku ndak isa ngerasano enak e. seng ada cumak perasaan muangkel !

    saranku loh y. pecel limbuk ini mesti cepet lek ngelayani. konsep nya harusnya diubah. harus diubah kyok hokben campur pecel (seng asli nde madiun)

  • Jiewa
    September 14, 2009

    Waduh Lex, so sorry to hear that ya..
    Pas aku 2 kali makan disana ada ownernya dan pelayanane banter lho.. Hmm.. kalo mau yg kaya Hokben juga ada kendala karena iwak’e harus diangetno disek. Tapi masalah lamban itu sangat menganggu juga ya, coba deh ntar gw sampaikan ke ownernya..

    Btw, ini review dari surabayafood.com

  • Alex
    September 14, 2009

    ada seng bilang pecel pandegiling. aku jadi inget pecel keputran. bukan nde jalan keputran tapi nde jalan pajajaran (aku liak nde wikimapia) harga e dibadingno mbe pecel limboek, lebih larang pecel nde jalan pajajaran ini. tapi kecepetan e lek nyajino. cepet soro. apalagi lek ndak rame.

  • Jiewa
    September 15, 2009

    Lek pecel pandegiling dah coba ? Jarene wong2 dahsyat.. sumpe jadi penasaran gw.. =P~

    weks.. pake avatar foto di Pecha Kucha rek..

  • Alex
    September 15, 2009

    :))

  • paula
    September 18, 2009

    Jie..kamu masih jago bikin review :) jadi pingin coba pecel limboek :) btw pecel pandegiling tuh beda banget ma pecel lainnya. Sudah rada lupa sih, makan_nya udah duluuuuu banget, pas masih tinggal di pandegiling. Tapi pecelnya mang enak!! Rawonnya juga enak!! Kudu nyobain jie

  • dindin
    September 20, 2009

    kurang tau juga bukanya jam berapa… tapi biasanya aku beli pagi jam 8 an gitu udah buka.. Siang juga buka. Nah kalo malam kurang tau, soalnya belum pernah beli malem2.

  • Natan
    September 25, 2009

    Ngomong pecel yak! gua orang madiun asli nich…btw klo dsana khasnya makan pecel dpertahanin slh satunya tempat( jarang skali yg dgedong-elite style, coz mreka lbih nyaman dngan suasana aslinya-makan tanpa jaim) pecel madiun yg dah masuk SBY banyakan rasanya dah beda bgt, mo coba aslinya mampir ksana, seriuuss hampir semuanya enak (slh satunya dah pecel dpincuk pake daun jati yg langka tuch)
    Klo dawet sich yg enak dmadiun ada ddepot suroprajan(klo nda’ salah) sebelahnya kantor kabupaten belakang alun2…that’s all lah…mampir yak kMadiun

  • Kartono
    September 27, 2009

    sangat senang mengunjungi website Anda. saya akan coba deh. Mungkin sangat “pas” kalau lokasi dilengkapi dengan koordinat GPS. agar bisa dengan cepat dicari. sekedar usul kecil, he he

  • amel
    September 27, 2009

    Jie, salam kenal ya..
    Diriku pecinta Makanan wuenak..
    Jd suka baca blog makanan ;p

    Waktu dipedalaman (aga lebai bahasanya), sering banget makan pecel…
    Secara merantau dan itulah makanan yang murameria serta banyak porsinya..
    ♓ε ☺ ♓ε ☺ ♓ε ☺
    Tapi bgitu balik ke SBY, blm makan pecel selain bikinan rumah yang pake bumbu instan itu.. ;p

    Abis baca reviewnya jadi aga ngiilerrr.. Bgitu liat review Iga, tamba kotos kotos…
    Harus coba nih…!
    Mudah2an ngga pake lama ya…

    Kalo Iga, uda pernah coba di jl. Kutai belum? Enak juga…
    Ada sup Iga juga, seger dan hmm susah menyampaikannya… Rasanya tuh tipisss tapi bener2 wuenak..
    Hmm tapi klo pesen yang iga bakar aga lama…

  • Hanna
    September 27, 2009

    pas lebaran aku coba mkn sekluarga di sini (stlh hunting dr koran, resto mana aja yg buka pas lebaran).
    kesan pertama, rame (pdhl seblm2nya, engga!)
    pas masuk, gedee.. luas..
    pas lihat ke kanan, display menu-nya sedikit, aku jd binun milih! begitu lht ayam panggang/bakar terlintas di benakku kl ‘pasangannya’ pasti urap2. aku pun pesan 2 ayam & nasi urap2 (bareng mamaku). tapi ternyata, ga jual urap2, yg ada cmn pecel! T_T
    so, si ayam tadi ‘slingkuh’ dgn pecel. lumayan lama sih nunggunya. begitu datang, aku lht ‘fisiknya’ lumayan… tp begitu aku makan sesuap, duh krasa bgt bumbunya spt bumbu yg biasa mamaku beli jadi di pasar, bahkan lebih berasa yg di pasar! enek. masih enak yg di bu kus / pecel yg di pinggir jalan indrapura-perak / yg di bank ANK tugu pahlawan. byk pilihan lauknya.. heheh..

  • laura
    September 28, 2009

    Emang apa bedanya pecel madiun ini ama pecel2 yg laen? Ama pecel bu kus? Enak mana? :)

  • Orang Gila Dari timur
    September 28, 2009

    Lek aq sich jek enakan pecel ponorogo nang kertajaya suroboyo…………bukaknya malem jam 7 sampek jam 1 pagi……..wenakkkk

  • Jiewa
    September 28, 2009

    @Kartono :

    lokasi dilengkapi dengan koordinat GPS.

    Saya selalu berusaha meyelipkan link ke Google Maps di setiap lokasi review pak, nah.. koordinatnya bisa di cek di Google Maps-nya itu :)

    @Amel : wahh.. yg di jalan Kutei itu sering lewat sih. Soalnya deket rumah. Tapi sampe skrg belum sempet coba. Oke deh, saya masukkan list buat di jajal hehe.. lam kenal sesama food enthusiast..

    @Hanna : mungkin abis masuk INIJIE jadi rame yah :)) Gini, saya pribadi lebih doyan Iga-nya daripada pecel. Soalnya jadi nostalgia dgn Konro bakar Daeng Tata di Jakarta sana hehe..

    @Laura : yang jelas jenis sayurannya lebih lengkap. Kalo pecel biasa ada yg cuma 2 macam, kangkung dan cambah. Kalo soal rasa pecel, harus diakui jujur Bu Kus masih diatas Yu Limboek..

    @Orang Timur : hayuk direview di blognya, pake foto juga sekalian biar afdol ok? :)

  • yatti
    September 28, 2009

    Di dekat rumah ada… Warung nasi pecel “Mak Yem”. Ini pecel favoritku… punya ciri khas peyek yang agak gosong sama tahu goreng. Tapi menurut aku rasa sambel nya sangat original. Pedes, trus nggak pake macem macem aksesoris seperti mie, telur dsb dsb karena menurut aku aksesoris yang begini justru mengaburkan rasa original pecel itu sendiri.

  • ryan dalang
    November 28, 2010

    saya ryan nurianto of ngawi.. mantan waiter di yu limboek jl.tunjungan no.50 srby.
    yu limboek mmberikn playanan yg oke. i like it….
    slam buat bpk andy & ibu, jg p.markos..
    mhon doa krn sya s’plg dr yu limboek 25.10.10
    sdg meniti karir di dnia seni kota surakarta.
    thanks limboek.. jaya selalu amin…..

    ttd.RYAN ”dalang”

  • Jiewa
    December 6, 2010

    @Yatti : pecel mak yem ini lokasinya dimana ya? :)

    @ryan : sukses selalu ya :)

  • kang
    May 2, 2011

    Mungkin Saya termasuk pelanggan di Yu’Limboek sejak setahun an terakhir ini. Biasane rame-rame kalo kesana. Menurutku Masakan e enak juga lho, terutama gurami pesmol ama iga bakar yg selalu kita pesan, penyajian e standart kok 10 sd 15 menit. Hargane juga oke. Karena ada buy 1 get 1. Pake HSBC ( ngga tahu masih berlaku ngga ya ) udah 2 bulan an ini belum kesana. Jadi kangen nich…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *