Kluthuk-Kluthuk Sate Tulang Khas Banjarmasin

By Monday, January 11, 2010 38 Permalink
Kluthuk-Kluthuk Sate Tulang Khas Banjarmasin
1 (20%) 1 vote

Meskipun Surabaya didominasi oleh kuliner Jawa dan Madura, tapi penikmat kuliner tidak menutup palang pintu bagi masuknya kuliner dari luar daerah. Salah satunya dari Banjarmasin.

Nah, sbg urang Balikpapan (Kalimantan Timur), lidahku ini kadang kangen ama taste khas borneo. Untung skrg makin banyak warung menu Banjar di Surabaya. Feel-nya mirip2 lah sama menu2 di kampuang saya.

Yg terkenal dari Banjar ya… Soto Banjar-nya yang berkuah bening, segar tapi tetep gurih. Tapi selain itu ada juga yg namanya Sate Tulang. Waduh, masa makan tulang Jie ??  =.=!

Sate Tulang Banjarmasin

Eits, jangan parno dulu. Sate Tulang khas Banjar itu ga literally tulang aja kok tapi pake daging ayam bagian dada dan sayap yang dipotong-potong langsung bersama tulangnya lalu ditusuk bambu dan dibakar hingga harum dan warnanya coklat keemasan..

Nah, cara makannya dilumuri pake saus merah yang rasanya manis pedas, bukan bumbu kacang yang biasanya jadi temen makan sate ala Jawa/Madura.

Waktu dimakan, hati-hati karena awas tulangnya tertelan *kecuali doyan kali yeee* :)) Kunyah pelan2. Rasakan sensasi klutuk-klutuk dalam mulutmu lalu lepeh tulangnya. Kalo aku doyan yang dagingnya agak-agak angus gimana gitu.. lebih harum dan gurih (malu)

Seporsi cuma 20 ribu dah dapet 10 tusuk sate tulang yg muontok-montok. Kalo ga doyan yang bertulang, Sate Ayam khas Banjar bisa jadi pilihan. Full daging tok tanpa tulang, seporsi isi 10 tusuk kena 15 rebu. Ahh.. harga yang setimpal buat ’pulang kampung’ sesaat buat lidahku :P

Where to get Sate Tulang in Surabaya

Warung Sate dan Soto Banjar Bu Erlina – Food Festival Laguna, Pakuwon City.
Bamegah – Republic Food Court, Golden City Mall.

FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
38 Comments
  • didut
    January 11, 2010

    waduh di Semarang susah nih cari yg ginian

  • Andy
    January 11, 2010

    Blum pernah coba Jie… tapi di pasar Citraland jg ada, coba aaahhh…!

  • lisa
    January 11, 2010

    Siip…jie, :) jadi lapar lagi nih…., mana belum makan. Btw…, thanks ya…:)hehe

  • Ojat
    January 11, 2010

    baru tau kalo dikau orang kaltim juga :D hehehe

  • Jiewa
    January 11, 2010

    @Didut : kl di Semarang ga ada yg jualan yg khas banjar ya ?

    @Andy : oh iya… kayaknya haujek jg tuh soale asepnya harum haha..

    @Lisa : ur’e welcome.. :)

    @Ojat : yoi, lahir kalimantan, kerjanya di Sby :D

  • san_san
    January 11, 2010

    yummy…

  • fahmi!
    January 11, 2010

    oh, di food festival… deket sini hihi :D

  • jimmy
    January 11, 2010

    ngeliat fotonya doang aja langsung ngiler..

  • arman
    January 12, 2010

    oooo i love sate banjar!!!!
    jadi ngiler…

  • tanz
    January 12, 2010

    tuh yang standnya dipaling pinggir deket toilet ya jie?

  • Jiewa
    January 12, 2010

    @san_san : haujek lah .. :P

    @Fahmi : iya.. sering ke FF mas ?

    @Jimmy : tinggal ambil nasi Ko =))

    @Arman : soto dan sate banjar emang tiada duanya .. *macam iklan mobil kijang aja* :D

    @tanz : yappp… tepatnya sih 2 dari ujung..

  • pinkparis
    January 12, 2010

    di Kelapa Gading ada juga sate tulang ini, dulu penasaran nyoba kirain bakalan kayak tulang lunak gitu, ternyata punggung ayam yang masih ada tulangnya :p dan ternyata rasanya enakkkk….

  • ocha
    January 12, 2010

    weleh…aya-aya wae ya makanan indonesia nih. kreatif! meski blum pernah coba, tapi kalo sate kayaknya selalu yummiee. ^_^
    hmm, jadi inget sate gajih. dah pernah coba sate gajih, jie ?

  • angel
    January 12, 2010

    Emang enak nih sate banjar. aku suka bumbu merahnya, soalnya beda dengan sate biasa yg pakai bumbu kacang :D

  • reney
    January 12, 2010

    laparrr.. :((

  • Fenty
    January 12, 2010

    yummmm….

  • Jiewa
    January 12, 2010

    @PinkParis : yg di Eldorado Jakarta kalo ga salah sih tulangnya lunak..

    @Ocha : sate gajih ? sate lemak dunk? :-O

    @Angel : kalo kacang bikin jerawatan huhu :(

    @Reney : hahaha.. kapokkk *juahat*

    @Fenty : OOT.. Fen, di deket hayam wuruk ada bakso enak.. deketnya SD Bhayangkara.. kalo ke pak Jhon kan lurus setelah lampu merah, kalo ini belok kanan.. rame :D

  • san
    January 12, 2010

    gara2 liat satenya,
    jadi lapar bah,,,,

  • tanz
    January 12, 2010

    ow ic ic, kalo yang itu aku jg pernah makan, tapi yang gak pake tulang :p enak jg sih satenya, tapi kalo soto banjarnya aku kurang suka.

  • veny
    January 12, 2010

    kalo kita lom perna mkn sate banjar baru tau nih asli , he222
    kliatan enak yah , kalo g sih maunya tnp tulang , murah juga 15 rebu 10 tusuk ya ?
    jadi pgn sate nih !

  • Luke Hartono
    January 12, 2010

    Nice Blog, Nice Pic, Great Taste.

  • zee
    January 13, 2010

    Hai Jie…
    Met tahun baru ya.
    Gw jg penggemar sate nih, tp seringnya sate klo dagingnya udah tebel2 pasti deh mahal….. :D

  • ocha
    January 13, 2010

    hehehe..he eh, sate gajih means sate lemak. waktu itu suka ketemu di pasar malem di yogya, atau di pasar bringharjo yogya :)

  • morishige
    January 13, 2010

    fotonya menggiurkan seperti biasa. hehe..

    saya baru sadar kalo di jogja, kuliner borneo masih jarang.. padahal keknya maknyus2 juga. :D

  • Nena
    January 13, 2010

    Blognya cantik sekali Jie!! :)

    bersih dan sleek.. senang!

    Salam kenal yaa, btw..

    thanks for the tip yaa. mudah2an kapan2 bisa mampir surabaya lagi..

  • Pucca
    January 14, 2010

    hai jie, baru pertama mampir, masuk dari blog veny :)
    request kuliner semarang donk, secara mo ke sono nih bulan depan :D

  • danny
    January 14, 2010

    Akhirnya tadi berangkat ke food fest bwat nyobain dan membuktikan rasa yang sudah terbayang-bayang sejak baca reviewnya
    dan ternyata emang enakkk >.<

    penyajiannya cukup cepet dan jujur aja bikin kaget pas pertama pramusajinya nganterin satenya
    Gile, gede-gede yah ternyata?
    Setelah mulai makan baru nyadar klo gedenya tuh gara2 ada tulang yang ikut ditusuk :D

    klo bwat aq, rasanya emang enak,
    antara gambar dan kenyataan terbukti sinkron, jadi ga nyesel coba2 :D
    jenis makanan yang bisa diulangi lagi
    tapi kayanya nih sate lebih cocok bwat nyemil de
    klo bwat makanan beneran agak susah menikmatinya karena terbentur tulang
    paling pas bwat yang suka "krikit-krikit" karena bumbunya terasa sampai dalem n tulang :D
    kalau untuk sausnya itu jadi teringat saus batagor apa siomay gitu yang pernah tak makan mirip banget kaya gitu.
    Yang jelas sausnya kalau menurutku lebih seger, jadinya membawa suasana baru bwat lidah jawa yang biasanya bumbu kacang yang berat

    harganya juga cukup sesuai kalo ngelyat bentuknya yang unik dan beda, apalagi mbayangin nusuknya yang kayanya lebih ribet dari sate biasa gara2 ada tulangnya

    kayanya kepanjangan lagi de commentQ :P
    yang jelas, puas dan punya tempat rekomen baru bwat bawain makan ^^

    Tengkyu yah reviewnya
    Good Luck n moga Ko Jie makin sukses ^^

  • Jiewa
    January 15, 2010

    @San : coba deh.. sensasi yg beda dgn sate ayam biasa .. :)

    @Tanz : kalo sotonya aku lum coba.. suka masakan banjar jg kau ya hehe..

    @Veny : kl sate yg ala madura malah cuma 9 rb / 10 tusuk. kl di Jakarta brp ya ?

    @Luke : hellow.. thx ya dah mampir blog ku, lam kenal.. :)

    @Zee : nggak lho.. kl yg ini malah cuma 15 rb aja :D

    @Ocha : wah wah.. dah 2 kali ke jogja tp blom pernah coba sih… jd penasaran nih, tp kolesterolnya tinggi dong ? :(

    @morishige : yep.. di jogja masih kental dgn menu lokal.. walaupun ada juga yg diluar pakem, misalnya Pempek Nyonya Kamto.. terkenal di Jogja hehe..

    @Nena : beress… kl ke surabaya ntar kontek2 aja.. nanti dikasi segudang referensi yg oke2 ^^ eh, kan kita ketemu pas di PB 2009 kan ? :)

    @Pucca : too bad, aku lum pernah ke Semarang, padahal dah ditodong bolak balik ama temen2 disana.. apalagi banyak object foto keren juga B-)

    @Danny : hahaha.. wooow.. kamu bener2 sudah memecahkan rekor komen terpanjang Initialers ya,, haha.. but gw seneng kok, komen2 km selalu bermutu :)
    Dan lama2 analisa kulinermu makin tajam :))

    Iya lho, aku ga ngebayangin gimana itu ya cara nusuknya, pasti keras.. Kl di Jakarta ada yg tulang lunak, mungkin kl yg di FF ini buat yg versi tulang lunak bisa lebih laris kali ya :)

  • danny
    January 15, 2010

    hehehe, komenQ jadi yang terpanjang yah?
    skali2 gapapa yah ko :D
    makasih uda bilang komenku bermutu m(_ _)m

    Kayanya ini hasil dari hunting dan nyobain berbagai macam makanan di berbagai tempat dari kecil de, dan juga kebiasaan menyimak orang2 yang lidahnya peka waktu ngomentari makanan di tempat makanan mana aja yang pernah tak kunjungi.

    Sebenernya aku nggak terlalu suka makan, jadi sekalinya makan mesti cari tempat yang enak byar bisa skaligus direkomendasikan ~kan lumayan bisa bikin yang diajak puas dan nglarisin yang punya usaha :D ~

    Iya, rasanya klo misal tulang lunak kayanya lebih laris lagi….
    Mungkin kapan2 pemiliknya dibawain contohnya aja yah, byar jelas masukannya. klo cuma bilang aja tar dikiranya malah asal ngomong.
    Tapi kira-kira kalo dikasih masukan gitu maw ga ya pemiliknya? :-?
    klo dikabulin kayanya bakal jadi inovasi makanan banjar dan smoga makin laris ^^

  • Toan
    January 15, 2010

    mantap review-nya bro Jie… sayang nih udh berhenti makan daging lagi… hehe

  • Rachel Anastasia
    January 15, 2010

    wuih! jadi kepengan makan, neh :)) mayan mahal juga, ‘kan sate biasae gak nyampe cemban :D

  • yogie
    January 16, 2010

    enak banar pastinya kalo pian pada nyoba sate khas banjar ni, aq urang kalimantan bangga nah, kada bakal rugi, hehehe (keluar bahasa banjarnya nih)….. sukses ja buat kam jiewa . . .^_^

  • Intan
    January 17, 2010

    Jieeeeeee!!! Aku laperrr!!!! NICE photograph! Which only enhances my laperness btw! Traktir dong hahaha.

  • ericova
    January 18, 2010

    low ya enak tanpa tulang dunk y…ada tulange ganjel dan daginge titik pak y kan pak?

  • Stevanus
    February 9, 2010

    Di Semarang sudah ada Mas…
    Di Jl. May Jen Soetoyo, no. 951, Kampung Kali, 024-8310173.

  • Cornell Hanahan
    August 15, 2011

    Beneficial! a few months ago I had visited this website, but I forget which post I read on this web log, I never thought in a single month this blog had more visitors than ever before. Very good work friend, continue your blogging activities. I actually in addition have a journal which i write almost daily on. We write mostly about fast weight loss plans Topics. I like it!Stick to the excellent work.

  • Search Engines alike
    August 15, 2014

    Thanks for any other informative web site. The place else
    could I am getting that type of info written in such
    an ideal manner? I’ve a undertaking that I am simply now working on, and I have been at the
    glance out for such info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *