Masakan Madura Bukan Cuma Bebek Goreng, Bung!

By Friday, March 12, 2010 50 Permalink

“Halo Initialers, kadhi penapa kabare?” (apa kabar?)

“Kabar sae?” (kabar baik?)

Hehe, itu sedikit petikan sapa menyapa ala orang Madura. Surabaya emang sangat mesra hubungannya dengan tonggo’ne (tetangga) di bagian timur itu. Apalagi abis dibangunnya Jembatan Suramadu, makin muluslah akses dari dan ke Madura.

Tapi 3 kali petualanganku ke Madura belum jua menemukan kuliner yg haujek sencingping. Masa makanan madura cuman monoton bebek goreng aja sih?

Penasaran dgn hal ini, aku datang berguru ke mas Riano, ownernya Resto Reng Oneng, yang konon merupakan resto pertama di Indonesia yg khusus menyajikan masakan khas pulau Madura.

Es Pokak

Sambil ngobrol2 di siang hari yg terik, Es Pokak jadi pilihan utama. Surprised juga pas disuguhkan, kok warnanya koyok bir ngene rek ?! :-O Oalah, ternyata dibuat dari sari jahe dan serai. Di bagian dasar gelas masih ada ampasnya, berarti bahan2nya asli nih. Uniknya gini, pas pertama kali diseruput terasa segar ,terus begitu masuk tenggorokan langsung terasa hangat yang moderat.

Es Pokak - Reng Oneng Madura

Cocok buat org yang sakit tenggorokan. Tapi manfaat lainnya juga banyak lho, bisa menurunkan tekanan darah, nambah nafsu makan dan membantu pencernaan. Ga kalah berkhasiat dibandingin ama Pokak’ri Sweat kan :)) *jayus*

Nasi Serpang

Kalo Nasi Serpang pernah tau ga? Serpang itu bener’e nama desa yg jaraknya bbrp kilometer dari Bangkalan. Desa ini terkenal sama hasil lautnya yg beragam.

Nah makanya kulinernya pun sarat dengan seafood. Seporsi Nasi Serpang terdiri dari setangkup nasi putih, cecek (kulit sapi), tahu, bihun, telur, serundeng, empal daging, udang, ikan tongkol, kerang plusss rempeyek. Komplit banget.

Nasi Serpang - Reng Oneng Madura

Yg aku suka dari Nasi Serpang ini adalah kerangnya yang dimasak item manis. Gurih banget kalo dimakan pake serundengnya sama sambal khas yang mirip2 terasi.

Soto Ayam Pamekasan

Soto Madura identik dengan soto daging. Padahal rumusnya belum tentu gitu. Malah soto yang disuguhkan buat para bangsawan itu adalah Soto Ayam Pamekasan. Pas jaman dulu saking eksklusifnya, rakyat jelata ga bisa menikmati soto ayam ini.

Soto Madura - Reng Oneng Madura

Sampai2 dulu pas Presiden Ir. Soekarno ke Madura juga disuguhi masakan ini, jelas mas Riano yang merupakan cucu dari R. Soenarto Hadiwijoyo (Residen terakhir Madura).

Beda dgn soto daging yang cenderung berkuah keruh, Soto Ayam Pamekasan ini justru sebaliknya. Berkuah relatif bening, sedikit pedas tapi segar. Lengkap dengan irisan kentang goreng didalamnya.  Pelengkap sotonya sendiri cukup umum seperti ayam suwir, perkedel, irisan telur rebus dan bihun. Yang ga biasa adalah sejenis gorengan bakwan cambah yang juga dipotong-potong dipinggir nasi.

Soto Ayam Pamekasan - Reng Oneng Madura

Tastenya ringan, sekilas mengingatkan pada soto banjar yang juga berkuah bening dan ada aksen pedas. Kalo mau lebih seger lagi, tinggal kucurin aja jeruk ke kuahnya.

Rujak Madura

Yang terakhir, mas Riano ngebikinin Rujak Madura. Sekilas mirip sama Rujak Cingur yang biasa kita makan di Surabaya. Tapi bedanya Rujak Madura ini pake singkong rebus dan rumput laut. Terus pake keripik Tenggeng, yakni tak lain adalah keripik singkong khas Madura.  Ga seperti rujak cingur yang bumbunya kaya petis, kalo Rujak Madura ini petisnya lebih ringan.

Rujak Madura - Reng Oneng

Nah, skrg jadi tau kan masakan Madura tu banyak ragamnya. Jadi sama2 belajar deh, lain kali kalo ke Madura ga cuman berburu bebek goreng yg enak, tapi juga Nasi Serpang, Soto Ayam sama Rujaknya yang khas taiyaaa…

Where to find Madura Food in Surabaya?

Reng Oneng – Waroeng Madura

  • Pool Terrace Surabaya Plaza Hotel
  • G-Walk Citraland Surabaya

Enjoy this article? Get email updates for the hottest topic, FREE!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
50 Comments
  • Linda
    March 12, 2010

    Kalo saya lebih suka pokak yang diminum anget, bikin lega kerongkongan ;)

  • tobz
    March 12, 2010

    hm..udah kenal ama mas riano ya ? dlu pernah juga kita maen kesana atas nama PMCC feat Romanisti Indonesia..sempet makan bubur maduranya…tapi di lokasi yang lama dulu.

  • Batteria
    March 12, 2010

    mantap bro jie…. selalu menemukan makanan2 yang punya ciri khas… keep up the journey!

  • Febry Hadinata
    March 12, 2010

    Aku lom nyoba semuanya nih jie … tapi keliatannya patut coba ini :)
    keep traveling, keep sharing
    :menjura:

  • lazarus
    March 12, 2010

    bosen… dulu hampir tiap hari makan… tapi kalo es pokak nya baru tau aku… :p

  • cicit
    March 12, 2010

    benar2 ngidam pokak nih… secara tenggorokan lagi gatel :P
    Ini Reng Oneng yg di G-Walk ya, Jie??

    Kalo aku, masakan madura favorit selain bebek gorengnya tuh Nasi Karak, nasi putih dicampur ketan item, terus makannya pake kelapa parut.. lauknya biasanya tanteku kasih sate sapi buntel…. laapppppppppppperrrrrrrrrrr >.<

  • thelma
    March 12, 2010

    Yg pernah kumakan cuma nasi serpang, tapi nggak ada kerangnya tuh. Apa karena harganya yg > 10rb ya? Sekali2 pengen k Madura… :(

    Hello kk, I’m your silent reader.

  • Allx
    March 12, 2010

    reng oneng’e ndak ditulis nde mana alamat. aku lak yo bingung :-?

  • Silvia Emanuelsson
    March 12, 2010

    Menarik sekali, Jie, rencahan dan “racikan” yg detail sekali tentang masakan2 Madura ini.
    Kalau ditelaah lebih lanjut emang luar biasa luasnya wiskul di negeri kita ini ya.
    BRAVO, young man, U`re one very creative SMART fenomenal soul.
    GOOD LUCK

  • Fenty
    March 12, 2010

    waduh penjual rujaknya, sehat :p *oot* hihihi

  • Gunawan
    March 12, 2010

    nasi serpang kl di tempat asal nya cuman 6rb lho… tumben nich ga di ksh kisaran harga e Ko Jie?
    hehehe….

  • wilchan
    March 12, 2010

    aaa… foto2nya bikin ngiler…

  • arman
    March 13, 2010

    ok, lu sukses membuat gua ngiler pagi2 begini… :P

  • agogo
    March 13, 2010

    damn, dini hari perutku krucuk2 gara2 baca ini…

  • Jiewa
    March 13, 2010

    @Linda : nahh. kalo yg anget pas tu kalo diminum pas ujan2 :)

    @Tobz : iya.. kenalnya pas masi di lokasi yg lama hehe..

    @Batteria : thx yah.. makan2 dan jalan2 terusss ^^

    @Febry : ntar kalo aku ke Bali tunjukin yg khas disana ya bro :P

    @Lazarus : lah.. besar di Madura kah?

    @Cicit : yg ini aku makan di poolside Surabaya Plaza Hotel.. yg di Gwalk juga sama kok :) Wah sate buntelll slurppp !

    @Thelma : heyyy… don’t be a silent reader.. I’m glad if ur’e participating and sharing hehe..
    Nasi Serpang mestinya sih bernuansa seafood, dan kerang salah satu cirinya.
    Kalo ke Madura main2 ke Mercusuar Sembilangan deh.. seru :) Lam kenal..

    @Alex : tuh dah ditulis kan, ada yg di SPH, ada yg di Gwalk :)

    @Silvia : hehe.. makasih tante, moga2 kalo pulang sby ada kesempara nyicip makanan madura ini ya ..

    @Fenty : itu adeknya mas Riano hehe..

    @Gunawan : di artikel ini bukan review resto, tapi lebih sharing knowledge tentang kuliner madura, jadi aku ga komen soal harga dan restonya sendiri hehe..

    @Wilchan : makasihhh… ^^

    @Arman : hahaha,,, misi ku berhasil .. hurayyy !

    @Agogo : opening this website at midnite could occur severe hunger and mental disorder :))

  • veny
    March 13, 2010

    nasi serpang n soto ayam pamekasan kliatan boleh tuh . rujak nya jg bikin penasaran , abis selama ini ga kedengeran mkn an enak dr Madura he22
    btw itu kamu makan nya dimana ?

  • presy__L
    March 13, 2010

    nyampe surabaya aja belum pernah apalagi madura. huhuhu.. pengen T_T
    tapi itu rujak madura kayak gado2 ya?

  • lazarus
    March 13, 2010

    ktp sana jie :D

  • ericova
    March 13, 2010

    low kok nampangmu pake baju ala madura?wekekeke *nggosiiip :p

  • Lia
    March 14, 2010

    haaaaa…. menu sehari2ku semua tuh jiiiieee…. xixixixixixixiii…

    nasi serpang paporitkuuuhhh… sering nyebrangi suramadu hanya untuk sarapan nasi serpang di jl.pangsud bangkalan *deket alun2*. ada bbrp penjual disitu, posisi tepatnya sepanjang trotoar deket pegadaian. rasa dan harga rata2 sama (7k sepinduk isi seiprit hehe..) tapi aku paling suka yg posisinya di tikungan.

    rujak madura yg paling bikin beda adalah petisnya, pake petis ikan bukan petis udang.

    telur petis-nya madura juga uwenaakkk *jgn pake referensi amboina, not so madura indeed*

  • Jiewa
    March 15, 2010

    @Veny : ini rumah makannya yg di Surabaya ce.. kalo pas ke Maduranya aku malah belum nemu yg oke, soalnya kalo kesana ga bareng ama guide yg ngerti kuliner sih :( Di Jkt blom ada ya masakan Madura?

    @Presy : mirip sih bahan2nya.. tapi bumbu kacangnya beda hehe.. Yuk mari berkunjung ke Surabaya :)

    @Lazarus : ealahhhh… sampeyan dari Madura ternyatoooo :P

    @Ericova : jahhh.. emang mirip gt a,a aku? :D

    @Lia : mbakkk.. aku lho ke alun2 bangkalan tanya ama org sana cari Nasi Serpang, eh.. mereka pada ga tau.. Akhirnya terdampar di amboina yg menurut gw terlalu mahal :D
    apa disana namanya bukan nasi serpang ya?

  • didut
    March 15, 2010

    enak enak enak.. LOL

  • Anthony Harman
    March 16, 2010

    Semuanya belum pernah nyoba, kecuali Soto Ayam Pamekasan

  • Jiewa
    March 17, 2010

    @Didut : yoi yoi yoi ta’iyaaa… :P

    @Anthony : must try laaa… secara wong suroboyo :)

  • dian
    March 19, 2010

    sebagai keturunan madura, saya merasa malu T_T karena belum bisa mengeksplorasi pulau nenek moyang saya, hiks…
    saya berjanji akan segera mencicipinya ke sana

  • Jiewa
    March 19, 2010

    @Dian : monggo.. kalo ke sby/madura kabar2in aja hehe.. lam kenal :)

  • caturguna
    March 21, 2010

    wah wah wah … jadi pengen mudik

  • Jiewa
    March 22, 2010

    @Yuyun : ayo kapan ke Sby, kita hunting bareng :)

  • Meme Leci
    March 31, 2010

    @ko Jie: salam kenal yaaa..nih pertama kalinya aku comment..(kalo blognya lumayan sering liat2)

    kok gak ada nasi nya’lete ya???? itu uuuueeennnaaakkk bangeeettttt lhooo :D

  • Pangapora
    April 16, 2010

    Nah! Bab Soto Ayam sekarang. Hihi… Ok, Om Jie. Rekomendasi: Soto SMU (Soto Madura Uasli). Lokasi: 15 menit dari kota Pamekasan ke arah timur via jalan raya Pamekasan-Sumenep. Tepatnya, 200 meter setelah jembatan Pasar Keppo, di sisi kanan (di seberang showroom furniture). Bisa pilih nasi atau lontong. Isi: suir ayam kampung, bihun, kerak, kentang rebus, potongan telur rebus, toge garing. Kuah kuning bening, bercitara lezat-kuat oleh lelehan margarin.

    Sebagai catatan, “soto” di Madura banyak macamnya. Mungkin setiap rumah punya soto khasnya masing-masing. Hehe. Soto SMU merupakan satu dari prototipe soto yang dijumpai di kawasan Pamekasan dan Sumenep.

    Warung Soto SMU buka mulai 6.30 pagi hingga agak larut malam.

    Jika Anda tiba sore hari menjelang petang di Kota Pamekasan, bisa juga coba Bubur Kacang Ijo. Lokasi: pojok barat jalan Niaga (kawasan jajanan Sae Selera). Saya kira, ini juga khas Madura, karena di daerah lain cita rasanya berbeda. Bubur dengan kacang ijo kental-kanji (wajah mirip di Jawa, tapi rasa beda). Bijinya besar-besar. Kuahnya manis, santan dengan susu. Esnya digiling halus, sehingga saat diaduk, akan tampak seperti busa. Cicipi sedikit, wussss…. Hehe. Buka dari jam 5-8 petang. Penjualnya asli Bangkalan. Tapi sejak dulu, sudah buka gerobak di Sumenep, dan kini di Pamekasan. Saya sudah jadi pelanggan sejak harganya Rp 200,- (tapi yang tertulis di menu Rp 150,- dengan coretan edit).

    Demikian aja. Moga makin mak nyus (Maaf, Om Jie, offside. Kelewat komennya. Hehe)

  • Jiewa
    April 18, 2010

    @Meme Leci : Nasi Nya’lete itu spt apa? ayo ceritain.. siapa tau kapan2 bisa cari ^^

    @Pangapora : wuikk… asik nih dikasi referensi lengkap. Oke deh, aku catat.. soto madura sama bubur kacang ijo.
    Soto Madura yg dimaksud itu beda dgn yg di Sby ya? karena kl yg di sby kan kuahnya lebih keruh bumbu dan full daging..
    Bubur kacang ijonya masih 200 perak ga ya.. *ngareppp* :))

  • Pangapora
    April 21, 2010

    @Jiewa! Hihi…. Maksud saya Es Bubur Kacang Ijo Om. Bukan Kaldu Kacang Ijo. Hihihi…. Ayohh… Free guide

  • Dygenguard
    April 28, 2010

    @Meme Leci : Nasi Nya’lete itu spt apa? ayo ceritain.. siapa tau kapan2 bisa cari ^^

    Rasany enak lohh jie. Tempat Jualanny ad di Bangkalan

  • ellisa
    November 19, 2010

    blom lengkap tuh mas..klo ga wiskul ke 3 kota lainnya di Madura..masih ada Sampang, Pamekasan & Sumenep (darat & kepulauan) karena masing2 kota punya makanan khas masing2 yg beda2…;)
    Di Sumenep, ada 2 macam soto, soto ayam & soto sumenep (isinya daging & babat), ada kaldu kokot, kalsot alisa kaldu soto, campor, nase’ ikan, nase’ campur, nase’ romi, tajin soto..dll ;)
    Klo ke Sumenep, sekalian wisata ke Keraton Sumenep.. ;)

  • tony
    November 30, 2010

    izin sedot ke blog ane boleh ga gan ??
    itung” turut mempromosikan masakan teretan madureh :))

  • Jiewa
    December 6, 2010

    @Pangapora : woh.. free guide? asyek…

    @Dygenguard : oh, kalo di Bangkalan boleh la.. kalo jauh2 aku rada kapok :))

    @Ellisa : saya sudah sampe ke Sumenep dan masuk Kraton kok. Sayang lokasinya jauh sekali, kayaknya mesti nginep baru puas :D

    @tony : boleh tapi jangan kopi paste yah, ditulis ulang sahaja :)

  • jeprian jupri
    February 10, 2011

    “Hanya Madura yang pulau n usaha’y gx diolah ma org asing,,,,,,,
    “MADURA is the best,,,,,,,,,!!!

  • Jiewa
    February 11, 2011

    @jupri : oya? tapi banyak investor dari jawa dan surabaya yg sudah masuk.. skrg tinggal kesiapan masyarakat Madura :)

  • budiwijaya
    April 5, 2011

    Cak Jie,

    Yg di reng-oneng itu nasi serpangnya gak sama kayak yg dimadura. Beda jauuuh. Saya asli madura, jadi pas nyoba yg di reng-oneng, kecewa banget.

    –budiw

  • muslimin
    July 4, 2011

    wah jadi pengen pulkam nih,,,,

  • Jiewa
    July 5, 2011

    @Budiwijaya : ooh.. kalo di Madura nasi serpang yang Haujek dimana ya? :)

    @muslimin : Madura mana? Bangkalan?

  • Nely
    December 14, 2011

    Ada lagi nase’ jajan di pamekasan.. sepanjang jalan Cokroatmojo (parteker) tersebar penjual nase’ jajan..tapi yang paling fenomenal Nase’ jajan bu Emmy.. rasanya mak nyoss :)

  • puksan
    January 4, 2012

    lagi lagi terbuka mata saya… ta pikir dapetin makanan seperti ini musti blusukan ke madura (inget2 dulu hunting soto mata sapi dan bebek sinjay di madura :)) )
    ternyata ada di sebelah kantorku toh :))

  • martin
    August 12, 2012

    Lom pernah coba kikil sapi kuah bening di Pamekasan ya ? Try it, bro !

  • jakulba
    August 24, 2012

    salam kenal :d tau blog ini dari JP kmrn, menarik banget utk dilihat hehehe, ga sabar nungguin uploadannya terus, btw kalo ke madura nih coba resto Tera’ bulan, tempatnya sebelum Bebek Sinjai, kalo dari surabaya, jadi keluar jembatan suramadu terus aja ikutin jalan, nanti di sebelah kanan ada resto Tera’ Bulan… rasanya MANTAP, terutama buat yang berani cobain BEBEK BENGAL puedesssss poool hehehe, tp lainnya enak jg kok, sate gurami, sate jamur, tepa lodeh, dll uenak pokoke ga ada di sby :p
    Om Jie harus coba dan difoto tuh biar pada ngiler yg lihat hahahaha…

  • li
    August 27, 2012

    @jakulba: Tera’ Bulan boleh dicoba tuh…yg punya teman saiaaa…hahaha *bantu promosi ah =P

  • Yoseph
    September 16, 2012

    jie, ayo wes kapan yuk cobai nya lete, uenak itu aku dah coba n abis 2 porsi wkwkwkwk modelnya kaya nasi campur daging + kuah rawon gt.

  • Basstian
    April 17, 2013

    Pokoknya kalo belum ngerasain yg namanya NASI NYA LETE’ dan RUJAK SOTONYA ERNA berarti belum bener” kenal kuliner madura .
    Cobain dijamin ngiler 7 turunan .

  • Jiewa
    April 18, 2013

    Busettt… kalo gt wajib disambangin deh Nasi Lete ini… *ngiler*

  • Febiliana Sari
    July 29, 2013

    Halo..rencana nya agusuts nanti mau ke madura..lagi nyari2 list kuliner madura di webiste ini..tapi kok gak ada alamat nya ya? thanks yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *