Masakan Madura Bukan Cuma Bebek Goreng, Bung!

By Friday, March 12, 2010 51 Permalink
Rate this post

“Halo Initialers, kadhi penapa kabare?” (apa kabar?)

“Kabar sae?” (kabar baik?)

Hehe, itu sedikit petikan sapa menyapa ala orang Madura. Surabaya emang sangat mesra hubungannya dengan tonggo’ne (tetangga) di bagian timur itu. Apalagi abis dibangunnya Jembatan Suramadu, makin muluslah akses dari dan ke Madura.

Tapi 3 kali petualanganku ke Madura belum jua menemukan kuliner yg haujek sencingping. Masa makanan madura cuman monoton bebek goreng aja sih?

Penasaran dgn hal ini, aku datang berguru ke mas Riano, ownernya Resto Reng Oneng, yang konon merupakan resto pertama di Indonesia yg khusus menyajikan masakan khas pulau Madura.

Es Pokak

Sambil ngobrol2 di siang hari yg terik, Es Pokak jadi pilihan utama. Surprised juga pas disuguhkan, kok warnanya koyok bir ngene rek ?! :-O Oalah, ternyata dibuat dari sari jahe dan serai. Di bagian dasar gelas masih ada ampasnya, berarti bahan2nya asli nih. Uniknya gini, pas pertama kali diseruput terasa segar ,terus begitu masuk tenggorokan langsung terasa hangat yang moderat.

Es Pokak - Reng Oneng Madura

Cocok buat org yang sakit tenggorokan. Tapi manfaat lainnya juga banyak lho, bisa menurunkan tekanan darah, nambah nafsu makan dan membantu pencernaan. Ga kalah berkhasiat dibandingin ama Pokak’ri Sweat kan :)) *jayus*

Nasi Serpang

Kalo Nasi Serpang pernah tau ga? Serpang itu bener’e nama desa yg jaraknya bbrp kilometer dari Bangkalan. Desa ini terkenal sama hasil lautnya yg beragam.

Nah makanya kulinernya pun sarat dengan seafood. Seporsi Nasi Serpang terdiri dari setangkup nasi putih, cecek (kulit sapi), tahu, bihun, telur, serundeng, empal daging, udang, ikan tongkol, kerang plusss rempeyek. Komplit banget.

Nasi Serpang - Reng Oneng Madura

Yg aku suka dari Nasi Serpang ini adalah kerangnya yang dimasak item manis. Gurih banget kalo dimakan pake serundengnya sama sambal khas yang mirip2 terasi.

Soto Ayam Pamekasan

Soto Madura identik dengan soto daging. Padahal rumusnya belum tentu gitu. Malah soto yang disuguhkan buat para bangsawan itu adalah Soto Ayam Pamekasan. Pas jaman dulu saking eksklusifnya, rakyat jelata ga bisa menikmati soto ayam ini.

Soto Madura - Reng Oneng Madura

Sampai2 dulu pas Presiden Ir. Soekarno ke Madura juga disuguhi masakan ini, jelas mas Riano yang merupakan cucu dari R. Soenarto Hadiwijoyo (Residen terakhir Madura).

Beda dgn soto daging yang cenderung berkuah keruh, Soto Ayam Pamekasan ini justru sebaliknya. Berkuah relatif bening, sedikit pedas tapi segar. Lengkap dengan irisan kentang goreng didalamnya.  Pelengkap sotonya sendiri cukup umum seperti ayam suwir, perkedel, irisan telur rebus dan bihun. Yang ga biasa adalah sejenis gorengan bakwan cambah yang juga dipotong-potong dipinggir nasi.

Soto Ayam Pamekasan - Reng Oneng Madura

Tastenya ringan, sekilas mengingatkan pada soto banjar yang juga berkuah bening dan ada aksen pedas. Kalo mau lebih seger lagi, tinggal kucurin aja jeruk ke kuahnya.

Rujak Madura

Yang terakhir, mas Riano ngebikinin Rujak Madura. Sekilas mirip sama Rujak Cingur yang biasa kita makan di Surabaya. Tapi bedanya Rujak Madura ini pake singkong rebus dan rumput laut. Terus pake keripik Tenggeng, yakni tak lain adalah keripik singkong khas Madura.  Ga seperti rujak cingur yang bumbunya kaya petis, kalo Rujak Madura ini petisnya lebih ringan.

Rujak Madura - Reng Oneng

Nah, skrg jadi tau kan masakan Madura tu banyak ragamnya. Jadi sama2 belajar deh, lain kali kalo ke Madura ga cuman berburu bebek goreng yg enak, tapi juga Nasi Serpang, Soto Ayam sama Rujaknya yang khas taiyaaa…

Where to find Madura Food in Surabaya?

Reng Oneng – Waroeng Madura

  • Pool Terrace Surabaya Plaza Hotel
  • G-Walk Citraland Surabaya

FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
51 Comments
  • Febiliana Sari
    July 29, 2013

    Halo..rencana nya agusuts nanti mau ke madura..lagi nyari2 list kuliner madura di webiste ini..tapi kok gak ada alamat nya ya? thanks yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *