Makanan Restoran Bebas PPN Per 01 April 2010, Benarkah?

Lately, beredar berita kalo PPN untuk makanan di resto dihapuskan. Wah, jujur kacang ijo awalnya aku dan beberapa kolega yang demen makan lonjak-lonjak girang. Mayan tuh kalo pajak 10% itu dimusnahkan. Hm, wait.. tapi apa bener demikian? Ikuti penelusuran INIJIE Ingphestighaasshii *dgn mulut monyong*

Jadi begini ceritanya kisanak, mulai 1 April 2010 berlaku UU Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) . Nah, pada pasal 4A ayat 2 dan 3 UU Nomor 42 Tahun 2009 tersebut terkutip kalo barang yang tidak kena PPN adalah :

Makanan dan minuman yang disajikan di hotel, restoran, rumah makan, warung, dan sejenisnya, meliputi makanan dan minuman baik yang dikonsumsi di tempat maupun tidak, termasuk makanan dan minuman yang diserahkan oleh usaha jasa boga atu catering

source : vivanews

Hore! Beneran bebas pajak dong?! Setelah mengikuti thread ttg hal ini di milis Jalansutra, terbukalah hati dan pikiranku. Ternyata Initialers, selama ini sudah terjadi salah kaprah.

Resto Bebas PPN?

Pajak 10% yang kita setorkan dari kocek kita setiap kali makan di resto sebenarnya bukanlah PPN, melainkan Pajak Pembangunan Satu. Pajak yang lebih umum disebut PB1 ini nantinya masuk ke pundi-pundi kas daerah. Hal ini udah ada aturannya dalam Perda.

Jadi … *dengan tatapan ala guru* UU PPN yang berlaku 1 April 2010 silam isinya hanya konfirmasi dan klarifikasi, kalo sebenernya produk makaan di resto gak dikenai PPN. Sayangnya, ga dirinci kalo pajak PB1 lah yang diberlakukan ke produk2 tersebut. Ini dia yang bikin salah paham!

Mungkin karena besar PPN dan PB1 yang sama-sama 10% bikin hal ini makin rancu. Sosialisasi mengenai palak eh.. pajak ini memang sangat minim, tapi kira2 begitu info yang berhasil aku rangkum dr beberapa sumber.

Moga2 belum ada Initialers yang ngeyel2an di depan kasir soal PPN eh.. PB1 ini yah

Enjoy this article? Get email updates for the hottest topic, FREE!

* indicates required

I won't spam, promise :)


35 thoughts on “Makanan Restoran Bebas PPN Per 01 April 2010, Benarkah?

  1. vany

    dpt kyk gt dr MM ya, mas?
    saia jg dpt kyk gt siyh..
    awalnya seneng bgt, tp ternyata pas pasang status di fb ttg itu, kata tmn2 itu cm hoax…hehehe
    PPN memang dhpuskan, tp pajak daerah msh diberlakukan…
    jd malu deh…

  2. Jiewa Post author

    @Silvia : temenku dah ada yg eyel2an

    @Nilla : yoi.. wherever we go, selalu ada pungutan

    @Ulan : nyatanya kan tetep bayar

    @Veny : banyak yg kadung keliru lho..

    @Vany : iya, awalnya dapet dr BBM, abis itu dapet dr email forward temen2.. sampe2, media berita online juga menulis hal yg sama.. duh, mestinya kan cross check dulu..

  3. kay

    Setau saya, sudah sejak dulu yang namanya makanan itu tidak boleh dikenakan pajak.
    Nah yang kita bayar setiap makan itu adalah Pajak Restoran..
    apakah pajak restoran itu yang dimaksud PB1 ini saya gak tau hehehe

    Btw berita berantai seperti ini kadang emang perlu ditelusuri, banyakan yang hoax daripada yang bener…

  4. Jiewa Post author

    @Silvia : iya, harus crosscheck dulu..

    @Kay : sebenernya bukan hoax sih, tapi lebih ke arah salah persepsi aja.. *ya sama aja sih haha*

    @Andre : dan besarnya lebih gede dr 10% ya?

    @Alex : makan warungan belum kena pajak kok

  5. Li

    aku jg udah baca berita ini dari minggu lalu…tp kq ko Jie baru buat artikelnya skrg??
    untung aja aku pnya tmn yg bener2 ngerti mengenai pungutan pajak dsb….fiuhhh…*gak jd eyel2an ma kasirnya..
    akakaka

  6. Carlos

    Pertama liat beritanya aku dah gak percaya kalo emang bener dihapus sama sekali…….. Kayak gak tau aja p*******………

  7. Jiewa Post author

    @Li : tadinya ga mau posting, tapi kok masih banyak yg salah persepsi. akhirnya aku putuskan posting aja deh, walaupun telat dikit hehe…

    @Carlos : emang hati2 dgn sumthing yg too good to be true

    @san_san : demi kemajuan negaraaa.. haha.. *tapi pajak skrg ya dikorup hix*

    @Dion : iya.. intinya teuteup 10%

  8. Yuanita Go

    hahahaha…ni info bermanfaat bngt untung jg lum eyel2an ma kasir hahaha denga kata lain cuman ganti nama doang PB1 bukan PPn weleh2…ketipu ini… :p

  9. cc

    Wakaka aku awalnya ya tiwas hip hip huray.. biz gitu dijelasin temenku..langsung drop deh.. yahhhh ternyata sami mawon.. hahaa

  10. Jiewa Post author

    @Yuanita : hehe.. sip. seneng kl bisa bikin posting yg bermanfaat

    @Rakhmad : gak, karena tetep bayar pajak pada akhirnya..

    @CC : kl gitu tetep incer resto yg 50% off

  11. d3s

    hai jie…………….. it’s me again… sowryyyy ‘dah lama ga mampir xixixi…
    iya tuh gua juga dapet soal PPN vs PB1 ini niyy… tapi untungnya dapet klarifikasinya sebelum gua ngotot

  12. Luci

    Haha..temenku udah sempet protes ke pelayan waktu bayar…untung aku blom sempet uyel2an ma kasir..hehe…makasih informasinya..

  13. Eko Subagia

    Jadi selama ini PPN, tidak berlaku karena apabila berlaku..pajak yang harus kita bayar kalo kita beli makanan di resto atau cafe adalah 20%. Good luck..

  14. Jiewa Post author

    @d3s : halo2.. maap juga lama ga sempet kelilingan T_T semoga baik2 aja yah disana..

    @Luci : haha.. itulah makanya kita harus check dulu info yg too good to be true

    @Eko : kalo sampe 20% mending makan dirumah hehe..

    @Ade : sip.. tindakan anda bijak sekali ;)

    @Emmy : intinya teuteup bayar

  15. LATELLA

    Dari dulu makan di restoran gak kena PPN, tapi dikenakan Pajak Pembangunan 1 (PPb1). Hal ini diatur dlm UU ttg Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). Sejak tahun 2008 dikeluarkan UU baru mengenai PDRD ini. dan menurut UU yg baru pajak atas makanan di restoran dinamakan PAJAK RESTORAN. besarnya pajak ini 10% dari nilai makanan yang kita bayar di kasir.

  16. Dewi

    Weeeeh, gua udah telepon menejemen mall, mencak2. Ternyata gitu toh. Jadi malu dikit.

  17. nanakiqu

    aku pernach merayakan ultah temen di resto di sby namanya LIA** Resto dan beverage cuman di kenakan PPN 20% alasannya karena bawa cake tart dari luar hihihi anech juga ya 10 % masuk kemana ya ?

  18. Lowongan Kerja Terbaru

    ah…untungnya aku tidak suka makan di restoran sob, lebih suka merakyat seperti makan bakso pinggir jalan so tidak udah mikirin PPn segala. cuma mikir uang 1000 untuk bayar parkir motor. hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>