Puisi Wingko..

By Tuesday, August 3, 2010 26 Permalink
Puisi Wingko..
1 (20%) 3 votes

Wuik.. ga terasa udah 2 pekan ga posting rek. Kemana aja loe Jie? Biasalah, orang sibuk *hoek* B-) Lagi banyak kerjaan dan keliling2 bertualang mencari hal-hal yang unik untuk di-share. Yg ini salah satunya, Puisi Wingko..

Sebelumnya, sudah pada tau kue Wingko? Itu tuh, kue yang sering dijajakan diatas kereta api. Bentuknya bulet pipih, terbuat dari adonan beras ketan, parutan kelapa tua dan gula yang dibakar hingga gurih.

Wingko Babat Loe Lan Ing

Secara visual memang kurang menarik, cenderung item gosong. Tapi kalau masih fresh panas2 keluar dari panggangan dan langsung dimakan, hhmmm.. harum dan asli nikmat banget.

Pas hari Minggu kemaren (31/07/2010), aku sama temen2 Jejak Petjinan singgah ke daerah Babat, daerah kecil di Lamongan. Ya, daerah ini memang identik dengan Wingko. Makanya sering disebut “Wingko Babat”. (Jadi keliru kalau ada yg menyangka kue wingko berbahan dasar babat/jeroan sapi!) :D

Salah satu toko dan pabrik wingko yang terkenal adalah “Loe Lan Ing”. Di bagian depan toko ada sebuah balok kayu besar, dipermukaan-nya tertera Puisi Wingko. Puisi ini, sekilas mengundang senyum, namun juga tersirat pesan miris. Monggo dibaca..

Puisi Wingko Babat Loe Lan Ing

Lho, mirisnya kenapa? Setelah aku lihat pabriknya, wah.. masih sangat tradisional. Puluhan orang -sudah puluhan tahun juga- menggantungkan nasib dan nafkah mereka dari bisnis wingko ini.

Pabrik Wingko Babat Loe Lan Ing

Di tengah himpitan produk-produk modern, wingko terus bertahan. Salut juga buat sang pengusaha Wingko *lupa namanya hehe* yang tetap semangat dan punya visi yang mulia sekali. Wingko bisa setenar Pizza Itali, selaris McD? Amin paaaak..  :)

FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
26 Comments
  • Angels
    August 3, 2010

    wingko enak~ :D Tapi rada susah nemu merk yg aku suka di sini. yg bungkus nya tuh pake kertas + ada gambar kapal nya deh klo ga salah :P (kayak bungkus permen mint obat batuk)

  • Andre Junior
    August 3, 2010

    waaaa ada fotokyu ;-)

    kalo menurut penjelasan dari pak… *Err.. lupa manya juga :'(* katanya kalo pake pabrik & mesin modern maka rasanya gak akan bisa semantab pake tradisional. Hal ini terbukti karena sodara2nya jg punya pabrik wingko yg pake mesin modern.

    @angels: nah kalo itu juga buatan salah satu generasi dari nenek moyang Loe Lan Ing.

  • sugi phang
    August 3, 2010

    namanya pak Bambang atao pak Gunawan??!! mana yang bener?? halah, yg penting rasanya muaaaaantaaabs…

  • carlos
    August 3, 2010

    Bukan pesan miris. Itu tugas kita. Hayo siapa yg kalo punya acara lebih mau pesen J-CO daripada Wingko….???

  • Jiewa
    August 3, 2010

    @Angels : iya bener, yg di Babat ini juga pake kertas tipis itu :)

    @Andre : seppp.. thx buat tambahan ingponya. wah itu mbok2 tahan banget ngudek adonan jenang.. wis abot, panas maneh.. ck ck

    @Mr Sugi : saya malah lali blas, keasikan moto2 sih :))

    @Carlos : kiiitaaa??? *ruben style*

  • Lisa Wang
    August 3, 2010

    Aku suka wingko :-) tapi belinya cuma kalo pas ke sby, ditengah jalan mandeg makan di RM Bromo Asri probolinggo, beli deh disitu, cuma klo telat makan keburu atos ya hehe..

  • veny
    August 3, 2010

    waah aku ga doyan wingko babat .
    tu puisi lucu tp bikin miris tapi moga2 terkabul deh keinginan si penulis .

  • san_san
    August 3, 2010

    sering dapat oleh2 wingko. sekarang udah dikasih macam2 rasa, coklat, pandan, duren…
    tapi yang original na yang enak

  • didut
    August 3, 2010

    aku awalnya malah mengira kl wingko itu dr semarang haha~

    mungkin krn wingko kereta yg terkenal itu hehe

  • Jiewa
    August 3, 2010

    @Lisa Wang : buatan RM Bromo Asri juga kah?

    @veny : aku suka kalo masih hangat, luarnya crisp, dalamnya lembut..
    kalo dah dingin ga sbrp doyan :)

    @san_san : oh iya, ownernya juga bilang gt, skrg bikin aneka rasa. mengikuti perkembangan zaman..

    @Didut : yg di Semarang sodara dari yg di Babat :D

  • Andre Junior
    August 4, 2010

    sayang sekali waktu kita ke sana, noniknya (anaknya yg punya wingko) dah balik ke sby (kuliah di sby katanya). padahal pas sabtunya aku survey dia ada :)

  • reney
    August 4, 2010

    ide bagus untuk masukin wingko babat sebagai camilan di pesawat indo yg merambah ke mancanegara (heran repot amat, sebut aja garuda indonesia napah? :D). biar orang luar tau camilan2 indo kan?

  • Lisa Wang
    August 4, 2010

    Wah lupa aku, tulisan di bgksnya apa ya, slama ini lgsg sambar aja, jd ga tau deh itu wingko bikinan mana, pokoknya dibungkus pake kertas putih, luarnya pake kresek ijo muda hehe…

  • dearfebri
    August 5, 2010

    Masih belum nemuk nih wingko disiniih.. huhuhuhuh.. *still craving*, gara-gara kamuh!

  • AngelNdutz
    August 5, 2010

    eh eh,,itu daerah saya lho :P

    amin buat bapake :D

  • Jiewa
    August 5, 2010

    @Andre : noniknya ayu ga? :D

    @Reney : yup. wingko kan lebih tahan lama daripada roti :)

    @Lisa : oww.. haha.. kalo kapan2 mampir RM Bromo Asri ta coba deh..

    @Ebi : silahkan baca lagi dreskiripsi wingko panas di BBM anda :))

    @Angel : eala… arek Babat toh nduk.. sering ke Tuban jg dong?

  • b43r
    August 5, 2010

    wah yang kerja udah tua2 ya…. biasanya yang tua yang banyak pengalamannya.. tapi kasian juga klo gak ada penerusnya ya :D

  • Agus Siswoyo
    August 5, 2010

    Gile…
    Blog ini fresh banget ya. Jadi ngiler lihat tampilannya…

  • Jiewa
    August 6, 2010

    @b43r : tua tapi kuat lho, ngaduk adonan jenang itu berat.. ada salah satu peserta tour yg nyoba ngaduk.. baru bbrp adukan dah angkat tangan :))

    @Agus Siswoyo : makasih2… lam kenal.. :D

  • prof. helga
    August 6, 2010

    salut deh ama pengusaha wingko itu

  • finnfirrior
    August 7, 2010

    waduh,
    emang dikit miris sich.

    padahal cita2nya gede banget.

    baru2 ini makan wingo nech.
    enak banget bwt jajanan.

    tapi nda kebanyang klo wingkonya buat jajanan pesawat.

    terinspirasi sama puisinya, ntar buat pusis buat diri sendiri aaa.:p

  • caturguna
    August 7, 2010

    waaaaaaaah jiiiieee kereeen!!!! aku jadi pengen makan wingkoooo :(

    eee itu bukan miris, kalau buat aku itu malah kebanggaan, karena dia tetep mempertahankan ke-tradisionalan-nya … berarti tetep menggunakan bahan yang asli juga dan rasanya masih asli kayak duluuuu selaluuuu :)

  • Jiewa
    August 8, 2010

    @Helga : profil seperti beliau ini memang unik dan langka :)

    @Benny : puisi blogger.. kapan iklan blog bisa selaris iklan jitu jawa pos? :))

    @Yuyun : iya, ada 2 sisi.. satu bangga, satu lagi sedih.. berharap supaya cita2nya bisa terwujud :)

  • Leedya
    August 9, 2010

    Setuju juga sih kalo wingko jadi sajian di pesawat, asal teruji klinis, daripada roti-rotian gitu kan bosan juga. Walopun tradisional & kuno tapi bisa membanggakan juga spt batik, misalnya. Jangan sampe suatu hari nanti, ternyata dah dipatenkan oleh negara lain, kan sayang. Jadi mari kita tjintai produk-produk Indonesia. Jangan tjintai ajah, beli juga dooong

  • womens watches
    December 6, 2011

    Hello! Great post! But this blog is still loading slowly.

  • Wilmer Mattier
    April 5, 2012

    Hey not to set off topic but can anyone give me a review of. New York Car Insurance Reform 295 Greenwich St, New York, NY 10007 (646) 351-0824 They are down the block from me. I was wondering if they were a good insurance company. I need to get hold of coverage, it is the law you know, but I need to have a good price price plus I’d prefer friendly service.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *