Initial 5 with Lia ‘Bentolicious’ Chen

Sesuai janji ku, saatnya interview dengan para foodista kondang di dunia maya. Sekaligus menghidupkan kembali rubrik Initial 5 yg lama raib Konsepnya simple aja, aku akan mengajukan 5 buah pertanyaan buat sang ‘bintang tamu’

Dan sang bintang kali ini adalah Lia Chen, blogger dan founder Bentolicious – sebuah blog yang berisi kreasi-kreasi unik seni Bento. Blognya sangat colorful dan bikin betah buat browsing lama-lama

Bentolicious - Lia Chen

Jujur nih ya, pertama kali buka blog Bentolicious. Saya terheran-heran, semua karyanya bagus-bagus. Cute, org Jepun bilang ‘kawaii’. Tadinya saya kira yg buat orang Jepang asli, oh ternyata orang Indonesia lho. Salut.. salut..

Langsung aja yah, 5 pertanyaan buat Lia ‘Bentolicious’ Chen

1. Lia, sebenarnya apa sih definisi dan filosofi dari seni kuliner ‘Bento’ itu?

Bento aslinya berasal dari Jepang yg dimulai sekitar tahun 1500an dimana para petani Jepang mengemas makanan mereka untuk dibawa ke sawah. Bento adalah suatu seni untuk menyajikan makanan di dalam kotak makanan dengan nilai artistik dan kreatifitas supaya terlihat menarik. Seiring dengan berjalannya waktu, bento terus berkembang sampai dengan sekarang dan terbagi lagi menjadi beberapa kategori yang diantaranya adalah :

  • ‘Makunouchi’ bento yaitu bento yg disajikan di meja makan seperti yg sering kita lihat pada saat kita pergi ke restoran Jepang dan biasanya disajikan dalam kotak bento yg elegan.
  • ‘Eki’ bento yaitu bento yg dijual di stasiun kereta atau pusat perbelanjaan yang disajikan dalam kotak bento yg mudah untuk dibawa pulang dan bisa dimakan dalam perjalanan.
  • ‘Kyaraben’ bento yaitu bento yg sering dibuat oleh orangtua untuk bekal sekolah anak-anak dengan bentuk karakter yg lucu-lucu.
  • Dan kategori lainnya yg masih banyak lagi.

Bento yg saya buat selama ini lebih cenderung ke Kyaraben Bento atau biasa dikenal dengan nama Charaben (character bento).

2. Apa yg membuat Lia jatuh cinta terhadap Bento? Seperti yg kita tau, dalam seni kuliner Jepang ada banyak hal yg bisa digali, ada seni Sushi, Ramen, Tea serving etc. Tapi kenapa pilihannya jatuh pada Bento?

Pertama kali yg membuat saya jatuh cinta dengan bento justru dari peralatan membuat bento yg lucu-lucu. Waktu itu tidak tahu apa itu bento dan kalau peralatan yg saya koleksi adalah alat2 untuk membuat bento. Setelah browsing di internet dan membeli beberapa buku tentang bento baru matanya terbuka lebar dengan bento. Sejak itu jatuh cintanya makin dalam deh ama bento ini.

Mungkin karena punya 2 anak dan hampir setiap hari harus menyiapkan makanan dan bekal sekolah mereka jadi lebih tertarik ke bento dibanding dengan seni kuliner Jepang yg lain. Apalagi membaca (melihat tepatnya, karena saya tidak bisa membaca tulisan Japanese) buku-buku bento dari Jepang yg penuh dengan contoh-contoh photo bento yg apik dan sangat kreatif.

Bentolicious - Lia Chen

3. Darimana datangnya ide-ide untuk kreasi Bento? Karena aku liat Bentolicious sangat produktif mengeluarkan seri bento-bento baru lho. Sulit ga membuat versi Bento yg Indonesiana? (Nasi Padang packed in Bento style maybe? )

Ide bisa datang darimana saja. Kadang dari gambar di story book, film anak-anak, buku bento, sesama teman blog bento, dari anak-anak sendiri kadang juga suka memberikan ide. Jadi tidak ada batasan untuk berkreasi. Dan sebenarnya bento yg saya buat untuk anak-anak itu berisi makanan / masakan rumahan semua yang sesuai dengan selera mereka.

Membuat bento yg versi asli makanan Indonesia harusnya tidak susah, tinggal meletakkan di bento box-nya ditata supaya kelihatan menarik. Dan bento tidak berarti harus berisi makanan Jepang. Karena bento adalah seni yg bisa diadaptasi oleh semua negara.

4. Your photographs are awesome and become the main interest in Bentolicious. INIJIE loves them =) Boleh bagi sedikit teknis pengambilan fotonya? (kamera, lighting, post-processing)

Wah! Jadi malu kalau dibilang photography-nya ‘awesome’. Soalnya masih belajar untuk lebih baik lagi untuk bisa menyajikan food photography yg lebih menarik. Saya pribadi biasanya selalu melakukan pengambilan gambar di pagi hari setelah selesai membuat bento menggunakan kamera Canon DSLR.

Lighting menggunakan natural lighting yg free, murah meriah tanpa flash atau lampu tambahan lainnya. Lokasinya yg sejauh ini dapat pencahayaan lumayan terang di rumah adalah di ruangan makan karena sampingnya ada pintu kaca menuju ke taman samping, jadi pas cahaya masuk. Post-processing menggunakan Photoshop dan Aperture.

5. Dari semua karya Bento di Bentolicious, yg mana favorit Lia?

Dari semua karya bento di Bentolicious yg paling favorit adalah ‘Spring Fairy’. Karena bento ini adalah bento yg di design khusus untuk mengikuti ‘Spring Bento Contest’ yg diikuti oleh banyak negara dan berhasil mendapatkan posisi ke 2. (Jie: wow, congratulation Lia!)

Spring Fairy - Bentolicious

Bonus quick question : Discovery Travel & Living or Asian Food Channel?

Discovery Travel & Living

————

She’s great, isn’t she? Kuliner tidak hanya sebatas membuat masakan yang enak, namun juga menarik secara visual dan kreatif. Ga heran blog Bentolicious yg baru saja ultah pertama ini punya fans yg banyak skrg. Thx Lia for your kindness & precious time for this interview.

Initialers, semoga interview singkat ini bisa memberi inspirasi yah. Nantikan interview dgn pribadi-pribadi unik lainnya di Initial 5. Kita gali lagi potensi insan kuliner Indonesia dengan kualitas Internasional. Yey..!

Enjoy this article? Get email updates for the hottest topic, FREE!

* indicates required

I won't spam, promise :)


36 thoughts on “Initial 5 with Lia ‘Bentolicious’ Chen

  1. Angels

    Wuihhh like kind of article, Jie! thumbs up great interview! salut sama para orang yg kreatif membuat bento makanan XD I think it’s not an easy job to do, menghias2 sayur jadi something unique :p

  2. Danny

    Like this d(^^)b
    pertanyaannya mantap, jawabannya juga
    jadi terinspirasi belajar bikin bento juga
    koko kapan menyusul bikin makanan juga??

  3. veny

    kalo saya sayang untuk makan nya abis cakep2 ntar diobrak abrik porak poranda smua
    tapi ilmu bento kae gini ember memacu kerativitas yah ,

  4. Yohan Wibisono

    Salam Kenal dariku, nice artikel Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin

  5. Jiewa Post author

    @Dion : dan dibaca orang hebat pula thx bro..

    @Angels : sip.. tungguin interview selanjutnya yah. mau mencoba menekuni bento?

    @Danny : soon.. belum sempet coba2 nih jadi sementara jadi tukang icip dulu

    @Pepy : you’re on my list.. boleh ya di interview INIJIE?

    @Acel : wah.. ada Acel.. makasih bro udah mampir2

    @veny : hahaha.. jadi sayang yah pas mau dimakan.. makanya wajib difoto dulu biar ada dokumentasinya

    @san_san : sip, yg berikut2nya juga ga kalah hebat.. tungguin deh

    @Yohan : lam kenal dan selamat puasa juga, tetap sehat

  6. Jiewa Post author

    @Arul : hehe.. bukan hanya fotonya, tapi ketrampilan serta kreatifitasnya layak diacungi 4 jempol

    @Carlos : wah.. Lia dapat 1 pengikut lagi nih

    @Tobz : thx. inspirasinya sih dari talkshow tv

  7. Lia Chen

    Thanks a lot Jie buat kesempatannya nongol di blog yg hebat ini! Semoga penggemar bento bisa bertambah di Indonesia dan semoga ‘Initial 5′ bisa jadi section yg dinanti-nanti banyak pembaca blog ini (^.^)

  8. foodtravelblog

    bagus banget jie idenya buat interview dengan foodista..jadi kita bisa tau lbh banyak ttg mereka dan blog nya
    bento2 beginian lucu banget, membutuhkan kesabaran dan kreativitas yg tinggi buat mendapatkan hasil yang lucu2, bagi yang punya anak2 kecil pasti cocok banget buat baca blognya lia ini…
    keep the good work coming jie!

  9. Jiewa Post author

    @Fenty & Angel : tapi kalo ga dimakan nanti bisa rusak, jadi lebih baik dimakan toh… hihihi..

    @Ericova : hoka hoka.. not counted as a real japanese food lah

    @Lia : ur’e welcome.. setelah ini ada satu lagi seleb blog kuliner yg akan tampil, nantikan .. ;)

    @Yunike : dari karyanya, terlihat sekali passion yg begitu besar pada kuliner dan bento ya .. profil2 spt inilah yg ingin saya angkat

    @Spy : a mom with professional looking work of art !

  10. radyta

    wah injie…q udah liat site bentolicious….emang benar…gak bakalan mw ninggalin tuh blog….soalnya neliat makananx sepertinya enak2….

  11. Jiewa Post author

    @Helga : ooops oopss.. moga2 ga batal puasa hehe..

    @radyta : sipp… nambah satu lagi referensi blog yg wajib dikunjungi kan hehe..

  12. caturguna

    jie jie jie … aku minta kontak personnya dong,.. aku udah ke webnya kok gak ada kontaknya ya? hiks.,.. ada email tapi gak bisa dibuka dari komputerku … jie mauuu dong kontaknyaaa ya… pengen liputan juga

  13. Pingback: Bento (food japanesse) « Doki_Doki:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>