Gudeg Warung Dupa, Digemari meski Tersembunyi

By Monday, September 20, 2010 37 Permalink

Sudah 3 tahun aku muter-muter kawasan Mayjen Sungkono Surabaya tapi masih aja banyak spot haujek yang belum aku cicipi. Salah satunya warung yg dibahas kali ini. Deket rumah tapi baru terdeteksi berkat rekomendasi om @senar4 :D

Warung DUPA, atau aslinya disebut Depot DUPA, dari namanya kok serem gitu ya (setan) Dupa kan biasanya buat sembahyang, Jie? Tapi tenang, Dupa disini ga ada urusannya sama dunia mistik, tapi kependekan dari DUkuh PAkis.. tak lain adalah nama jalan warung ini bertahta.

Pantesan aja selama ini aku clueless ttg lokasi warung ini, lah wong nyelempit. Tepatnya di sebuah gang bernama Dukuh Pakis I. Fuh, di Google Maps aja ga ada nama itu jalan, haiyaa… It’s ok, sudah saya buatkan directionnya di Google My Maps.


View Larger Map

Dari luar warung ini tampak bersahaja. Namun sebuah lapangan dengan pohon rindang tepat berada di depan warung ini, cukup untuk memuat 15 mobil. Bermotor pun ta masalah, bisa dijejer di depan warung.

Pada jam makan siang (jam 11-jam 2), bisa dipastikan lapangan tersebut penuh dgn kendaraan. Wah, gaswat juga nih, masa warung serame ini bisa lepas dari radar ku selama ini :D

Aslinya, depot eh.. warung.. -eh.. apalah bentuk rumah makan ini, memiliki menu Gado-Gado dan Ikan Bandeng tanpa Duri yang jadi andalan. Tapi aku justru jatuh hati pada ibu’e menu Gudeg :X

Warung  Gudeg & Gado-gado DUPA - Dukuh Pakis Surabaya

Seporsi Nasi Gudeg Telur terdiri dari nasi putih yang ditemani dengan gudeg nangka manis, sambel krecek, tahu, sebutir telur pindang, siraman kuah opor yang gurih. Tak lupa sesendok sambal mampir di pinggir nasi. Seporsi 9 ribu, kalau nambah side dish lain (ayam, daging, perkedel dll) ya nanti perhitungannya beda sobat :)

Sedikit berbeda dgn Gudeg nangka di Jogja yg buat saya manisnya terlalu esktrim buat pria yg sudah manis spt saya *aduhai* (malu), Gudeg Warung Dupa ini sudah dimanipulasi agar sesuai dgn lidah Arek Suroboyo. Manisnya moderat saja.

Tak lupa Krecek (kulit sapi)  yang empuk dan juicy, hati2 lho.. diantara krecek terselip cabe utuh yang bisa bikin bibir merah kepedesan. Cuma sayang, telur pindangnya tidak dimasak hingga benar2 soklat coklat, tapi bisa jadi sengaja dikonsep agar rasa telurnya tidak manis ekstrim.

Pasangan yg pas makan Nasi Gudeg ini tak lain ialah Es Sinom, apalagi kalau di siang hari terik yg sering melanda Surabaya, bener2 bikin sweger.

Buatku, Warung Dupa ini fenomenal. Sebuah warung yang jauh dari peradaban jalan raya namun selalu sesak pengunjung di kala jam makan siang. Secara teori marketing ga masuk akal ini, tapi ya gitu lah.. kalau rasa jadi yang terutama, walau tersembunyi tetap dicari.. ya nggak? :)

Warung DUPA

Official name :

Depot Gado-Gado DUPA
Dukuh Pakis I/5 (check Google Maps)
Telp. 031-5672387

Opening Hours

10 am – 5 pm

Price

  • Nasi Gudeg Telur – 9K (not include chicken or meat)
  • Sinom – 3.5K

FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
37 Comments
  • Anthony Harman
    September 20, 2010

    Wah, saya juga sering maem di sana, Jie. Cuman dasar gak suka gudeg, paling ya maem gado2 atau gurami bakarnya

  • Pepy @Indonesia Eats
    September 21, 2010

    Nduwe krecek soko konco nang Suroboyo yang skrg tgl di Montreal. Belum diberdayakan sampe sekarang. Asyik laan lek gudeg’e gak semanis yogya. I’m truly not a big fan of Gudeg Yogya. Kemanian buat lidah sumatra dan suroboyo saya.

  • Acacicu
    September 21, 2010

    Yang namanya rasa emang sulit disembunyikan. Kalau udah kadung cocok ama gurih & lezatnya, se-nyelempit apapun pasti dicari. Ya spt nasi gudeg & es sinom yg sampean ceritakan ini,,

  • Fenty
    September 21, 2010

    wiiyyy, udah lama gak makan gudeg …. yuumm …

  • san_san
    September 21, 2010

    ga doyan gudeg dan ga doyan krecek.
    kok tampilan warung/depot nya ga ada? penasaran mau liat bentuknya ^^

  • cc
    September 21, 2010

    Gie.. itu es sinom itu apa ya?

  • jalu
    September 21, 2010

    dimanapun lokasina, yang penting rasana ;p

    sungguh nama warung yang catchy banget!

  • danny
    September 21, 2010

    Cihuiiiiiii, satu lagi tempat makan gudeg yang bisa jadi jujugan gini ni klo pulang ke Surabaya \:D/

    Baru taw klo di dukuh pakis ada tempat makan enak begini… harus dicari ni :D
    selama ini klo pengen beli gudeg jujuganku baru ada empat, klo ga
    bu har (aga mahal sih, dan porsinya aga imut, tapi ga terlalu manis, jadi cukuplah bwat lidah jawa timuran kaya aq :D)
    terus bu toegiyo (nylempit juga di kertajaya, tapi ini manisnya ga ketulungan dan kreceknya puedes soro – -a, cocok bwat mereka yang dari jawa tengah, soalnya mereka-mereka yang suka makanan manis pada cocok makan gudeg ini )
    kalo ga di kartiko (klo ini gudeg kendil, mirip ma yang aslinya di jogja, tapi porsi imut kecil dan aga mahal)
    dan yang terakhir itu pasar atum (klo ini salah satu favorit, karena lumayan pas rasanya dan klo dibawa pulang dya masih enak. Kreceknya juga ga terlalu pedes)
    Lhooo?? koq aq jadi review gudeg?? maaf ya ko, numpang nulis panjang lebar hehehe

    tengkyu2 infonya…
    ntar pas pulang surabaya tak cari tempat ini hehehe
    keep writing and have a nice day ko ^^

  • nesakyo
    September 21, 2010

    pingin trial gado2 ne :D

  • cicit
    September 21, 2010

    bahan setelah liat google maps-mu aku tetep ga ngerti dimana tempatnya, Jie kekekekekk :P

    Satu2nya cara, kamu mesti jadi GPS manualku alias nganterin ke sana :D

  • cicit
    September 21, 2010

    bahan == bahkan hueheheh

  • Jiewa
    September 21, 2010

    @Anthony : nah.. kalau Gurami Bakarnya belum pernah ta coba, itu target icip2 berikutnya hehe..

    @Pepy : iya kak Pepong *halah* tahun lalu ke Yogya, haduh manis banget gudegnya, harus diimbangi dengan makan nasi yg agak banyak :))

    @Acacicu : itu dia kekuatan rasa, dan juga word of mouth :)

    @Fenty : monggo mampir, kalo sering ke PTC, mestinya ke mayjen juga ga jauh :))

    @san_san : tipikal warung/depot sih, dengan meja2 kotak dan kursi untuk 4 orang di tiap meja. atmosfirnya ga kefoto soalnya cuma bawa lensa yg angle sempit hehe..

    @Chen : lah.. lama di Sby masa ga tau es sinom, kalo di foto diatas, dibelakang gudeg itu ya sinom. warnanya kuning, sekilas mirip es jeruk :D
    terbuat dari daun pohon asam muda, rasanya kecut2 segar.

    @Jalu : DUPA, ear and tounge catchy :)

    @danny : kalo Bu Har aku dah bbrp kali makan, unik karena menunya Pecel Gudeg, pecel campur gudeg. Lucu juga sih.. tapi enak.
    Ada bbrp cabang, tapi ga tau semuanya ownernya sama atau sudah pecahan..

    @Silvia : ga doyan gudeg?

    @Cicit : whenever you come across mayjen on holiday, just call me.. will be glad to be ‘traktired’ *joke2*

  • Andre Junior
    September 21, 2010

    nahh, bu tugiyem, eh tugiyo yg kata danny itu yang enyaakk..!!

  • danny
    September 22, 2010

    bisa koq ko klo mo gudeg aja,
    aq selalu pesen gudeg aja klo di Bu Har :D

    @andrejunior : iyaa, itu enak, tapi tempatnya sama nylempitnya :D *jadi mikir, kenapa banyak tempat makan enak itu mesti nylempit2 klo ga susah nyarinya??? :-/ *

  • Istiawati Kiswandono
    September 22, 2010

    ikutan nimbrung,yooo…secuplik info kreatip:
    ada 2 variasi gudeg, basah dan kering.

    Gudeg Basah sedikit berkuah kental ala opor, dikenal dengan nama areh.
    Original Gudeg Basah (sejak 50 th an yl):
    mbok Juminten, Asem Gede, Yogyakarta.
    Gudeg Basah take away ‘packaging’ nya kendil, supaya tidak cepat basi/tahan agak lama.

    Gudeg Kering = hasil ‘inovasi’ mempunyai ‘value’, sbg penganan ole-ole (take away) dibawa dlm perjalanan jarak jauh memberikan kemudahan, tidak cepat basi.
    Original Gudeg Kering (sejak 40 th an yl):
    mbok Ginuk, Pakuningratan, Yogyakarta.

    Gudeg Kering sekarang lebih digemari, wisata kuliner gudeg kering ini berlokasi di Plengkung, Yogyakarta.
    Deretan penjual Gudeg Kering mangkal di sana,yang paling terkenal adalah Gudeg Kering yuk Jum.

    Penjual gudeg yang tidak kalah uniknya adalah mbah Prapto: Gudeg Pawon, krn dapur mbah Prapto berfungsi juga sebagai warung tempat makan.
    Gudeg Pawon buka pk 23.00 wib dan tutup pk 03.00 wib. asyikkkk…subuh makan gudeg di pawon…seakan makan di dapur rumah sendiri sambil dilayani si mbok…inovasi pengalaman konsumen.
    Yup…kapan inovasi frozen food gudeg?
    …take away sampai di seantero dunia…

  • ray
    September 22, 2010

    Gudegnya deket ubaya Uenaaakkkk…, menyediakan juga gudeg pecel.. hehehe… kalo maen2 ke daerah ubaya, coba makan gudeg ubaya, di depannya studio foto “jose”. Kalo dateng jam 8 dijamin abis, dateng sebelom jam 7 ko! murah meriah, only 10K sak minum’e for nasi gudeg pecel.

  • ray
    September 22, 2010

    Oiya, gudeg ubaya cuma buka sore aje.. hehehe.. kalo siang, yg buka the famous batagor ubaya “nabil”..

  • antonius Haris
    September 23, 2010

    Suka Gudeg juga, jie…

    Cobalah yang di jl. raya juanda lama (dari arah aloha sebelah kiri jalan)
    gudeg jogja “BUDE”

    ada oseng2 mercon nya juga…

  • danny
    September 23, 2010

    @istiati : setuju… yuk jum di jogja emang enak

    sekedar nambahin info, skarang di Jogja sudah mulai ada yang jual gudeg kaleng…. packagingnya kaya kaleng sarden yang pipih gitu, isinya sayur nangkanya, krecek dan macem-macem. klo masalah rasa belum taw juga soalnya tadi pagi ditawari tapi belum sempet nyoba :P

    Sepertinya mulai ada inovasi untuk memfrozenkan dan oleh-oleh bwat orang luar negeri, karena katanya gudeg kaleng itu banyak yang di expor. Bisa juga bwat orang indonesia di luar negeri yang kangen sama makanan indonesia, biar mereka ga riweh bawanya :-bd

    Smoga kedepannya kuliner kita bisa makin dikenal di luar ^^

    @ray : lho??? di batagor nabil itu jual gudeg klo malem?? baru taw nih… padahal 4 tahun kuliah di situ tapi ga pernah taw :”>
    Tengkyu yaa infonya

  • b43r
    September 24, 2010

    “Dari luar warung ini tampak bersahaja” hihihi ada ada aaja…

    btw ini nihh.. makanan yang tersembunyi tapi rasanya enak yang paling di cari… kliatanya wajib kesana nih…

  • Jiewa
    September 24, 2010

    @Andre : siap.. kapan2 saya mampir ngapelin bu tugiyem :))

    @Danny : ada denah google mapsnya bu Tugiyem? :D

    @Bu Isti : huahhhh.. lengkap sekali sejarah gudegnya. Bisa jadi artikel sendiri itu hehe. Ide brilliant, sangar kalo gudeg bisa dalam bentuk instant dan frozen, bisa diekspor ke suluruh dunia. Bu Isti memang benar2 top markotop idenya.. :)

    @Ray& Danny : sek.. yg di ubaya itu maksudnya 7 malam apa 7 pagi bukanya? :D
    Kalo batagornya pernah coba… dulu dijual 4 ribu, lah duitku cuma bawa 3 rb. eh.. dikasi jual juga :))

    @Antonius Haris : thx infonya.. oseng2 mercon? I love spicy food !! *slurpp*

    @b43r : kalo lewat2 mayjen mampir deh.. :)

  • Carlos
    September 25, 2010

    Sebagai anggota Korps Kasoesoehoenan Soerakarta ya tentu saja fovorit saya gudeg gagrak Solo (cenderung basah) dengan rasa yg lebih kuat gurihnya dan tentunya tidak semanis gagrak Jogja. Malah di Solo ada gudeg yg pasangannya bubur bukan nasi…. Biasanya untuk sarapan :)

  • Brillie
    September 25, 2010

    wah… makasih banyak ya kalo ternyata ini rekomended bgt. jadi aku ga perlu lagi pergi jauh2 ke jogja demi nasi gudeg >.<
    oh iya, sekali-kali bahas dong ttg nasi krawu yg haujek juga. daripada aku jauh2 ke gresik demi sepiring krwawu :D

  • cicit
    September 26, 2010

    ikutan nimbrung.. gudeg kaleng udah ada cukup lama tuh, diekspor ke LN. Taunya jg kebetulan tante yg tinggal di belanda cerita2 kalo kangen gudeg beli kalengan, soalnya katanya tewel di sana susah + mahal.
    Kalo di-frozen.. taste-nya bakal berubah kali ya? (CMIIW)

  • Carlos
    September 27, 2010

    @Cicit: Pengalamanku kok gak ya…. Gudeg itu makanan yg udah “rusak” pada dasarnya karena over-over-over cooked. Udah gak ngefek lagi kalo difrozen terus habis itu dikeluarin lagi untuk dipanasin……

  • danny
    September 27, 2010

    Gudeg Bu Toegijo kali ko namanya, bukan bu tugiyem – -a

    alamatnya Jl. Kertajaya VIA/ 46A Surabaya

    klo ga salah koordinat sih ini ko
    -7.278836,112.756323
    tapi di google maps dya masuknya jadi gubeng kertajaya VI

    aq apalnya cuma ancer2 klo lagi jalan.
    jadi klo misal kita dari jalan dharmawangsa ke arah pucang, setelah perempatan itu kita langsung mrepet kiri, gang pertama sebelum coco frio itu jalan kertajaya VIA :D

    jam 7 malem ko, klo pagi tuh adanya batagor dan siomay nabil :D

  • nesakyo
    September 27, 2010

    yup ga doyan gudeg jie… maka e mau coba gado2 wae… tp blum sempat… what a busy week.. hehehe… :D

  • Jiewa
    September 28, 2010

    @Carlos : baru tau saya gudeg pakai bubur, mungkin bubur Yung Ho bisa kerjasama dengan Warung Dupa ini untuk nambah menu baru haha..

    @Brillie : sip, kalo nemu nasi krawu yg haujek nanti ta review deh..

    @Cicit : nah, peluang itu ekspor tewel :)) ga kebatang aku gudeng kalengan, ada fotonya ga ya? :D

    @Danny : ohhh.. kalo ancer2nya Coco Frio tau wis hehe. sip, ta catet sek. Eh, batagor… mau juga itu =)) *banyak ngidam*

    @Silvia : gado-gado, salad ala Indonesia. Dulu ada org kantor bule asal Swiss yg kalau makan siang suka makan gado2 hehe..

  • danny
    September 28, 2010

    hyaaaa, semua dingidamin :))
    koko belum pernah lyat gudeg kalengan tah???
    di sini ada beberapa kaleng, klo maw tar sabtu ini aq pulang tak bawain satu :D

  • Jiewa
    September 28, 2010

    @Danny : wahh.. ga usah dibawa lah, kalo sempet fotoin aja pake kamera hp no problem.. thx yow.. :)

  • morishige
    September 29, 2010

    gudeg di jogja memang manis sekali, masbro. apalagi bagi saya yang biasanya makan “gulai cubadak” bikinan ibu di padang. :D

    kalau berkesempatan ke Jogja, cobalah makan di Gudeg Sasha (tongkrongannya artis kalo konser di Jogja) atau Gudeg Bromo, masbro. dua2nya ada di Jl. Gejayan.

  • nesakyo
    September 29, 2010

    uhuii… klo gt makan gado2 brasa bule yaccckk…. hahaha :D

  • ceendy
    October 11, 2010

    Kalo suka gudeg di Jogja yg ngga terlalu manis, mampir aja ke Gudeg Bu Widodo di sentra gudeg Wijilan, deket Keraton. Samble krecek nya enak banget! Dimasak agak kering & gurih!

  • Jewel
    December 9, 2010

    Ya Tuhan..OMG…arghh..I really missed GUDEG!!!

  • iveta natalin
    May 20, 2013

    informasinya lengkap dan tepat :*

  • Jiewa
    May 20, 2013

    @Iveta : makasih… langganan di Gudeg Dupa kah? :)

  • www.dominos.co.id
    July 6, 2015

    pas banget lagi kepengen gudeg. liat foto2 gudeg ini jadi makin kepengen.. tapi paslah kalo gudeg nya ga terlalu manis.. jadinya gak mbleneg hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *