Santapan Pisang Gapit Khas Balikpapan

Live report from Balikpapan! Hehe.. lama ga muncul tiba2 udah bergeser ke Balikpapan aja yah Lagi ada project #FoodPhoto di Balikpapan dan Samarinda. Jadi sekalian pulkam + kulineran dong. Nah, yang ini snack sore masa kecilku, namanya Pisang Gapit.

Sejak masih terbang melayang bersama GA020 tadi pagi, pikiranku sudah #galau mengimajinasikan sepiring jajanan masa kecil yg super duper ngangenin ini. Gimana ndak, udah 3 tahun ga mencicipinya

Pisang Gapit ini makanan khas Balikpapan dan Samarinda. Di Makassar ada juga yang sebelas-duabelas alias mirip, namanya Pisang Epe’. Tapi bumbunya beda cuy.

Pisang Gapit Balikpapan

Pisang Gapit, alias pisang yg dijepit *Ouch* Yap, pisang dijepit sampe pipih lalu dibaringkan diatas bakaran sampe rata grill mark kedua sisinya. Pisang yang dipake jenis –orang sini bilang- Pisang Sanggar. Varian pisang ini lebih kenyal dan ga blenyek. Dibakarnya pake arang,  just the way it is. Ga pake bumbu macem2

Jangan sangsi dulu dengan rasanya. Semua orang bisa klaim dgn congkak mampu bikin pisang bakar jepit kayak ini, tapi kunci jawabannya kelezatannya ada di guyuran sausnya. Nah, pisang-pisang yg dibakar tadi digunting kecil-kecil terus dimandikan dengan semacam saus karamel bersantan dengan sedikit bonus potongan-potongan nangka. Slurp!

Pisang Gapit Kebun Sayur Balikpapan

Sausnya selalu disiram dalam kondisi hangat, jadi lebih pas kalo makan langsung ditempat. Pisang bakarnya sendiri memang karakteristiknya ga terlalu manis,makanya jadi klop banget kalo dijodohin sama saus karamel yang kalem. Dijamin, pasti order porsi berikutnya

Di Surabaya, Pisang Gapit ini denger punya denger udah ada di Kedai Sabindo, tapi bakarnya pake kompor, bukan arang. Berkuranglah keotentikannya.

Pisang Gapit Kebun Sayur Balikpapan

Tadinya Pisang Gapit langgananku sudah puluhan tahun jualan di belakang Shopping Center di Kebun Sayur. Tapi sekarang berpindah markas ke bagian samping, lebih visible dan cozy.

Initialers, kalo ke Balikpapan.. die die must try: the legendary Pisang Gapit. INIJIE Certified!

Location

Pisang Gapit
Samping swalayan Giant Kebun Sayur Balikpapan

Opening Hour

9am – close (evening)

Price

Pisang Gapit – 7K

Enjoy this article? Get email updates for the hottest topic, FREE!

* indicates required

I won't spam, promise :)


36 thoughts on “Santapan Pisang Gapit Khas Balikpapan

  1. Rubs

    walah walahh, berkali-kali wara-wiri balikpapan nda cobain yg satu ini. rasa sausnya seperti ada gula jawanya gitu yah?

  2. Fenty

    lah aku ke kebun sayur cuma belanja aksesoris thok e, bukannya ke ke pisang gapit :p

    di balikpapan itu aneh, makan pisang goreng kok pake petis, hahaha, pernah aku foto di koprol waktu itu :p

  3. Jiewa Post author

    @sakuramochi : aku yg moto aja jd laper sendiri skrg…

    @Pepy : hmm.. Sepertinya demikian, kurang pandai dalam analisa jenis pisang

    @ndre : kesini aja, makan anget2 manten tenan!

    @Rubs : iya pake gula jawa juga. Wah di Balikpapan banyak perusahaan asing yg beli traktor di kamu ya?

    @Fenty : hehe.. Iya sih, aku sih doyan aja makan Sanggar (pisang goreng) pake petis. Hmm, jadi inget tukang gorengan favoritku di blpp sini…

  4. Li

    waaaaa…..kelihatannya ueenaakkkk ko. Tiwas aku melok om-ku pulang bpp kmaren …biar isa nyobain…

  5. kiky

    iya dong ko….hayo nyobain,tar aq traktir….mumpung di bpp….lagian biar aq kesampean ketemu ama IJINIE yang keren…..hehehehe

  6. Li

    @Koko Jie: terakhir pulang balikpapan pas zaman aku SMP ko….*maybe 6taon lalu ya???… wkwkwkwk…wahhh…kangenn

  7. Jiewa Post author

    @Kiky : hmmm kapan ya… Kalo sempet mungkin tgl 10 malam bisa. Aku sms no hp ke msg FB ya

    @Li : kalo 6 taun lalu dibanding skrg udah banyak yg baru lhooo…

  8. Nisa

    ihiiiy, masuk web sini ni pisang gapit. salam dari saya salah satu penggemarnya.. HIDUP PISANG GAPIT .

  9. Jiewa Post author

    @Nisa : hai Nisa.. toss sesama penggemar sandla jepit.. eh.. pisang gapit Langganannya dimana? Yg di samping Plaza Kebun Sayur ini juga?

  10. Jiewa Post author

    @ucupishere : lebih iri lagi liat postingan kopi mu bro… aku dah seminggu ga ngopi soale minum obat (bad flu!)

  11. vivaveve

    cintaaaaa bgt ama makanan ini…ada lg yg unik jie….sop singkong,coba deh cari di balikpapan.
    udah jarang yg jual,kalo dulu pas kecil sih banyak

  12. rahmad

    jadi kangen dulu kecilan saya juga menyantapnya,sekarang ada di pulau jawa jadi kangen bisa tidak minta resep karamelnya

  13. vanessa

    emunk enk tuh pisang gapit di kebun sayur trkenal ya…

    tp skg pisang gapit bnyk aneka rasa’x bkn cm cmpur nangka tp coklat, keju, & selai2 aneka rasa tp tetep dgn saus yg sm..
    coba dech,, pst maknyus, ada’ny di bpp daerah BP
    hehe

  14. Tri Pranoto

    Waduh, jadi kangen niy sama kota kelahiran gw.. kapan ya bisa kesana lagi.. udah lama banget gak ke balikpapan..
    emang enak tuh pisang gapit makanan kesukaan gw banget tuh waktu kecil..

  15. Nur

    yang jualan pisang gapit kawan sekolah SD ,, lagi kangen ma kampung halaman’ terutama pisang gapit nya … makasih udah sherr

  16. winda

    Ada toh pisang gapit yg enak di Bpn?
    Haishh..tau gitu ga usah jauh2 delivery pisang gapit dr Smd,hhehe..saking ngidamnyaa.

    Bagi yg ke Smd,jajanan pisang gapit yg maknyoss ada di daerah vorvoo (dkt mall Lembuswana).

  17. hilda

    Hmmmmm.. Pisang gapit, makanan kesukaan msh tinggal di bppn.. Nyamaannn bannnaaarr.. Sdh lama ga pulkam ke balikpapan.. *kangen euy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>