Santapan Pisang Gapit Khas Balikpapan

By Friday, June 3, 2011 36 Permalink

Live report from Balikpapan! Hehe.. lama ga muncul tiba2 udah bergeser ke Balikpapan aja yah :)) Lagi ada project #FoodPhoto di Balikpapan dan Samarinda. Jadi sekalian pulkam + kulineran dong. Nah, yang ini snack sore masa kecilku, namanya Pisang Gapit.

Sejak masih terbang melayang bersama GA020 tadi pagi, pikiranku sudah #galau mengimajinasikan sepiring jajanan masa kecil yg super duper ngangenin ini. Gimana ndak, udah 3 tahun ga mencicipinya (malu)

Pisang Gapit ini makanan khas Balikpapan dan Samarinda. Di Makassar ada juga yang sebelas-duabelas alias mirip, namanya Pisang Epe’. Tapi bumbunya beda cuy.

Pisang Gapit Balikpapan

Pisang Gapit, alias pisang yg dijepit *Ouch* Yap, pisang dijepit sampe pipih lalu dibaringkan diatas bakaran sampe rata grill mark kedua sisinya. Pisang yang dipake jenis -orang sini bilang- Pisang Sanggar. Varian pisang ini lebih kenyal dan ga blenyek. Dibakarnya pake arang,  just the way it is. Ga pake bumbu macem2 :)

Jangan sangsi dulu dengan rasanya. Semua orang bisa klaim dgn congkak mampu bikin pisang bakar jepit kayak ini, tapi kunci jawabannya kelezatannya ada di guyuran sausnya. Nah, pisang-pisang yg dibakar tadi digunting kecil-kecil terus dimandikan dengan semacam saus karamel bersantan dengan sedikit bonus potongan-potongan nangka. Slurp! =P~

Pisang Gapit Kebun Sayur Balikpapan

Sausnya selalu disiram dalam kondisi hangat, jadi lebih pas kalo makan langsung ditempat. Pisang bakarnya sendiri memang karakteristiknya ga terlalu manis,makanya jadi klop banget kalo dijodohin sama saus karamel yang kalem. Dijamin, pasti order porsi berikutnya B-)

Di Surabaya, Pisang Gapit ini denger punya denger udah ada di Kedai Sabindo, tapi bakarnya pake kompor, bukan arang. Berkuranglah keotentikannya.

Pisang Gapit Kebun Sayur Balikpapan

Tadinya Pisang Gapit langgananku sudah puluhan tahun jualan di belakang Shopping Center di Kebun Sayur. Tapi sekarang berpindah markas ke bagian samping, lebih visible dan cozy.

Initialers, kalo ke Balikpapan.. die die must try: the legendary Pisang Gapit. INIJIE Certified!

Location

Pisang Gapit
Samping swalayan Giant Kebun Sayur Balikpapan

Opening Hour

9am – close (evening)

Price

Pisang Gapit – 7K

Enjoy this article? Get email updates for the hottest topic, FREE!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
36 Comments
  • sakuramochi
    June 3, 2011

    Oow! Bikin lapeeeer

  • Pepy@Indonesia Eats
    June 3, 2011

    jenisnya kayak pisang kepok yah? atau kl disini disebut saba banana

  • Andre Junior
    June 3, 2011

    bungkwosh..!!

  • Rubs
    June 3, 2011

    walah walahh, berkali-kali wara-wiri balikpapan nda cobain yg satu ini. rasa sausnya seperti ada gula jawanya gitu yah?

  • Fenty
    June 3, 2011

    lah aku ke kebun sayur cuma belanja aksesoris thok e, bukannya ke ke pisang gapit :p

    di balikpapan itu aneh, makan pisang goreng kok pake petis, hahaha, pernah aku foto di koprol waktu itu :p

  • Jiewa
    June 3, 2011

    @sakuramochi : aku yg moto aja jd laper sendiri skrg… :P

    @Pepy : hmm.. Sepertinya demikian, kurang pandai dalam analisa jenis pisang :))

    @ndre : kesini aja, makan anget2 manten tenan!

    @Rubs : iya pake gula jawa juga. Wah di Balikpapan banyak perusahaan asing yg beli traktor di kamu ya? :)

    @Fenty : hehe.. Iya sih, aku sih doyan aja makan Sanggar (pisang goreng) pake petis. Hmm, jadi inget tukang gorengan favoritku di blpp sini…

  • Wiellyam
    June 4, 2011

    Enaknya…

  • jumai
    June 4, 2011

    look so gud!!!!!!!!!!

  • Jiewa
    June 4, 2011

    @Obet : indeed it’s very good and unique..

    @Jumai : ke Balikpapan yuuuk.. :)

  • Li
    June 6, 2011

    waaaaa…..kelihatannya ueenaakkkk ko. Tiwas aku melok om-ku pulang bpp kmaren :(…biar isa nyobain…

  • Carlos
    June 6, 2011

    Di Sabindo sekarang juga ada pisang gapit…. Dah nyicipin. Enyak…!!!

  • Jiewa
    June 7, 2011

    @Li : terakhir ke Blpp kapan neng? :D

    @Carlos : ketauan iki artikelnya ga dimoco.. *sensi*

  • kiky
    June 8, 2011

    gado-gadonya di ulas juga dong,ko?

  • Jiewa
    June 8, 2011

    @Kiky : ohh… gado2nya nyaman juga kah? :D

  • kiky
    June 8, 2011

    iya dong ko….hayo nyobain,tar aq traktir….mumpung di bpp….lagian biar aq kesampean ketemu ama IJINIE yang keren…..hehehehe

  • Li
    June 8, 2011

    @Koko Jie: terakhir pulang balikpapan pas zaman aku SMP ko….*maybe 6taon lalu ya???… wkwkwkwk…wahhh…kangenn

  • Jiewa
    June 8, 2011

    @Kiky : hmmm kapan ya… Kalo sempet mungkin tgl 10 malam bisa. Aku sms no hp ke msg FB ya :)

    @Li : kalo 6 taun lalu dibanding skrg udah banyak yg baru lhooo… :)

  • sibair
    June 9, 2011

    kesalahan lihat foto ini pagi2… >.< bikin ngiler…

  • Jiewa
    June 9, 2011

    @Bair : enak juga lho buat sarapan .. #eh

  • Nisa
    June 14, 2011

    ihiiiy, masuk web sini ni pisang gapit. salam dari saya salah satu penggemarnya.. :D HIDUP PISANG GAPIT .