Ada Apa Dengan Semur?

By Saturday, October 22, 2011 5 Permalink
Ada Apa Dengan Semur?
1 (20%) 1 vote

Eh penontoooon… *ini blog apa lenong ye?* Tau ga yang namanya Semur? Itu karakter biru yg lagi tayang di bioskop, eh.. itu Smurf kali cuy *jayuz* Yg mo gw omongin disini ya Semur yang menu lezat khas Nusantara :)

Ceritanya lagi kangen makan Semur, secara dulu waktu masih tinggal sama ortu sering dimasakin hidangan ini. Sambil mengobati rindu, aku cari tau asal muasal Semur ini *INIJIE Ingphestighasii* :))

Thank You Meneer

Dulu, ceritanya menu Semur ini diboyong ama bangsa Londo (Belanda). Para Meneer menyebutnya “Smoor”, lalu kata ini diculik dalam baha Indonesia menjadi “Semur”. Smoor artinya makanan yg dioleh dgn cara direbus pake tomat dan bawang secara perlahan.

Ya namanya orang kita emang kreatif, si Smoor bule itu dimodif dan ditune-up supaya nyetel sama lidah lokal. Guyuran kecap manis menjadikan Semur hidangan beraksen coklat seperti yg kita santap sekarang ini.

Semur dan Nasi Kuning

Seperti layaknya Soto atau Sate yg kesohor dari Sabang sampai Merauke. Semur pun juga banyak variannya di Indonesia. Ada Semur ala Betawi, Ternate, Jawa sampe Samarinda.

Di kampung halamanku tersayang kota Balikpapan, salah satu hidangan jagoannya itu Nasi Kuning. Nah, Nasi Kuning khas Balikpapan biasanya pake Semur Daging. Gak cuma daging, komplit juga pake kentang plus telurnya. Ah, dua elemen terakhir ini favorit gw, apalagi kalo bumbunya sudah merasuk sampe kedalam. HMMM! =P~

Semur as Identity

Denger punya denger, setelah Batik udah gol di UNESCO sebagai salah satu Cultural Heritage asli Indonesia, sekarang ada misi supaya Semur juga masuk sebagai identitas bangsa. Gw dukung, jangan sampe kalah gesit sama si tetangga lah..

Cerita cerita soal Semur ini bikin gw ngiler. Besok gw mo hunting masakan Semur di Surabaya ah. Initialers ada yg punya referensi Semur yg haujek sencingping? Please do share.. :)

FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
5 Comments
  • deteksi
    October 22, 2011

    woks.. direbus secara perlahan itu maksudnye pegimane pak inijie? xixixix… kesetrum betawian..

    kalo ane gak begitu doyan sih dengan daging jemek begini, mending sekalian dikasih kuah banjir, macem gule ato soto.. lebih segeerrrr…

    *mulai netes*

  • Neni
    October 22, 2011

    Semur lidah di lincafe TP enak tuh

  • tobz
    October 23, 2011

    bos, semur lidah tuh enak mantap !! jadi pengen, kalo masakan mama sih semur ayam biasa + suun + kembang tahu, itu juga haujek :D

  • Jauhari
    November 1, 2011

    Kok gambare kok nyegeri

  • naspard
    May 20, 2014

    Loh itu semur aslinya, setahu aku semur itu tahu berkuah coklat ayam berwarna coklat dsb. uwo salah presepsi dadine -_-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *