Ketoprak Jakarta ‘Mang Ucup’ – Walikota Mustajab (Updated)

By Tuesday, January 31, 2012 27 Permalink
Rate this post

Ketoprak, kalo buat orang Jawa itu sih seni pertunjukan sandiwara diatas panggung. Tapi buat orang Jakarta, Ketoprak itu makanan. Di Surabaya makanan ini ga umum, tapi mulai populer berkat Warung Ketoprak Mang Ucup.

Ketoprak memang unik. Bukan Gado-Gado, bukan Rujak Cingur, bukan Pecel, bukan Tahu Telor. Cara meramunya juga beda. Kalo ada pelanggan dateng, bumbu kacang dan bawang putih (plus cabe kalo minta peudeus) diulek diatas piring yg bakal disuguhkan ke tamu -ga takut kebelah tuh ya piringnya :P

Jalan Ketabang Kali naik daun karena ada 3 kuliner: Pecel Hj. Boeyatin, Bakso Ketabang Kali sama Ketoprak Mang Ucup. Jalan ini cozy, adem karena banyak pohon. Kalo lewat sini pasti rame mobil parkir pada mau beribadah kuliner.
UPDATED : Lokasinya ternyata sudah pindah ke Walikota Mustajab/Ondomohen. Thx updatenya @eLYudith & @cakilcakil

Sepiring Ketoprak Mang Ucup dipatok 9K, termasuk kantong-friendly. Pegawe disini sigap, tiap ada tamu dateng langsung diinterogasi mau pesen apa. Pesenan jg cepet dateng, mata silap main BB bentar, eh udah nongol tu ketoprak di meja berikut teh botol pasangannya.

Ketoprak Jakarta Mang Ucup - Ketabang Kali

Seporsi Ketoprak berisi elemen lontong, tahu, toge, bihun, ketimun, telor setengah iris biar sehat plus taburan bawang goreng. Nah, bumbu kacangnya bukan disiram, tapi sudah ambil spot duluan dibagian dasar piring. Segerombolan krupuk nangkring di pinggir piring :)

Ingredientnya semua seger. Secara semua bahannya umum, yang spesial sih emang bumbu kacangnya, nutty dan kentalnya pas ga bikin eneg. Bumbu ketoprak ini lebih light daripada bumbu kacang ala Rujak Cingur.

Secara porsi juga sakses meninabobokan Anaconda di perut :P Oya, soal rasa gw no clue ini masih ori atau udah disetel supaya cocok sama lidah Surabaya. Secara belum pernah makan yg otentik di Betawi sih.

Selain Ketoprak, aku perhatiin para kastemer juga pada pesen Siomay Bandung sama bungkusin Asinan Sayur. Maybe next time gw mau coba juga. Soal tempat emang terbatas, apalagi kalo pas jam makan, mesti sabar nunggu. Worth the patience :)

Location

Ketoprak Jakarta Mang Ucup
Jl. Ketabang Kali No. 45, Surabaya
Phone : 031-70950197

Updated, the location is moving to this current place:
Walikota Mustajab No. 37 (Cek Foursquare)
Barata Jaya 106
Surabaya

Price

Ketoprak Jakarta – 9K
Siomay Bandung – 9K
Asinan Sayur – 8K

FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
27 Comments
  • Petz
    January 31, 2012

    ada cabang ga ya? *lupa2 inget pernah liat cabangnya di sekitaran Surabaya Barat

  • honeylizious
    January 31, 2012

    lafaaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrr

  • opek rakhman
    January 31, 2012

    Ketoprak mang ucup sing nang ketabang kali iku wis pindah masbro, pindah ke jl. Walikota Mustajab… CMIW

  • Jiewa
    January 31, 2012

    @Petz : Ada cabang dulu di Lontar, pernah makan sekali disana.. wis tutup rasane..

    @honeylizious : same here.. not having lunch yet.. :(

    @opek rakhman : bener, udah pindah.. tuh dah di update diatas :)
    Aku makan disini mas masih di Ketabang Kali (di sana pun pernah geser satu kali ya kalo ga salah)

  • Liburan Murah
    January 31, 2012

    Cabang Lontar dah tutup, huhuhuhu… Enak padahal.. :(

  • nora
    January 31, 2012

    ondomohen? tetangaan ma sate klopo dong. kudu coba kesana nih.

  • makanmasak
    January 31, 2012

    mmhh, mampir deh ntar, pngen ketoprak neh,

  • walank ergea
    February 1, 2012

    Enakan rujak cingur kalo menurutku, hehe.. Sedep petisnya tu loh mak blerr…di Bogor ada rujak cingur khas sby yang uenaaak tenan Jie…

  • azizhadi
    February 2, 2012

    Oke, langsung menuju ke ketabang kali, dulu tempat ini banyak yg jualan baju, eh sekarang malah banyak yg jualan makanan, hehe, lama tidak menengok kesana..

    terima kasih mas Jiewa, ayo kopdar bareng TPC :D

  • pupung
    February 3, 2012

    duh, beneran lg ngidam ketoprak ni. selama pindah ke surabaya belum pernah nemu. *slurp*

  • aL.aL
    February 5, 2012

    Tiap kali lewat ondomohen mesti kpengen makan ini.
    Yg jd masalah tu lahan parkir yg sempit dan awut2an. Groarrr >:O
    Btw, selama ini aku kalo makan ketoprak di Ikan Bakar Kediri jln Dharmawangsa. Lumayan jg sih
    Hehe

  • Soedarsono
    February 8, 2012

    asinan e ga enak… asinan paling wuenak itu asinan bu isye tapi adanya d jakarta doank… so sad… :(

  • AJ
    February 11, 2012

    Jie, rasanya itu udah di setel sama lidah orang suroboyo. Kenapa? Berikut analisa-nya :-P
    1) Mustine ketoprak itu ngga ada telor rebusnya
    2) Ketoprak itu kodratnya manis (pake gula jawa n kecap manis yg melimpah) nah, dari sinilah kecurigaan gue sudah disetel ke lidah suroboyo, karena kalau manis gak mungkin rame, selera wong suroboyo itu lebih condong asin, bukan manis.
    Mohon maaf kalo sok tahu hue hehe. Nanti kapan2 ke surabaya gue nyoba, baru kasih komen lagi :-P

  • AJ
    February 11, 2012

    Jie, rasanya itu udah di setel sama lidah orang suroboyo. Kenapa? Berikut analisa-nya :-P
    1) Mustine ketoprak itu ngga ada telor rebusnya
    2) Ketoprak itu kodratnya manis (pake gula jawa n kecap manis yg melimpah) nah, dari sinilah kecurigaan gue sudah disetel ke lidah suroboyo, karena kalau manis gak mungkin rame, selera wong suroboyo itu lebih condong asin, bukan manis.
    Mohon maaf kalo sok tahu hue hehe. Nanti kapan2 ke surabaya gue nyoba, baru bisa kasih komen yg valid :-P

  • hendra
    February 14, 2012

    IMO, rasanya masih relatif otentik. Cuman emang ada variasi tambahan separuh telor rebus ama emping.

    Rasanya manis? itu mah selera, yang pasti emang ketoprak beda banget ama tahu tek, tanpa petis dan pakemnya setelah bihun dikecapin. Cuma emang di mang ucup tipis banget kecapnya.

    overall variasinya masih belum merusak rasa.
    Kalo di malang ada tuh jualan ketoprak ditambahin telor ceplok, agak2 aneh.

  • slengekan
    March 10, 2012

    se7 dgn bro AJ, uda “turun” sedikit otentik-nya (dgn pake telor, kurang kecap manis, dll).
    pernah nyoba mang ucup ini, tahu-nya pake tahu putih, mestinya tahu kuning. tapi overall emang paling mendekati buat tombo kangen org2 jkt yg lg merantau di sini. oya, itu bukan lontong (harusnya), tapi ketupat :-)

  • kang didit
    March 26, 2012

    Ketoprak mang ucup ada di daerah bratang. Lokasinya pojokan setelah jembatan ngagel. Dekat dengan narita

  • Kreasi Marie
    May 14, 2012

    Reportase kuliner yang asik Koko Jiewa ^^

  • oza
    May 21, 2012

    itu bukan ketoprak jakarta, tapi ketoprak bandung! kenapa? ada ketimun & telor rebus, kecapnya gak keliatan, bumbu kacangnya encer.

    ketoprak otentik banyak kecapnya, bihunnya banyak, bumbu kacangnya dicairin di tempat (karena udah pre-ulek), dan tentu saja tanpa ketimun & telor rebus yang malah bikin aneh rasa

    #jadilaper

  • rudii
    June 29, 2013

    kagak enak neh, krupuk2nya mlempem ..
    sudah coba saya kirain enak , kecewa..

  • Sugiono Sadji
    August 17, 2013

    GOOD NASIONALY PRODUCT………VERY DELICIOS.

  • Cak Hananto
    May 12, 2014

    Klo gak salah yg di Bratang (setelah hotel Narita) udah tutup. Kapan itu saya liat kiosnya ada tulisan “dikontrakkan”.

  • Jiewa
    May 12, 2014

    @Cak Hananto : sepertinya demikian. Langkah yang paling riskan adalah ketika menutup outlet yg di jalan Ketabang Kali, pindah ke Ondomohen dan buka lagi di Ketabang Kali. Kehilangan momen… *maaf kalo dibaca ownernya*

  • abdi
    May 13, 2014

    oh jadi tampilan ketoprak surabaya tuh begini. kirain mirip karedok gitu. kayaknya enak. hehe

  • Bram Struggle
    October 8, 2014

    makanan istirahat pas SMP SMA nih, enak murah meriah dan yg pastinya kenyaangg

  • Mas Adi Nugraha
    March 18, 2016

    Gado2 asli jakarta juga bumbunya dibikin dadakan. Bukan disiram kaya disini.

    Bikinnya sama kaya ketoprak cuma beda gado2 lebih banyak sayurnya.

  • Herawati Susana
    April 1, 2016

    Wahh ntar ini yg aku cari. Ketoprak. Uenak rekk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *