Hakata Ikkousha – Wisata Lidah ke Jepang Via Ramen

Kalo (dulu) pas liat serian Jepang, kayaknya seru banget gitu liat artis2nya yg cantik2 nyeruput Ramen. Tapi kalo ke Jepang kayaknya masih angan2 deh *cek saldo* Untungnya skrg udah tren restoran yg menyediakan artis eh.. Ramen di Indonesia.

Ramen Hakata Ikkousha Surabaya

Siapa yg ga pernah denger Hakata Ikkousha. Waktu buka cabang di Surabaya, buset.. Instagram ku langsung banjir foto2 mangkuk Ramen dengan tamago-nya yg menggetarkan iman itu. Pernah mencicipinya?

Irrashaimase!

So far sudah ada 2 outlet, di HR Muhammad & Manyar Kertoarjo. Blok Barat & Blok Timur, your choice.  Tipikal resto Jepang pada umumnya, kalau masuk langsung seluruh waiternya kompak mengucap salam; Irrashaimase! Yang artinya selamat datang, selamat berbelanja.

Ramen Hakata Ikkousha Surabaya-001

Ramen Hakata Ikkousha Surabaya-001b

Basisnya, Ramen Hakata Ikkousha ada yang chicken dan pork, baik kuah maupun toppingnya. Bisa gw bilang, dari karakter kuah cocok banget sama lidah Surabaya. Kuah kaldunya kental, ‘medhok’ poll

Yang Ramen Ayam Tam Tam misalnya, meskipun Chicken tapi kaldunya juga ‘tebal’. Diet? What diet?! Kalo masuk Hakata, kayaknya jangan ngajak Personal Trainer Gym kamu deh.

Ramen Ayam Tam Tam - Hakata Ikkousha

Semangkuk Ramen Ayam Tam Tam ini selain kuah kaldu ayamnya yg oily *well itu yg bikin gurih*, topping irisan ayam yg empuk, daging cincang tam tam dengan minyak yg spicy plusss.. tamago-nya yg perfect setengah matang.

Chicken Tam Tam Ramen - Ramen Ayam Tam Tam - Hakata Ikkousha

Noodle-nya sendiri ada pilihan yg kecil, tebal dan keriting. Tapi gw senang yg mie kecil. Kenyalnya pas dan sruputable. Sampai suapan terakhir gak blenyek.

Nah, sekarang yang versi pork. {Teman2 yg muslim bisa klik untuk skip}. Ramen Babi Spesial cocok kalo buat kamu yg ga bisa deket2 sama senyawa spicy. Kurang lebih sama hanya saja diberi topping Chasu pork yang bagian dagingnya empuk dan fatiness-nya melts in your mouth.

Pork Ramen - Ramen Babi Spesial - Hakata Ikkousha

Tentu kuah atau brothnya lebih fatty dibanding yang Chicken. Tapi jangan menyerah sampai disana sobatt! *halahh* Temen gw si Carlos paling demen kalo kuahnya diperkaya dengan bawang putih. Monggo di squeeze dengan gadget khusus berteknologi Voice Activated, alias tinggal njaluk diperesin Carlos wkwkwk..

Pork Ramen - Ramen Babi Spesial - Hakata Ikkousha

Garlic - Hakata Ikkousha

Buat yang ga demen kuah medok, memang bisa aja mabuk eneg. Makanya untuk menu alternatif lain bisa banting setir sendok ke menu Curry Rice Ikkousha. Apalagi buat perut Indonesia yang katanya ‘belum makan kalo ga ngunyah nasi’.

Curry Rice - Hakata Ikkousha

Saus karinya jangan dibayangkan strong seperti kari India atau Indonesia ya. Walaupun kental namun karakter karinya lebih soft, dipadu dengan beef yang empuk dan wortel yang manis.

Tapi Jie, masa ke resto Ramen tapi ga makan Ramen. Ya udah, Jie rekomendasiin yang lain… *bolak-balik buku menu* Voila! Kalo yg suka kuah yg relatif lebih light, bisa coba yang kuah Shoyu dengan Katsuobushi sebagai bahan utamanya.

Chicken Ramen - Ramen Ayam Shoyu - Hakata Ikkousha

FYI, Katsuobushi itu ikan skipjack tuna kering yang kemudian diserut kemudian biasanya dipake buat taburan makanan atau dimasak kuah. Rasanya gurih, salty dan fishy yang unique. Kalo Carlos bilang, taste signature khas Jepang.

Ajitsuke Tamago - Hakata Ikkousha

*Ajitsuke Tamago / Japanese Half Boiled Eggs*

Overall, pelayan cepat, very well organized. Selama ini, pesanan gw belum pernah missed. Price dan taste-wise memang bukan jenis makanan yang kita bisa dikonsumsi sehari-hari.. tapi selalu bikin lidah gw kangen buat balik lagi.. dan lagi.

 

Your food curator,

 

 

J. 

Hakata Ikkousha

Jl. HR Muhammad No. 177D
Jl. Manyar Kertoarjo Raya No. 38
Surabaya

Jakarta Branches:

  • Rukan Cluster Garden House Blok A No.1,2,3 & 5, Bukit Golf Mediterania. North Jakarta. Phone +62 21 29033271
  • Jl. Boulevard Raya Blok WA 2 / No. 19-20, Kelapa Gading. North Jakarta. Phone +62 21 4530445
  • Jl. CBD lot 3,  Gading Serpong Paramount.  Tangerang. Phone  +62 21 2900 1178

Opening Hours

10.30 am-10.00 pm

Price

Ramen Ayam Tam Tam  – IDR 58K
Ramen Babi Spesial – IDR 56K
Curry Rice Ikkousha – IDR 48K
+ Topping Chicken Katsu – IDR 20K

Enjoy this article? Get email updates for the hottest topic, FREE!

* indicates required

I won't spam, promise :)


26 thoughts on “Hakata Ikkousha – Wisata Lidah ke Jepang Via Ramen

  1. Jiewa Post author

    @galihsatria : both chicken & pork sama2 haujek

    @Leo : review sanaa.. jangan sampe keduluan tetangga #eh

  2. Andrew

    Steak babi pun lmyn,cmn harus dimakan ama nasi, klo ga..terlalu asin & tidak sebesar di menu nya hehehe

  3. fandy malonda

    @Budiono, bukan bud, kalo yg sebelum KFC itu lain lagi, kalo Ikousha itu sebelumnya restoran bubur yung ho, sebrang nya bank Commonwealth =)

  4. Zoi Huang

    Bedanya ama Jepang, di Jepang ngirit waiter/waitress..jadi kalo ada customer yg datang ato pulang, yg teriak sedikit aja.
    Kalo di sby, ya illah…waiter ama waitress nya lebih banyak dari customernya, tiap tamu keluar masuk yang teriak orang sekesebelasan…ribut pol.

    The food is good..tends to be salty…The ocha is too thin, almost no rasa..but can ask for refill.

  5. Roy

    Jadi menu yang recomended apa ya? Sepertinya ada banyak macam ramen dan membingungkan yang hendak menyantapnya…Seingatku dulu saat buka pertama kali di Manyar itu antriannya busyet mengalahkan Kwietiauw Apeng….

  6. Dian

    Barusan aja nyoba!! Langsung buka lagi post ini buat liat menu apa yang recommended, dan berhubung nggak bisa makan pedes sama sekali, ramen babi spesial yang jadi inceran! Uenaaaak. Tapi mungkin lain kali saya pesen yanh kuahnya lebih light aja deh, soalnya pas tinggal beberapa sruputan terakhir sudah mula agak eneg, hehehe. Tapi layak dicoba lagi. Bener sih tapi, menurut komen di bagian atas: pelayannya heboh2! Mau pelanggan masuk atau keluar, greetingsnya minta ampun! Belum ditambah pas mereka kayak teriak yel2 sendiri gitu, bikin geli aja. Tapi boleh lah semangatnya )

  7. ucupishere

    Komen yang agak berbeda dari biasanya: Aku udah nyoba 😋. Kualitas sih oke, sayangnya… Masih belum bisa identik banget sama yang bikinan orang Jepun asli. Yah mungkin karena disesuaikan sama lidah Suroboyoan ya.
    As a comparison: langgananku dulu pas masih tinggal overseas punya racikan kaldu yang lebih thick. Saking pekatnya sampe kalo abis makan, bibir bisa sampe lengket (efek lemak dan kolagen – they said). Dan yang di sana cuma ada versi pork. Memang menurut pengakuan orang Indo di sono, first timer ramen-eater dari Indo biasanya bakal kaget sama ramen model begitu (saya sudah jadi contoh).
    Tapi buat obat kangen, Hakata Ikkousha bolehlah 😋. Not bad at all.

  8. Jiewa Post author

    @Caca : hmm.. Yang Chicken diklaim tanpa pork, namun berasal dari kitchen yg sama. It’s your call..

    @Dion & Fandy : Nah itu dia ancar2nya, Thx ya Fandy

    @Andrew : hoo.. steak ya, aku pernah makan yg bagian pipi, empuk.. tapi geli2 gitu sih makannya *kebayang pipi sendiri*

  9. Jiewa Post author

    @Dian : Huahaha.. kena #INIJIEeffect dong Oh iyaa.. lupa bilang di artikel kalo ada kuah versi light. Biasanya aku ga ruput sampe habis kuahnya..

    @Ucup : Wah belum ke Jepun sana sih bro, jadi belum bisa bilang mana yg otentik. Tapi di Jepang sendiri setahuku tiap daerah ada khas Ramen masing2, ga ada pakem yg 100% benar untuk kuah ramen. Ada daerah yg kuahnya bening, ada yg thick. Mungkin sama dgn Indonesia ya, tiap daerah ada Soto, tiap Soto juga beda2 racikannya..

    @NengBiker : di Malang sudah musim Ramen?

  10. Vendryana

    First visit nih ke blognya kk. Nggak pake pikir panjang, langsung subscribe! Foto-fotonya ya ampun, rasanya pengen sruput laptopku >.<
    Mau cobain yg cabang Jakarta aaah

  11. Moorlife

    Hi Jie, salam kenal.. sdh lama subcribe baru skr komen
    Akhirnya masuk juga ni ramen di review. Tiap kali sehabis makan kepala rasanya teler @_@ saking enaknya (ato efek koleterol ya, haha)
    tp imo utk kuah emg Ikousha tiada duanya, utk mie lbh prefer Sanpachi deh

  12. Jiewa Post author

    @Vendryana : wakakakaka.. ngakak lho aku baca komenmu… Gimana coba bisa seruput laptop *praktekin.. nyangkut di paru2*

    @ucup : ayo kapan2 kita kulineran bareng

    @Moorlife : Lam kenal juga.. *jabat sumpit* Oh kalo Sanpachi aku belum coba *ndeesoo* Thanks ya infonya, next time gw cobain juga..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>