These are 10 Types of Indonesian Foodies on Instagram that You Might not Know Yet!

By Tuesday, December 15, 2015 13 Permalink
These are 10 Types of Indonesian Foodies on Instagram that You Might not Know Yet!
3 (60%) 3 votes

Tiap pagi pas bangun tidur, ritual pertama setelah snooze alarm 10 kali dan bukain chat adalah ngintip Instagram. Entah itu untuk sekadar kepo ngelihat notif followers nambah apa ga *ehhh*, nyari referensi buat lunch, atau nyari tempat nongkrong buat weekend. Biasanya nih bakal berakhir dengan scrolling salah satu akun yang feed instagram-nya isinya portret makanan yang bikin perut langsung teriak; laparrrr! 

 

Type_Indonesian_foodies

 

Orang-orang yang hobinya share foto makanan di Instagram disebut tukang makan foodies. Setiap foodies punya ciri khas saat memotret makanan agar hasil fotonya terlihat lebih menarik, seksi dan bikin mouth-watering *sedia ember*. Oke, mau tau kayak gimana gaya-gaya unik mereka? Inilah tipe-tipe Indonesian foodies di Instagram! 

 

1. The Queen of Selfood


Nah ini biasanya tipe foodies yang pede buat menebar senyum dan menaklukkan jari para followernya untuk melakukan double tap. Wajah mereka yang cantik & cakep selalu nyempil bareng foto makanan. Sebagai hybrid anak fashion dan foodies, mereka selalu tampil cantique di depan kamera. Nah bingung kan mau fokus ke modelnya atau makanannya? ;)

 

2. Cook is Life


Yang doyan masak atau bergelut di dapur bakal masuk tipe yang kedua ini. Tentu isi instagramnya adalah makanan, minuman, cake, atau apapun hasil buatannya sendiri di rumah. Tipe yang ini selalu suka pamer hasil masakannya setiap kelar bereksperimen di dapur. Everything looks delicious. Bikin penasaran gimana rasa aslinya.

 

3. A Coffee Person


Foodies tipe yang ini, dalam setiap fotonya yang di-upload, selalu ada secangkir kopi dengan latte art yang cakep yang terselip diantara banyaknya hidangan di meja. Sepertinya sih, kopi jadi bagian yang penting di hidupnya. Emang ga pernah minum air putih apa ya? Mungkin limbung kalau minum air putih. Hehe.

 

4. The Prince of Flat Lay


Flat lay adalah tekhnik fotografi di mana fotonya diambil dari atas. Didominasi oleh tone warna biru yang kalem yang bikin mood galau meningkat kalau kepoin foodies tipe ini. Plus bikin laper juga. Kalau ngefoto dari atas kayak gitu, pake kursi apa minjem tangga dulu nih? *sewa drone*

 

5. Zoomy Yummy


Makanan yang difoto dari jarak deket memang menggoda nafsu makan. Bumbu oily yang terlihat jelas karena di-zoom bikin gw pengen langsung otw ke resto buat ngisi perut. Tipe kayak gini biasanya dosanya paling banyak karena turut menggagalkan diet masyarakat.

 

6. Simplicity is Beautiful


Indonesian cuisine juga bisa cakep! Kesederhanaan dari makanan lokal yang ditata dengan apik menjadi ciri khas dari foodies yang punya tipe seperti ini. Krupuk aja bisa jadi indah kayak gini. Jadi pengen nyobain juga di rumah. Pasti abis ngefoto, krupuknya mlempem. *kelamaan motoin*

 

7. Minimalist


Ga perlu ribet pake properti apapun saat memotret. Hanya sesederhana mungkin dan hasilnya uda kece kayak gitu gaes. Tipe yang ini motretnya pas tanggal tua dan pas lagi miskin-miskinnya, hampir sama lah kayak tipe nomor 6. Kalau baru gajian biasanya fotonya jadi tipe flat lay di restoran gitu.

 

8. Hands-in-Frame Addict


Menyelipkan tangan saat ngefoto makanan konon agar foto makanan bisa terlihat lebih humanis dan menarik, seperti ngasih kesan bahwa makanannya akan segera dimakan saat itu juga gaes. Tapi kalau menurut analisa ngawur gw sih, tipe foodies yang gini adalah foodies yang kelamaan ngefoto padahal temennya uda kelaperan. Jadi ya udah, selagi temennya comotin makanan, si foodies ini tetep ngefoto. *joke, Jack*

 

9. Shadow Play


Ini ceritanya ngefoto makanan pas ada cipratan cahaya maupun bayangan-bayangan yang apik banget buat diabadikan. Dulu #shadowplay sangat populer di kalangan umat instagram. Tipe foodies yang ini bisa ditemukan saat pagi dan sore hari di dekat jendela.

 

10. Travel Junkies


Biasanya kalau lagi liburan, standart pamernya adalah ngefoto paha dan air laut yang biru ngejreng sebagai backgroundnya. Tapi yang ini beda gaes. Tipe ini adalah tukang makan yang doyan banget jalan-jalan. Selagi makan, tetep ngefoto makanannya sambil menunjukkan dia lagi di mana.

 

Overall itu semua tipe-tipe foodies di Instagram. Kalau kamu sendiri termasuk tipe yang mana?

 

Always delicious.

 

 

J.

 

 

FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
13 Comments
  • dWi
    October 13, 2015

    Termasuk tipe mood2an alias moody hahaha ketauan yak kalo foodies abal2, flat lay ini jd semacam over mainstream yak….overall suka yg minimalis aja enak diliatnya gk berat jiga dimata dan di dompet sptnya *oooops

  • Jack Putera
    December 15, 2015

    Kenapa ada gue disana! hahahahahhaa nice analysis btw :)

  • volareamanda
    December 15, 2015

    Kalo tipikal asiknya rame-rame ga ada ya ko? Yang foto makanannya difoto satu-satu trus digabungin dalam grid. hahaha..

    • Kenny
      December 21, 2015

      Itu tipikal selfie uda meraambah ke makanan juga toh? :D

  • san_san
    December 16, 2015

    Tipe pelupa : makanan sudah habis baru ingat belum difoto. (atau bisa juga disebut tipe rakus) heheheheh

    • Kenny
      December 21, 2015

      Iya bro biasanya karena saking lapernya, :D

  • Tia putri
    December 18, 2015

    tulisan tentang “tipe-tipe’ begini agak nyinyir-nyinyir gimanaaa gitu, tapi asli bener bangetss… hahaha… klo gw sekarang lagi seneng tipe The Prince of Flat Lay, meskipun yang difoto masakan sendiri plus gak IG-able-IG-able amat #ribetbahasanya.

    • Kenny
      December 21, 2015

      Nyinyirin diri sendiri juga ini :D wah bakal lebih oke juga kalau sekalian ditata cantique biar bisa pamerin di IG (((PAMER))))

  • Gema Barlian
    December 19, 2015

    suka banget sama fotonya Ko Jie!!

  • Vicky Laurentina
    December 19, 2015

    Gw masuk tipe Food is Life!

    Buat gw, makanan itu jadi nggak istimewa lagi kalau gw bisa bikin sendiri. Saking khusyuknya gw menikmati proses memasak gw, gwvseringkali diomelin suami gw yang udah kelaperan gegara gw terlalu lama plating-nya. Padahal gw plating dengan detail kan supaya bagus kalo difoto..

    • Kenny
      December 21, 2015

      Abis platting tetep difoto juga ga? :D

  • mutiara
    December 29, 2015

    Judulnya keren, tulisan juga keren, sayang pke bahasa indonesia. Coba pke bhasa inggris biar bule – bule pada tau juga :D

  • Wid
    February 6, 2016

    Kayaknya saya masuk dalam kategori yang no 5 deh, pengennya hasil jepretan jelas dan besar :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *