Daeng Rewa: Menuntaskan Rindu Pada Sajian Kuliner Asli Makassar

By Friday, February 26, 2016 6 Permalink
Daeng Rewa: Menuntaskan Rindu Pada Sajian Kuliner Asli Makassar
2 (40%) 5 votes

Memang bener katanya, kalau mau coba makanan khas suatu daerah, harus coba ke depot yang penjualnya asli dari daerah tersebut. Biar ga ketipu sama citarasa aslinya karena peracik kulinernya pasti menciptakan hasil karya yang sesuai dengan rumah asalnya.

 

Daeng Rewa Coto Sop Konro Pisang Ijo (5)

 

Daeng Rewa, depot yang menyediakan aneka kuliner khas Makassar ini jadi tempat yang gw tuju. Gw ga pernah meremehkan makanan Makassar karena berdasarkan pengalaman, jenis masakannya cocok dengan lidah Suroboyan. Emang di Daeng Rewa ini ada apanya sih?

 

Daeng Rewa Coto Sop Konro Pisang Ijo (3)

 

Pasti sudah familiar dengan makanan yang berkuah dengan mangkok khas ini. Coto Makassar di Daeng Rewa, bahkan jadi oase bagi para pelancong asal Indonesia Timur untuk mampir mencicipi sajian ala rumahan. Terlihat bumbu-bumbu yang mengendap ketika kuahnya diaduk, kuah gurihnya yang melimpah, meresap sedap hingga ke layer daging paling dalam. Untuk lauknya gw milih yang versi campur, daging dan jeroan jadi harta karun yang nongol ketika mulai disantap. Buras dan ketupat pun disodorkan sebagai karbo yang dihidangkan sedap.

 

Daeng Rewa Coto Sop Konro Pisang Ijo (8)

 

Tulang belulang yang show off di semangkok Sop Konro, bikin gw melirik sadis menu yang dipenuhi dengan daging Iga. Sekilas warnanya mirip dengan rawon, namun punya tekstur yang lebih padat oleh bumbu-bumbu halus di dalamnya. Salty dan savory-nya melaju kasar di lidah. Terlihat suwiran-suwiran daging dan lemak kecil, pertanda jika si Iga ini dimasak dalam waktu yang lama *lupa kolesterol*  Kalau pesan Sop Konro, wajib dinikmati selagi hangat, karena kalau kelamaan difoto, bakal dingin dan muncul lemak yang berubah jadi gumpalan-gumpalan putih.

 

Daeng Rewa Coto Sop Konro Pisang Ijo (6)

 

Belum afdol kalau ga cobain Es Pisang Ijo. Pisang yang dibalut dengan lapisan tepung berwarna hijau, disandingkan dengan es serut, olahan tepung beras, juga kuah santan yang manis. Harus mengerahkan otot-otot rahang untuk melahap balutan pisang yang sizenya cukup gede ini, namun diakhiri dengan gigitan enteng karena teksturnya yang lembut. Manisnya kuah santan makin bikin seger, cukup untuk membasuh jiwa mulut yang penuh sisa kuah berlemak dari menu sebelumnya.

 

Daeng Rewa Coto Sop Konro Pisang Ijo

 

Overall gw suka dengan kuliner asli daerah Makassar yang terletak di Surabaya Timur ini. Rasa kuah yang nonjok, bikin gw ga sadar sudah menghabiskan beberapa ketupat. Mungkin bakal datang lagi kalau lagi kangen hidangan spesial ini. Kalau kalian, ketagihan kulineran asli daerah mana?

 

Always delicious,

 

 

 

J.

 

Daeng Rewa

Ruko Manyar Kertoadi 81E
Surabaya

 

Opening Hours

09.00 – 21.00

 

Pricelist

Coto Makassar – 24k
Sop Konro – 45k
Buras/Ketupat – 3k
Es Pisang Ijo – 15k

 

 

 

FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *