Nasi Babat Madura ‘Gosyen’ Dukuh Kupang – Primadona Jeroan

By Friday, June 2, 2017 4 Permalink
Nasi Babat Madura ‘Gosyen’ Dukuh Kupang – Primadona Jeroan
5 (100%) 1 vote

Ini nih primadona yang sering nongol menggugah selera di Instagram. Yap, Nasi Babat Madura. Buat kamu yang baru pertama kali lihat pasti penasaran. Makanan apa lagi ini? Nasi Babat Madura ini simpelnya adalah nasi pake babat goreng dibumbu a la Madura, agak asin gurih gitu. Namanya Nasi Babat tapi bukan berarti cuman ada babat goreng aja loh, gaes. It’s babat and the gang. Yup, aneka jeroan juga ada: babat, paru, limpa, usus, yang sebelumnya di-marinate cukup lama dengan bumbu, semua dicampur dan digoreng agak kering.

 

Nasi Babat Madura Gosyen Dukuh Kupang-001-2

 

Daripada ngiler akhirnya aku tanya sana sini tempat mana yang paling oke buat nyobain Nasi Babat Madura ini. Dan jawabannya ada di daerah Dukuh Kupang. Tepatnya di sebelah Sekolah Gosyen, Raya Dukuh Kupang Barat nomor 25. Makanya warung ini sering dijuluki “Nasi Babat Gosyen” atau “Nasi Babat Dukuh Kupang”.

 

Bagi yang belum familiar, cara nyarinya mudah kok. Lokasinya di lapangan parkir tepat di samping sekolah Gosyen. Di mana ada makanan di situ ada gue keramaian, dan itu berlaku juga buat warung tenda Nasi Babat Madura ini. Setiap pagi kamu bakal menemukan gerobak plus tenda semi permanen warna biru yang penuh dengan antrian pembeli yang menyerbu tanda tangan lezatnya Nasi Babat dan kawan-kawannya.

 

Nasi Babat Madura Gosyen Dukuh Kupang-005

 

Selain disambut dengan kerumunan pelanggan yang mengantri, entah sekadar makan di tempat maupun menunggu bungkusannya, kamu juga bakal disambut dengan meriahnya suara jeroan-jeroan digoreng di wajan berisi minyak panas. Di sini kamu kudu sabar dan setia mengulangi pesananmu, karena kalau engga Ibu dan Bapak penjualnya bakal melayani yang lain. Sakitnya ditikung :(

 

Jangan kaget ketika kamu nantinya mendengar pelanggan meminta lima, sepuluh, hingga dua puluh bungkus sekali pesan. Buset dah.. doyan apa kalaaap? Hehe..

 

Nasi Babat Madura Gosyen Dukuh Kupang-004 Nasi Babat Madura Gosyen Dukuh Kupang-007

 

Setelah cukup lama di-setrap ala upacara, akhirnya pesananku datang juga. Sepiring Nasi Babat Campur dengan serundeng dan sambal yang nangkring indah di atas nasi yang menggunung. Ditemani segelas Es Teh dan sebungkus kerupuk yang menggantung indah di belakang gerobak, semilir angin menambah kesyahduan sajian Nasi Babat Campur.

 

Untuk rasa, Nasi Babat Gosyen ini juara loh. Jeroan goreng kan biasanya alot jika pengolahannya kurang tepat. D warung ini malah empuk lho. Lauk pauknya mudah dipotong dengan sendok bahkan digigit. Rasanya asinnya juga engga nusuk. Asin-Asin gurih a la olahan Madura yang pas banget di lidah orang Surabaya. Plus sambel dan serundengnya juara dan ternyata memang cocok banget jadi padu padan jeroan goreng. Emang worth to wait kok *kayak kamu* Nunggu lama pun ga masalah karena capekmu bakal terbayar dengan sepiring kelezatan.

 

Nasi Babat Madura Gosyen Dukuh Kupang-008

 

Oh ya, bagi kamu yang hobi makan langsung pake tangan kosong, di sini selalu disediakan kobokan air bersih. Ga perlu minta langsung dikasih bersamaan dengan datangnya Es Teh.

 

Menurut kabar burung yang beredar, Nasi Babat Gosyen buka mulai dari jam 6.30 pagi hingga habis. Jika kamu datang pagi dan beruntung, kamu bisa memesan Empal Goreng yang disediakan terbatas. Dan kabarnya, harga Nasi Babat Dukuh Kupang ini adalah yang paling murah di antara scene Nasi Babat Madura yang ada di Surabaya, cuma 15 ribu seporsi, udah dapat nasi lengkap dengan lauk jeroan campur plus serundeng dan sambal dengan porsi dermawan. Harga Es Tehnya pun seharga harga Es Teh di warung pada umumnya, 3 ribu rupiah, sungguh murmer buat nambah kesegaran pagi harimu. Makan seporsi ga bakal bikin dompetmu menjerit kok, gaes.

 

Tapi proses bayarnya pun antri. Tapi kalo sabar, kamu bakal dipanggil ‘sayang’ sama Ibu penjualnya. Kapan lagi dipanggil sayang pagi-pagi setelah kenyang sarapan Nasi Babat Madura. Double happiness! Haha..

 

Oh ya, jangan lupa banyak-banyakin minum air putih setelah makan Nasi Babat ini, karena emang menu nasi dan lauk yang digoreng bakal bikin kamu gampang haus. Dan buat yang punya kolesterol atau yang lagi jaga berat badan, jangan sering-sering khilaf disini. Nah, udah cobain belum Nasi Babat Madura Gosyen ini? Share di sini yah, sayangg.. *eh* :)

 

Always delicious,

 

 

J.

 

 

FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
4 Comments
  • Arri Surjono
    June 3, 2017

    I am not living in Sby. But lots of friends enjoy the info on culinary of Surabaya. So I upload for the. Regards

  • Kang Roti
    July 27, 2017

    Enak sih cuma, makan jeroan bahanyanya kolesterol

  • alat pemadam api
    August 7, 2017

    waduh kk info ini sangat membangun daerah dan pedagang kecil. sangat membantu

  • putri
    September 28, 2017

    Warung Pak Gopar di Darmo Permai juga oke lo bang…
    Ada instagram juga gak ya???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *