Yuk Bangun Negeri Lewat Gerakan #BukuUntukIndonesia!

By Sunday, June 4, 2017 8 Permalink
Rate this post

Gegara hobi baca buku dari kecil, aku jadi tergerak buat terus memikirkan inovasi yang sekarang ini aku perlukan banget ketika aku bergerak di industriy kreatif, khususnya food photography. Ada satu momen yang memorable banget buat aku. Jujur, dulu pas kecil aku super malas. Di sekolah aku langganan rangking urutan buncit *malu*

 

Suatu hari, aku iseng baca buku biografi Thomas Alva Edison yang tergeletak di meja perpustakaan. Ini momen yang mengubah mindsetku. Lewat beliau lah aku belajar bahwa meskipun sudah dianugerahi kecerdasan, beliau gak menjadikan itu alasan untuk bermalas-malasan. Bahkan, beliau harus mempelajari apa yang dimulai hingga tuntas. Makanya Edison bisa punya banyak 1093 hak paten sampai 1093 jumlahnya, salah satunya penemuan lampu yang revolusioner. Semangat, inspirasi, dan pelajaran inilah yang bikin aku ikutan gak kenal lelah untuk terus belajar, berkarya dan makin rajin baca buku tentunya.

 

Jie Ivanna Orchard Library

 

Literasi itu penting gaes, ini salah satu faktor penentu kemajuan negara lho. Tapi sayangnya masih banyak yang anggap remeh. Bahkan membaca bukan dijadikan sebagai budaya, melainkan cuma dikategorikan hobi atau selingan. Ini nih yang bikin rendahnya minat baca di Indonesia. Sebagai negara berkembang, harusnya dari tahun ke tahun Indonesia mengalami perkembangan yang #LebihBaik di berbagai aspek. Tapi jadi terhambat gegara nilai literasi rata-rata yang terus menurun.

 

12790_30573_mini perpustakaan

Credit: JawaPos

Semakin menurunnya minat baca buku ini juga dibarengi dengan keterbatasan akses buku yang ternyata masih banyak dialami oleh anak-anak di wilayah pelosok dan pedesaan. Banyaknya titik yang belum dijangkau akses buku yang mudah bahkan gratis untuk dibaca ini membuat makin rendahnya minat baca yang nantinya bakal berdampak buruk untuk masa depan anak-anak Indonesia lho. Mulai dari mandeknya perkembangan imajinasi anak, kemampuan berpikir kritis sampai efek jangka panjang terburuknya adalah lahirnya generasi serba instan *ouch*

 

BCA Buku Untuk Indonesia

 

Sebagai penghobi buku, aku juga jadi resah nih dengan kurangnya minat membaca anak-anak Indonesia. Karena kalau nantinya banyak yang gak hobi baca, generasi penerus kita bakalan kekurangan ‘umpan’ inspirasi dan kreatifitas. Lagi kepikiran untuk nyumbang buku-buku buat anak-anak, eh pas banget ada gerakan Buku Untuk Indonesia yang diadain oleh BCA. Kenapa kita harus ikutan? Gerakan ini mengajak kita bareng-bareng buat berkontribusi lewat gerakan #BukuUntukIndonesia. Ini wujud kepedulian terkecil kita yaitu dengan berbagi buku dengan anak-anak Indonesia di daerah yang masih belum kesulitan mengakses buku. Lewat gerakan ini, BCA membuka kesempatan buat kita-kita berpartisipasi dengan cara yang gampang banget, gaes.

 

Web BCA Buku Untuk Indonesia

 

Mau ikutan? Cukup klik tombol “Berbagi” di microsite BCA Buku Untuk Indonesia, kamu bakal diarahkan ke page-nya Blibli.com untuk memproses transaksi pembayaran donasi. Di web atau aplikasi Blibli bakal ada pilihan berapa nominal donasi yang akan kamu berikan, mulai dari Rp100.000,- hingga Rp300.000,- lalu klik salah satu.

 

BCA Buku Untuk Indonesia Langkah Menyumbang

 

Proses selanjutnya sih standar kok, persis seperti belanja online di Blibli, kita cuman diminta mengisi data diri dan alamat. Kenapa? Ini berita baiknya! Kita dapet KAOS KEBAIKAN tanda apresiasi donasi kita. Proses donasi uangnya? Mudah banget karena Blibli udah support Internet Banking, Kartu Kredit, Transfer, Uang Elektronik, Indomaret, dan Pos Indonesia. Tinggal klik konfirmasi pembayaran, selesai deh proses donasinya. Di akhir proses kamu bakal dapat bukti seperti ini. Tentunya gampang karena . Semua proses cuma modal jempol hehe..

 

BCA Bukti donasi

Aku sudah donasi lho, now it’s your turn :)

 

Oke, satu hal lagi yang aku yakin bakal membuat kamu segera action. Buat pembaca ataupun follower INIJIE yang ikutan donasi akan berhak ikut undian dengan hadiah kejutan dari tim BCA & Blibli. Caranya mudah. Ketika kamu berdonasi via Blibli.com, jangan lupa masukin kode promo : inijie. Asyik kan, berbuat baik untuk sesama, masih dapet hadiah pula!

 

Jadi tunggu apalagi, ayo bantu tumbuhkan minat baca di seluruh daerah dengan berdonasi di BukuUntukIndonesia.com. Satu donasimu bakal mengubah masa depan anak-anak Indonesia menjadi #LebihBaik dengan mendukung gerakan #BukuUntukIndonesia :)

 

 

 


FREE!, Esprecielo Green Tea for a lucky Subscriber, register now!

* indicates required

I won't spam. Promise! :)
8 Comments
  • Budiono
    June 6, 2017

    uasik masbro fotone di perpustakaan. jan keren tenan!

    btw program ini juga sangat keren. semoga sukses mengumpulkan dan menyalurkan buku pada mereka yang membutuhkan ya

  • Gunung Sindoro
    June 12, 2017

    Aku ikutan nyumbang buku bacaan sih di Gresik, namanya gerakan Buku Tanpa Judul..tiap minggu di pendopo alun-alun gitu.. yang baca banyak anak kecil2 hehe.. semangat terus berbagi kebaikan..

  • Ningrawati
    June 18, 2017

    Kalau ingin kerjasama dg pihak BCA utk mendapatkan donasi bukunya bagaimana caranya? Kebetulan sy skr masih mengajar dn mnjadi guru sm3t di salahsatu SD di sulteng. Mhon infonya ya. Trimakasih

  • Kang plastik
    July 27, 2017

    waw kegiatan yang positif, jadi terinspirasi pengen bikin perpus di rumah

  • Bams Rahardjo
    July 27, 2017

    Program yang keren banget, semoga bisa berjalan dengan baik.
    Semoga dengan ini juga bisa meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia khususnya untuk masyarakat yang jauh dari ibukota.

  • alat pemadam api
    August 7, 2017

    izin bagikan di facebook saya kaka untuk menambah gerakan buku indonesia

  • Bina Bangsa School
    August 27, 2017

    Wah, kesempatan yang bagus nih untuk bisa berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Saya punya beberapa buku di sekolah yang layak baca.. Semoga bisa bermanfaat

  • lucyta
    September 10, 2017

    Tempat yang ada di foto itu di mana yah? Di Indonesiakah?
    Entah kenapa toko buku/perpustakaan di Indonesia sangat dikit atau memang saya yang belum menemukan T.T

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *