Category Archives: Madura

Masakan Madura Bukan Cuma Bebek Goreng, Bung!

“Halo Initialers, kadhi penapa kabare?” (apa kabar?)

“Kabar sae?” (kabar baik?)

Hehe, itu sedikit petikan sapa menyapa ala orang Madura. Surabaya emang sangat mesra hubungannya dengan tonggo’ne (tetangga) di bagian timur itu. Apalagi abis dibangunnya Jembatan Suramadu, makin muluslah akses dari dan ke Madura.

Tapi 3 kali petualanganku ke Madura belum jua menemukan kuliner yg haujek sencingping. Masa makanan madura cuman monoton bebek goreng aja sih?

Penasaran dgn hal ini, aku datang berguru ke mas Riano, ownernya Resto Reng Oneng, yang konon merupakan resto pertama di Indonesia yg khusus menyajikan masakan khas pulau Madura.

Es Pokak

Sambil ngobrol2 di siang hari yg terik, Es Pokak jadi pilihan utama. Surprised juga pas disuguhkan, kok warnanya koyok bir ngene rek ?! Oalah, ternyata dibuat dari sari jahe dan serai. Di bagian dasar gelas masih ada ampasnya, berarti bahan2nya asli nih. Uniknya gini, pas pertama kali diseruput terasa segar ,terus begitu masuk tenggorokan langsung terasa hangat yang moderat.

Es Pokak - Reng Oneng Madura

Cocok buat org yang sakit tenggorokan. Tapi manfaat lainnya juga banyak lho, bisa menurunkan tekanan darah, nambah nafsu makan dan membantu pencernaan. Ga kalah berkhasiat dibandingin ama Pokak’ri Sweat kan *jayus*

Nasi Serpang

Kalo Nasi Serpang pernah tau ga? Serpang itu bener’e nama desa yg jaraknya bbrp kilometer dari Bangkalan. Desa ini terkenal sama hasil lautnya yg beragam.

Nah makanya kulinernya pun sarat dengan seafood. Seporsi Nasi Serpang terdiri dari setangkup nasi putih, cecek (kulit sapi), tahu, bihun, telur, serundeng, empal daging, udang, ikan tongkol, kerang plusss rempeyek. Komplit banget.

Nasi Serpang - Reng Oneng Madura

Yg aku suka dari Nasi Serpang ini adalah kerangnya yang dimasak item manis. Gurih banget kalo dimakan pake serundengnya sama sambal khas yang mirip2 terasi.

Soto Ayam Pamekasan

Soto Madura identik dengan soto daging. Padahal rumusnya belum tentu gitu. Malah soto yang disuguhkan buat para bangsawan itu adalah Soto Ayam Pamekasan. Pas jaman dulu saking eksklusifnya, rakyat jelata ga bisa menikmati soto ayam ini.

Soto Madura - Reng Oneng Madura

Sampai2 dulu pas Presiden Ir. Soekarno ke Madura juga disuguhi masakan ini, jelas mas Riano yang merupakan cucu dari R. Soenarto Hadiwijoyo (Residen terakhir Madura).

Beda dgn soto daging yang cenderung berkuah keruh, Soto Ayam Pamekasan ini justru sebaliknya. Berkuah relatif bening, sedikit pedas tapi segar. Lengkap dengan irisan kentang goreng didalamnya.  Pelengkap sotonya sendiri cukup umum seperti ayam suwir, perkedel, irisan telur rebus dan bihun. Yang ga biasa adalah sejenis gorengan bakwan cambah yang juga dipotong-potong dipinggir nasi.

Soto Ayam Pamekasan - Reng Oneng Madura

Tastenya ringan, sekilas mengingatkan pada soto banjar yang juga berkuah bening dan ada aksen pedas. Kalo mau lebih seger lagi, tinggal kucurin aja jeruk ke kuahnya.

Rujak Madura

Yang terakhir, mas Riano ngebikinin Rujak Madura. Sekilas mirip sama Rujak Cingur yang biasa kita makan di Surabaya. Tapi bedanya Rujak Madura ini pake singkong rebus dan rumput laut. Terus pake keripik Tenggeng, yakni tak lain adalah keripik singkong khas Madura.  Ga seperti rujak cingur yang bumbunya kaya petis, kalo Rujak Madura ini petisnya lebih ringan.

Rujak Madura - Reng Oneng

Nah, skrg jadi tau kan masakan Madura tu banyak ragamnya. Jadi sama2 belajar deh, lain kali kalo ke Madura ga cuman berburu bebek goreng yg enak, tapi juga Nasi Serpang, Soto Ayam sama Rujaknya yang khas taiyaaa…

Where to find Madura Food in Surabaya?

Reng Oneng – Waroeng Madura

  • Pool Terrace Surabaya Plaza Hotel
  • G-Walk Citraland Surabaya

Peaceful Sunset in Madura

Oret-oretku tentang Mercusuar Sembilangan di Madura memancing banyak perhatian dari Initialers yang penggila melancong dan berfoto ria. Akhirnya hari Minggu kemaren (18/10), aku diajak lagi buat foto2 disana sekaligus kasi petunjuk ancar2 ke karya arsitektur Belanda itu.

Mas Fahmi –si penggagas acara- pengen foto disana pas sunset. Istilah keren-nya ’Golden Hour’, kira2 jam 5-6 sore. Jam yg emang pas buat mengabadikan alam karena langit jadi kaya warna.

Mercusuar Sembilangan - Madura

Lagian jam segitu juga ga terlalu panas. Lumayan lah mengurangi cucuran air mata eh..  keringat maksudnya Soalnya kan mesti naik turun tangga sebanyak 16 lantai. (Dimana di tiap lantai kita selalu diperingatkan dengan tulisan : Dilarang Berbuat Mesum)

Di lantai paling tinggi, kita bisa menikmati Selat Madura dengan pandangan 360 derajat. Awas, jangan bungee jumping! Pukul 17.00, langit masih berwarna kuning menyala. Maap kalo fotonya ga maksimal, maklum fotografer kuliner ga biasa motoin landscape

Sunset in Madura

Pukul 17.45, langit mulai terlihat makin kaya dengan kehadiran warna jingga. Lampu mercusuar mulai nyala dan muter-muter, saatnya kita turun dr menara dan ambil foto dari bibir pantai. Tadaa… hasilnya foto siluet.

Sunset in Madura

Ternyata sunset di Sembilangan, Madura ga kalah sama Kuta, Bali lho. Apalagi ga jauh dr Surabaya, jadi kalo jalan2 ke kota Pahlawan, wajib nyebrang ke Madura buat menikmati sunset, oke ? *INIJIE ga dibayar sepeserpun ama Pemda Madura lhoo*

Short Escape to Madura 3 – Bebek Goreng Sinjay

This is my last story about my little adventure in Madura. Still with Carlos, Chris, dr. Angga and Alex.

On our way to Sembilangan Lighthouse, we passed a crowded warung (food stall). It’s Warung Bebek Goreng Sinjay. Well, bebek goreng (fried duck) is a famous cuisine from Madura. Many legendary bebek goreng sellers in Surabaya come from Madura Island.

Nasi Bebek Goreng Sinjay - Madura

We were so curious about this warung, so we planned to stopping by on our way back from Sembilangan Lighthouse. At first, we had a little debate about the name of ‘Sinjay’, because it sounds like Padang restaurant.

We arrived at Sinjay around 3 pm with sweaty and exhausted condition (of course, stepping 16 levels up & down!). It was still very crowded. Warung Sinjay serves bebek goreng Madura only. The place is big enough for 100 people to dine in.

Unluckily, they were running out of good pieces of breast and leg. So we trusted them for whatever they would serve. It took a LOOOOONG time for the fried duck to show up. Nasi Bebek Goreng served as a plate of warm steam rice with a piece of deep fried duck on top.

I think a piece of mine is something around neck and upper breast. A bit chewy and not much meat on it The duck is stewed with oil and spices before they fried it. The steam rice wasn’t disappointed; it tasted delicious and savory because they pour generous oil from the duck stew.

Nasi Bebek Goreng Sinjay - Madura

Another thing that saved the day was their sambal (chili) *ooh, we –Indonesians- can’t live without it* Sinjay serves nasi bebek with Sambal Pencit. It’s a mix of thin-sliced young mango, chili, onion and terasi (fermented shrimp). Honestly it wasn’t as fresh as the one I ate at Bebek Cak Yudi. But it cheered me up when their bebek goreng end up under my expectation.

Pretty like an anti-climax of our journey in Madura. But it was ok since it was only IDR 8,000 / portion. Quite cheap.

Yap, it’s the end of my short escape to Madura. It was fun, even with short and simple preparation. So much things to explore in Madura, I’ll back

Duck bless you…

Location : about 15 minutes drive from Suramadu Bridge. Sorry can’t find it on Google Maps.

Short Escape to Madura 2 – Sembilangan Lighthouse

Dear Initialers, this is the second part of my short Madura adventure
Warning: tons of pictures, watch out your bandwidth

Well… well… after we had a quick lunch at Warung Amboina, Carlos suggested us to visit Sembilangan Lighthouse (Mercusuar Sembilangan). He had memories there on his childhood. Since we still had plenty of time, then I said “Okay!”

Sembilangan Lighthouse is located near the western tip of Bangkalan, Madura. It helps mariners to reach Tanjung Perak harbor in Surabaya. It takes 30 to 40 minutes car ride from Suramadu Bridge (Jembatan Suramadu)  to this place.

Sembilangan Lighthouse is an ancient Holland / Netherland architecture. The whole building is built from metal material. The structure constructed piece by piece in Holland and bolt together on the current spot.

It has 54 meters height and consists of 16 levels floor. I think it’s an amazing piece of work, since it was built on 1879. I think this monumental structure is hard to be replicated in this era.

This lighthouse is still functioning and commercialized as tourism object. We have to pay IDR 3,000 for parking charge. Prepare for extra IDR 2,000 for ‘cleaning fee’ (huh!?) before you step into the lighthouse.

Too bad, Sembilangan Lighthouse is not well maintained. There’re so many naughty graffiti on the inside wall. It seems that so many teenagers use this place for 17+ activities *indehoy!*, so there are warning sign everywhere – as shown on the picture above

Read the full adventure on INIJIE.com

Short Escape to Madura 1 – Suramadu Bridge

Madura Island is not as famous as Bali. But recent development of Jembatan Suramadu (Suramadu Bridge) has been a magnet of attention to Madura as the new destination for investment and tourism.

Suramadu connects Surabaya and Madura over the sea of Selat Madura. For centuries before, people have to cross over with boat. So, Suramadu is a huge breakthrough.

Madura is not a common tourist attraction. But I’m curious to find out what interesting in the island. So I planned the short escape to Madura with a couple of friends: Carlos, Chris, dr Angga and Alex.

The entrance gate is near Kenjeran, Surabaya. We have to pay for the car toll fee. It costs us IDR 30,000 for one way trip; it means that we spent IDR 60,000 for round trip. It’s far cheaper if you ride with two-wheelers, costs you IDR 3,000 only! But I tell you what, on the day we crossed; I saw 200 meters of long queue on the motorcycle toll gate

Read more on INIJIE.com